-->

6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel Blank

Hal apa yang tidak lebih menjengkelkan, ketika sedang bertelepon karena suatu urusan yang begitu penting ataupun sedang melakukan koneksi online yang juga penting, misal melakukan internet banking, tiba-tiba sinyal hilang, blank.
Itu yang penting.
Bahkan yang sekedar fun, entah chatting, download atau sebagainya saja sudah membuat jengkel. Sebab semuanya menjadi kacau.

Kebanyakan pengguna biasanya langsung menduga, bahwa sinyal ponsel yang hilang atau malah blank pasti gara-gara tidak adanya tower penerus sinyal ( BTS ) atau karena wilayah tersebut memang termasuk daerah yang tidak terjangkau.
Anda mungkin benar, tetapi mungkin tidak sepenuhnya.
Sebab kasus sinyal hilang atau blank ini terkadang terjadi juga pada daerah yang sebelumnya “sehat” dalam memancarkan sinyal atau bahkan di daerah perkotaan.

Jadi, mengapa sinyal ponsel bisa menjadi hilang atau blank ?
Disamping hal diatas ternyata ada hal lain yang bisa menjadi penyebabnya.

Dan agar anda tidak menjadi kesal, coba pahami 6 penyebab dan cara mengatasi sinyal ponsel yang hilang atau blank berikut ini :

1. Karena berada di daerah yang memiliki banyak halangan
Sinyal yang dipancarkan ponsel, pada dasarnya merupakan sebuah gelombang elektromagnetik. Dan sebagaimana pancaran gelombang elektromagnetik lainnya, memang ada beberapa bahan atau material yang dapat menghalangi atau mengurangi kekuatan pancarnya.
Misalnya, ketika sedang berada dalam bangunan yang terbuat dari tembok beton yang tebal pasti kekuatan sinyalnya akan sangat jauh berkurang atau bahkan hilang.
Adanya kabel-kabel yang malang melintang dan juga beberapa logam tertentu juga dapat menghambat pancaran sinyal.
Bagaimana cara mengatasinya ?
Jika dalam keadaan seperti ini, anda memang harus keluar atau mencari lokasi yang terbebas dari bahan penghalang di atas.

2. Sedang terjadi Sun outage

Apa itu Sun Outage ?

Sun outage adalah sebuah fenomena alam dimana posisi matahari sejajar dengan satelit.
Karena itu pancaran sinyal akan menjadi terganggu untuk sementara waktu.
Bagaimana cara mengatasinya ?
Solusinya anda memang harus menungunya hingga posisinya terlewati.

3. Ada yang sedang melakukan jammer
Apa itu jammer ?
Secara sederhana Jammer dilakukan untuk mengacak sinyal. Biasanya dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk perlindungan atau keamanan.
Contoh mudahnya misal pada siaran televisi. Ada siaran tertentu yang sengaja di acak, sehingga seseorang yang tidak memiliki perangkat tertentu tidak bisa melihat siarannya.
Demikian pula pada sinyal ponsel.
Bagaimana cara mengatasinya ?
Coba jauhi lokasi tersebut atau gunakan WiFi.

4. Providernya memang sedang bermasalah
Hal seperti sering terjadi biasanya ketika cuaca sedang buruk, mendung tebal atau hujan lebat.
Bagaimana cara mengatasinya ?
Jika memang ada dan memungkinkan cobalah ganti sinyal dari 3G ke EDGE hingga normal stabil.

5. Karena listrik padam
Lho apa hubungannya ? Heran ?
Sebab listrik padam juga bisa mengakibatkan BTS tidak aktif. Sinyalpun terganggu.
Lemah atau hilang sama sekali.
Bagaimana cara mengatasinya ?
Untuk yang ini anda tidak bisa menyalakan lilin sebagaimana yang anda lakukan untuk menerangi rumah. Satu-satunya solusi yang bisa anda lakukan adalah menunggu hingga listrik menyala kembali.

Kelima penyebab di atas merupakan gangguan sinyal yang bersifat eksternal. Selain itu ternyata ada gangguan sinyal yang disebabkan oleh faktor internal, namun justru jarang disadari.
Apa itu ?

6. Karena Slot kartu sim longgar
Nah, tidak kepikiran kan ?
Karena pemakaian sehari-hari lot tempat kartu SIM dimasukkan bisa saja menjadi sedikit longgar. Akibatnya SIM card tidak berada pas di tempatnya. Akibatnya sinyal ponsel juga bisa menjadi terganggu. Bagaimana cara mengatasinya ?
Tentu mudah bukan ?
Anda harus memperbaiki slot kartu sim tersebut hingga posisinya kembali seperti semula. Jika belum memungkinkan, ganjal saja dengan lipatan kertas kecil misalnya.

Lihat juga :

You may like these posts