-->

Cara Mudah Mengetahui Tanda Rumah Yang Berhantu

Bagaimana caranya untuk mengetahui jika rumah yang anda huni ternyata berhantu ?

Jika berbicara kata : “hantu” biasanya selalu berkaitan dengan hal-hal yang seram atau menyeramkan. Sebab kata “hantu” selalu berkonotasi dan berhubungan dengan “dunia lain”.
Dan sebagaimana yang sering digambarkan dalam dunia lain, perwujudan hantu ( lokal ) bisa berupa : kuntilanak, pocong, gendruwo, banaspati dan lainnya.

Sampai saat ini, ada 2 pendapat umum tentang hantu ini.
Satu pendapat mengatakan bahwa hantu merupakan perwujudan dari arwah orang mati yang masih penasaran atau arwah penasaran.
Pendapat lainnya mengatakan bahwa hantu pada hakikatnya adalah merupakan “ulah” dari bangsa jin.

Penulis sendiri lebih cenderung pada pendapat yang terakhir.
Sebab, sesuai keterangan yang dapat dipercaya, manusia yang telah mati, arwahnya tidak akan “kemana-mana”, sebab ruh orang yang telah mati akan “didindingkan”, terpisah dari hiruk pikuk kehidupan dunia sampai kelak hari kiamat tiba.
Jadi anggap saja bahwa hantu sebenarnya adalah “ulah” dari bangsa jin yang “nakal” ( sebab memang ada juga bangsa jin yang “tidak nakal”), suka mengganggu manusia.
Lalu, apa tujuan bangsa jin menghantui manusia ?
Yang jelas, mereka sendiri yang paling tahu, mengapa mereka ber-ulah menghantui manusia.
Namun secara mendasar, ulah bangsa jin mengantui manusia pada prinsipnya adalah untuk menggoda dan menguji keimanan manusia.

Konon, bangsa jin sendiri sudah ada sebelum manusia diciptakan dan ditugaskan sebagai khalifah di bumi. Dan konon pula, bangsa jin ini, jumlahnya jauh lebih banyak dari jumlah manusia di bumi.
Karena itulah, tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari, di setiap tempat, termasuk di dalam rumah tempat tinggal, manusia sebenarnya selalu hidup bersama-sama atau berdampingan dengan bangsa jin ini.

Yang membedakan adalah, apakah bangsa jin yang ( sebenarnya ) hidup bersama dan berdampingan dengan manusia dalam rumah tersebut, ber-ulah atau nakal apa tidak.
Apakah mereka bermaksud menghantui apa tidak.

Dan konon, ketika sebuah rumah terdapat – dihuni oleh bangsa jin yang berulah – menghantui manusia, dapat diketahui tanda-tandanya.Dan berikut cara mudah mengetahui tanda rumah yang berhantu :

1. Sering muncul perasaan aneh
Konon pula, setiap manusia sebenarnya memiliki apa yang disebut dengan indra keenam.
Karena itulah ketika sebuah rumah berhantu, maka seseorang seringkali merasakan hal yang agak aneh, menggelisahkan, atau atmosfir dalam rumah terasa lebih tebal dan berat.
Atau, terkadang merasakan adanya perbedaan suhu di beberapa ruangan, menjadi lebih dingin daripada di ruangan lain ( bahasa Jawa : singup ).
Ini dikarenakan “hantu” menyerap energi di sekitarnya untuk mewujudkan dirinya.
Sering juga merasa tidak sendirian, seolah ada “sesuatu yang selalu mengamati meski tidak terlihat apapun di sekitarnya.
Namun terkadang nampak pula adanya bayangan yang berkelebat.
2. Adanya suara-suara yang aneh
Adanya suara-suara aneh seperti : suara ketukan atau menggaruk dinding, suara orang melangkah, pintu berderit, atau bahkan suara tertawa cekikian dan sebagainya tanpa ada sumbernya, juga bisa menandakan jika rumah tersebut berhantu.
3. Terkadang tercium bau-bauan yang tidak normal
Jika dalam rumah terkadang ( atau sering ) tercium bau-bauan yang tidak normal, misalnya tiba-tiba tercium aroma bunga-bungaan yang sangat wangi, muncul bau yang sangat manis, bau ketela terbakar atau bahkan adanya bau yang busuk, juga bisa menandakan rumah berhantu.
4. Adanya Benda-benda yang bergerak sendiri atau aktivitas yang tidak normal
Lampu gantung yang tiba-tiba berayun meski tidak ada angin, lampu yang tiba-tiba menyala terus atau pada terus, peralatan makan yang jatuh bergemerincing, atau adanya lemparan batu, juga bisa menandakan jika rumah berhantu. Istilah kerennya ada “paranormal activity” nya.
5. Perilaku hewan peliharaan yang menjadi aneh
Konon, anjing atau kuda disebut bisa merasakan tanda kehadiran hantu. Anjing yang tiba-tiba menggonggong atau kuda yang meringkik tanpa sebab juga bisa menandakan adanya hantu. Atau juga mereka tiba-tiba meringkuk atau bahkan mengibaskan ekornya tanpa sebab ( seolah ada yang membelai-belainya).
6. Adanya Penampakan
Dan terakhir ini tentu tanda yang paling jelas. Yaitu ketika “hantu” tersebut “nekat” menampakkan diri.
Meski butuh energi yang sangat besar ( dan sebenarnya “terlarang “ bagi mereka ), ada juga hantu yang nekat menampakkan diri.
Bisa berupa bola berkabut dan berkilauan, adanya bola ataupun sosok yang tampak melayang di udara atau sosok hitam tinggi besar.
Untuk menandakan bahwa rumah berhantu, bisa jadi tidak keenam tanda tersebut ada. Salah satu tanda saja bisa memungkinkan bahwa rumah memang berhantu.
Tetapi tidak mustahil, keenam tanda bisa dijumpai secara bersamaan.

Nah sekarang anda cek dengan cara-cara di atas, apakah rumah anda berhantu atau tidak ?

Wallahu’alam.

Simak juga :

You may like these posts

  1. saya setuju juga dengan pendapat anda bahwa hantu itu adalah Jin. Kalau hantu itu arwah manusia, gak ada orang yang takut mati. Kan sama saja bisa ke sana ke mari. Malah jauh lebih mudah.

    Jin berulah menampakan wujud dalam bentuk sesuatu yang menakutkan manusia, biar manusia tunduk.
  2. Thanks for wrriting this