-->

Cara Ampuh Untuk Membasmi Rayap Dengan Hexaflumuron

Ada satu cara ampuh untuk membasmi rayap, yaitu dengan bahan yang disebut dengan Hexaflumuron. Berikut caranya.

Rayap seperti sebuah bahaya laten. Meski jarang tampak di permukaan, tetapi jika sudah berkembang biak dan menyerang, akibatnya cukup fatal.
Dengan tanpa disadari oleh pemilik rumah, konstruksi bangunan dan atau bahan lain yang terbuat dari material kayu, menjadi keropos di bagian dalam dan rapuh.
Tahu-tahu roboh.

Keberadaan rayap biasanya dapat dipicu oleh dua hal utama. Adanya material atau umpukan kayu yang memang menjadi santapan kesukaannya, dan lingkungan yang cukup lembab yang menjadi syarat hidup dan perkembang biakannya.
Ketika lingkungan bersih dan kering, umumnya rayap tidak datang dan menyerang.
Karena itu cara terbaik untuk mencegah serangan rayap adalah dengan menghindari kedua hal di atas. Untuk lebih lengkapnya dapat disimak di bawah ini :

Namun bagiamana jika rayap terlanjur menyerang ?
Adakah cara yang cukup ampuh untuk menangani dan membasminya ?
Berdasarkan hasil penelitian salah seorang guru besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor ( IPB ) ada bahan yang cukup ampuh untuk membasi rayap.

Berdasar hasil penelitiannya Guru Besar dari Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB dinyatakan, bahwa salah satu senyawa kimia yang disebut dengan Hexaflumuron efektif untuk membasmi serangan rayap.


Caranya adalah dengan mengumpankan makanan yang didalamnya telah dicampur dengan bahan aktif Hexaflumuron ini.
Dengan cara seperti ini, setelah dimakan, maka bahan aktif Hexaflurumon yang terkandung dalam makanan untuk rayap dapat menghilangkan koloni rayap tanah atau C. Curvgaiignathus selama empat minggu.

Ketika rayap memakan umpan makanan yang telah dicampur dengan Hexaflumuron selama tiga minggu setelahnya rayap mulai menunjukkan gejala kematian.
Hal in idapat terjadi sebab bahan aktif Hexaflumuron mampu menghambat pembentukan khitin rayap ketika rayap melakukan proses perergantian kulit.
Dengan adanya aksi Hexaflumuro ini maka kutikula rayap tidak akan dapat terbentuk dengan sempurna. Dan akibat selanjutnya adalah integumen rayap tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai pelindung tubuh dan rayap mengalami dehidrasi.
Rayap kemudian mengalami kematian.

Hexaflumuron sendiri merupakan satu bahan kimia dari golongan Benzoylphenyl Urea. Bahan kimia ini memiliki sifat : berdaya racun terhadap mamalia, memilki bau / aroma yang tidak menyengat, bereaksi secara lambat dan tidak menyebabkan iritasi yang berat.
Karena itu serangga tidak menolaknya.

Bagaimana cara terbaik menggunakan Hexaflumuron untuk membasmi rayap ?

Untuk menggunakan Hexaflumuron sebagai pembasmi rayap dapat dilakukan dengan cara mencampurkan beberapa tetes Hexaflumuron pada tisu atau kayu kecil di sekitar “pemukiman” rayap.
Dan ketika memakan umpan ini maka secara efektif, koloni rayap dengan perlahan akan mati.
Pada saat ini bahan aktif Hexaflumuron sudah banyak dijumpai dalam bentuk kemasan dan sudah dicampur dengan bahan lain.

You may like these posts