-->

7 Langkah Mencegah Serangan Rayap Di Rumah

Salah satu masalah yang cukup memusingkan para pemilik rumah adalah, merebaknya serangan rayap.
Dengan kondisi lingkungan yang lembab seperti ini – yang merupakan idolanya - rayap lebih leluasa merajalela, jika tidak dicegah dan dikendalikan.
Maka tanpa disadari dan tanpa dirasa beberapa material kayu yang ada di rumah “tiba-tiba” rapuh, berlubang bahkan berlubang. Sebab dengan rakus, kawanan rayap telah menyantapnya.

Nah, agar rumah anda dapat terbebas dari serangan rayap – terutama pada material kayunya – anda dapat melakukan 7 Langkah ini untuk mencegah serangan rayap di rumah :

1. Periksa dan bersihkan selokan

Lho, apa hubungannya ?
Sebab rayap sangat menyukai daerah-daerah yang lembab dan menyerap banyak air. Dan selokan merupakan salah satunya.
Selokan-selokan yang tidak lancar dan menggenang akan “mengundang rayap”. Dan ketika mereka bersarang di sekeliling rumah, maka material kayu dalam rumah akan menjadi sasaran empuknya.

2. Periksa apakah ada kebocoran air di rumah anda ?

Sama halnya dengan masalah selokan, adanya kebocoran air akan menjadikan tempat tersebut lembab. Karena itu segera periksa dengan teliti, adakah kebocoran air dalam rumah, baik dari pipa yang pecah, sambungan atau kran air yang bocor.
Segera perbaiki atau ganti.

3.Apakah anda menyimpan bahan kayu ?

Jika pada rumah anda menyimpan bahan kayu, sebaiknya tempatkan agak jauh dari bangunan rumah. Adanya tumpukan kayu selalu akan mengundang rayap.
Selain itu, jangan tempatkan tumpukan kayu langsung di atas tanah. Tapi berikan alas di dasarnya, bisa dari nesi atau keramik. Dan syukur jika dibungkus dengan plastik.
Selain mengurangi serangan rayap, kemasan plastik juga bisa menjadikan kayu lebih awet dari ganasnya cuaca.

4. Bagaimana dengan kondisi Ventilasi Udara ?

Periksa dan bersihkan ventilasi udara atau lubang angin. Adanya kotoran dari luar atau serpihan cat atau batu bata juga bisa memicu datangnya rayap.
Selain itu lubang ventilasi juga bisa menjadi jalan masuk bagi rayap.
Karena itu sebaiknya pasang kawat ram atau kawat kasa untuk menahan masuknya rayap ke dalam rumah.

5. Plitur ulang material kayu rumah anda

Setelah langkah di atas, lanjutkan dengan mempermak dan melindungi ulang material kayu dalam rumah. Coba pelitur ulang daun pintu dan kusen-kusen rumah anda ( jika sebelumnya memang dipelitur ).
Bisa juga digunakan cat.

6. Batasi atau kurangi material dari Kayu

Yang ini, bisa dikerjakan ketika memang sedang akan melakukan pemasangan baru atau penggantian ulang. Dengan membatasi dan mengurangi material dari kayu, praktis serangan rayap akan berkurang. Sebab makanan rayap memang material dari kayu.

7. Gunakan obat rayap

Namun ketika rayap telah menyerang kayu di rumah anda, terpaksa gunakan obat rayap.
Periksa dan “obati” tempat-tempat yang telah terkena serangan rayap. Lakukan juga pada tempat-tempat yang dianggap rawan.
Setelah itu lakukan keenam langkah diatas sebagai pencegahan selanjutnya.

Lihat juga :

You may like these posts