-->

AWAS ! Teknologi Kartu SIM Ponsel Rawan Diretas

Bagi anda para pengguna telepon seluler ( ponsel ) sebaiknya hati-hati dalam menggunakan perangkat mobil anda, terutama saat menyimpan data yang anda anggap penting. Seperti data pribadi penting, data perusahaan, atau transaksi keuangan lainnya.

Sebab kartu SIM ponsel yang anda gunakan ternyata sangat rawan untuk diretas.

Sebagaimana disampaikan oleh salah seorang pakar keamanan terkemuka Karsten Nohl, adanya sebuah cacat produksi pada teknologi kartu Sim ponsel telah membuat jutaan orang terancam menjadi korban pencurian data.

Karsten Nohl mengatakan bahwa ia telah menemukan suatu cara untuk membuka kunci-kunci digital kartu Sim “hanya “ dengan cara mengirimkan pesan teks khusus.

Karena itu Nohl memperingatkan para pengguna ponsel bahwa para peretas juga bisa menggunakan teknik yang sama yang ia gunakan itu untuk menyadap pembicaraan atau bahkan untuk mencuri uang.
Nohl juga telah mempublikasikan detail awal dari temuannya tentang kerentanan kartu Sim di situs perusahaannya, Security Research Labs yang berbasis di Berlin.
Sebuah Kartu Sim memang dapat berfungsi efektif sebagai token keamanan, dengan memastikan keaslian identitas pengguna dengan operator jaringan mereka.
Kartu Sim juga dapat menyimpan data terbatas seperti pesan teks, nomor telepon dan detail yang digunakan untuk sejumlah aplikasi, termasuk nomor dan jasa pembayaran perbankan.

Atas pernyataan dari Nohl, Organisasi industri, GSMA, kemudian menyelidiki laporan tersebut. Sebagaimana dikutip dari laman BBC, seorang juru bicara asosiasi, yang mewakili operator jaringan global mengatakan :
"Pengungkapan awal Karsten akan GSMA memberikan kita peluang untuk analisis awal,"
"kami telah mempertimbangkan implikasinya dan memberikan panduan bagi operator jaringan dan pembuat Sim yang mungkin terdampak.
"Tampaknya minoritas kartu Sim yang diproduksi dengan mengabaikan standar lama rentan teretas."

Lihat juga :

You may like these posts

  1. Terimakasih infonya mas
  2. Wah harus waspada juga ya? Kalau bisa diretas terus apa tidak usah pakai kartu saja?