-->

Pilih Warna Cat Ini, Rumah Akan Terbebas Dari Serangga Dan Laba-Laba

Sebagaimana disampaikan pada posting sebelumnya, pemilihan warna cat rumah pasti selalu dipengaruhi dan ditentukan oleh factor selera.

Dan karena pemilihan warna juga dapat mencerminkan karakter seseorang, maka hal ini menjadi sangat unik. Artinya pemilihan dalam sebuah warna akan selalu berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.
Itu adalah factor pertama dan utama bagi seseorang dalam pemilihan warna untuk cat rumahnya.

Faktor kedua – umumnya – seseorang memilih warna cat untuk rumahnya juga dipengaruhi oleh trend warna yang sedang berkembang pada masa itu.
Sebagai contoh, karena saat ini trend rumah yang berkembang di masyarakat adalah trend rumah minimalis, maka warna cat pilihannya pun akan cenderung kepada warna-warna yang mendukung design minimalis.
( Jika anda tertarik dan sedang membutuhkan bagaimana cara memilih warna cat minimalis ini, anda dapat melihatnya disini : Cara Praktis Memilih Warna Cat Rumah Minimalis ).
Namun karena biasanya trend warna ini selalu berkembang dan berubah setiap tahunnya, beberpa orang yang cukup bijaksana ( baca : karena keterbatasan dana ), memilih warna cat rumah yang bisa selalu trend sepanjang masa.

Sangat jarang seseorang memilih dan menentukan warna cat untuk rumahnya berdasarkan fungsionalnya.

Maksudnya ?

Secara psikologis dan teknis, sebuah warna akan dapat mempengaruhi kondisi di sekelilingnya. Sebagai contoh mudah, bila anda kebetulan berada dalam suatu ruangan yang bercat merah menyala, anda biasanya akan merasakan suasana yang “panas”.

Sebaliknya, jika anda berada dalam suatu ruangan yang mempunyai warna cat “kalem” hijau muda atau biru muda, misalnya, anda juga biasanya akan merasakan suasana yang sejuk. Dan seterusnya.

Itu dari fungsional psikologisnya.

Dari segi fungsional secara teknis, misalnya :
Jika suatu saat anda melewati sebuah pabrik atau industri minyak nabati, coba perhatikan, warna cat yang digunakan untuk tangki-tangki penyimpannya selalu berwarna hitam ( biasanya pipa-pipanya juga, termasuk pipa pengeboran minyak ).
Mengapa berwarna hitam ?
Karena berdasar sifatnya warna hitam akan “menyimpan” panas, bila dibandingkan dengan warna putih atau warna terang lainnya. Dan warna hitam ini, karena bersifat menyimpan panas berguna untuk menjaga minyak nabati ( dan atau minyak bumi ) jangan sampai turun mendekati titik bekunya, sehingga akan mempersulit dalam penanganannya. Itu salah satu contohnya.

Ada salah satu contoh lagi, bahwa dengan pemilihan warna yang “tepat” bisa menjadikan rumah anda akan terbebas dari serangga dan laba-laba tidak bersarang di langit-langit rumah anda..
Warna apa itu ?

Dengan mengecat rumah anda dengan warna Haint Blue atau gampangnya warna biru muda agak kehijauan , ternyata dapat membebaskan rumah anda dari serangan serangga dan laba-laba. Karena ternyata warna juga berdampak pada kehidupan serangga.

Mengapa dan bagaimana bisa ?

Pada tahun 1926 seorang arsitek Austria, Margarete Schutte-Lihotzki merancang Frankfurt Kitchen atas permintaan Dewan Kota Frankfurt untuk membuatkan solusi bagi keterbatasan lahan kota. Nah, dapur yang dikonsepnya, ternyata menggunakan warna Haint Blue ini.

Ketika ia ditanya mengapa memilih warna Haint Blue, ia mengatakan bahwa berdasarkan dari hasil pengamatannya, dapur yang di-cat dengan warna biru muda kehijauan ini ternyata tidak pernah didatangi oleh lalat. Artinya warna haint blue bisa mengusir serangga.

Dan tidak hanya lalat, efek warna biru muda ini juga ternyata sangat ampuh untuk mencegah para serangga : tawon, nyamuk bahkan laba-laba untuk bersarang dan membuat rumah disana.
Dan setelah diselidiki, ternyata para serangga “ogah” bersarang dan membuat rumah dalam ruangan yang bercat warna haint blue ini karena mereka mengira jika dinding atau langit-langit rumah yang di cat warna haint blue ini sebagai langit luas yang sebenarnya.
Dan mereka mengira tentu “tidak mungkin” membuat sarang padanya. Nah..khan.

Sedangkan di Amerika Selatan para warga penduduk selalu mengecat langit-langit beranda atau atap serambinya dengan warna Haint Blue ini karena mereka percaya jika warna ini mampu mengusir roh-roh jahat yang akan memasuki rumah mereka.

Apapun tujuan penggunaan fungsional warna cat ini, semua terserah anda. Namun yang pasti pemilihan warna cat akan sangat berguna, bila memang ingin cara mencegah serangga bersarang di rumah, tanpa mau pusing-pusing memikirkan cara-cara yang lainnya.

Maka pemilihan warna ini tentu akan sangat berguna, jika anda kebetulan memiliki sebuah warung atau rumah makan, yang tentu saja menghendaki agar terbebas dari adanya serangga yang dapat mengganggu para pelanggan anda. Atau setidaknya dengan memilih warna ini anda telah menemukan cara mengusir lalat dengan mudah dari warung atau rumah makan anda.

You may like these posts