-->

Beli Flashdisk 1 TB Murah ? Pikir Dulu 250 Kali Jika Tidak Mau Seperti Ini Akibatnya

Jika anda kebetulan hendak membeli Flashdisk dengan kapasitas yang sangat besar 1 TB dengan harga yang sangat murah seperti yang sedang marak ditawarkan di situs-situs belanja online belakangan ini, sebaiknya pikir-pikir dulu 250 kali agar nantinya tidak berakibat yang seperti ini.


Flashdisk 1 TB dengan harga sangat murah


Belakangan ini di situs-situs online banyak ditawarkan flashdisk yang memiliki kapasitas sangat besar : 1 TB ( 1 Terabyte ).
Bayangkan saja flashdisk dengan kapasitas 1 TB alias 1000 GB.
Artinya, hanya dengan 1 buah flashdisk mungil seukuran pucuk jari kelingking, anda akan mampu menyimpan dan membawa semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan.
Ibaratnya anda membawa harddisk kemana saja dengan mudah dan praktis.
Dan untuk flashdisk dengan kapasitas sebesar itu 1 TB hanya dijual dengan harga yang terbilang sangat murah, seharga hanya 55 ribuan.
Itu pula yang akhirnya membuat saya kepincut untuk membeli flashdisk 1 TB dengan harga murah tersebut.

Selama ini karena berkas dan dokumen yang harus saya simpan namun harus selalu saya bawa cukup besar ukurannya, mau tidak mau saya harus membawa setidaknya 3-4 buah flashdisk di kantong untuk kerja sehari-hari. Jadi bisa dibilang cukup repot.
Bayangannya dengan 1 buah flashdisk kapasitas 1 TB tentu nantinya saya tidak harus repot-repot membawa banyak flashdisk ketika bekerja.
Itulah yang pada akhirnya mendorong saya untuk membeli flashdisk kapasitas 1 TB dengan harga 55 ribuan.

Pada awalnya sebenarnya saya sempat agak ragu juga ketika akan memutuskan untuk membeli flashdisk kapasitas super besar dengan harga sangat murah tersebut.
Terlebih lagi setelah mencoba mencari informasi spesifikasinya, ternyata flashdisk murah dengan kapasitas besar tersebut adalah buatan Negara tirai Bambu, Made In China.
Tahu sendiri kan….seperti apa kualitas barang buatan China biasanya.


Namun karena harga yang ditawarkan memang sangat menggiurkan – murah banget – akhirnya diputuskan untuk mencobanya. Itung-itung adu nasib.
Kalau memang flashdisk tersebut benar seperti spesifikasi yang ditawarkan, berarti ya untung.
Kalau tidak ya udah….itung-itung rugi dikit.
Akhirnya mantap langsung belanja online.
Bayar dan tunggu barang dikirim, yang infonya akan dikirim dari luar negeri.

Agak kaget juga ketika sekitar 1 minggu ternyata barang sudah datang dan diterima, persis seperti gambar yang dimuat pada situs belanja online.
Perkiraannya, karena dikirim dari luar negiri mungkin butuh waktu 2 mingguan.

Kemudian untuk memuaskan rasa penasaran dan ingin tahu – bener tidak sih flashdisk tersebut – langsung saja dilakukan pengecekan kapasitas flashdisk.
Ketika dicek propertisnya saat dicolok di computer : benar, tertulis kapasitasnya sebesar 1 TB. Kurang yakin, kemudian diformat ulang.
Disitu juga terlihat bahwa kapasitasnya sebesar 1 TB. Masih kurang yakin, sekali lagi kapasitas flashdisk 1 TB dicek lewat Computer Management -> Storage -> Disk Management.
Lagi-lagi disitu tertera kapasitas sebesar 1 TB, dengan format file system exFAT 32 dan status Healthy.

Dari situlah cukup yakin jika flashdisk seharga 50 ribuan tersebut memang memiliki kapasitas sebesar 1 TB.
Setelah itu flashdisk sengaja dicoba untuk dimasuki dan menyimpan berbagai macam media yang memiliki kapasitas besar, film-film dan video music.
Terlihat sangat lancar.
Semua file besar dilahap dan terlihat tersimpan di flashdisk 1 TB tersebut.

Format Flashdisk kapasitas besar 1 TB


Saatnya mencoba.
Maka flashdisk dicoba dicolokkan ke TV led digital untuk memutar file film yang tersimpan. Eh...ternyata perangkat TV tidak dapat mendeteksi flashdisk 1 TB tersebut.
Waduh..mak deg rasanya. Ada yang ndak beres nih.
Langsung dicabut, dicolok ke computer untuk dicek, ternyata flashdisk terbaca.
Jadi kepikiran untuk cek format flashdisk.
Saat dicek properties flashdisk terlihat format flashdisk adalah exFAT32.
Sebab konon format flashdisk exFAT 32 memang sengaja digunakan pada flashdisk kapasitas besar untuk mengakomodir transfer file yang besar ukurannya. Sebab untuk format FAT32 dan NTFS punya batasan ukuran file yang ditransfer.

Mungkin ini masalahnya. Sebab biasanya flashdisk yang saya colok di perangkat TV led digital adalah dengan format FAT32 atau NTFS.
Maka flashdisk terpaksa akan diformat ulang.
Tetapi saat akan diformat ke FAT32 secara default tidak tersedia. Jadi akhirnya flashdisk diformat NTFS.

Catatan :
Untuk flashdisk kapasitas besar dengan format exFAT secara default memang tidak tersedia format FAT32 jika ingin memformat ulang, yang tersedia secara default adalah format exFAT32 dan NTFS. Namun jika menginginkan flashdisk tersebut tetap bisa diformat FAT32 dengan menggunakan software.

Kemudian saat digunakan untuk transfer – copy paste – file dan menyimpannya, lancar-lancar saja seperti di awal. Semua file yang dicopy paste terlihat tersimpan.

Akibat menggunakan Flashdisk 1 TB dengan harga sangat murah


Cukup senang ketika dicolok di perangkat TV led digital terlihat file-file yang tadi dicopy paste tertera semua.
Tetapi saat dicoba diputar ada file-file (film) yang tidak mau dibuka, keterangan di perangkat TV adalah “Format tidak didukung”.
Yang kepikiran saat itu, mungkin memang seperti itu -format tidak didukung .
Karena pada file film tersebut memang ada yang berformat MP4 dan ada juga yang MKV formatnya. Terpaksa file format file diseragamkan, dikonversi menjadi MP4.
Namun setelah dirubah dan dicolok lagi ke parangkat TV led, masalahnya sama.
Format tidak didukung.

Nah …disini baru terlihat belangnya.
Setelah berkali-kali uji coba seperti ini, akhirnya ketahuan jika flashdisk 1 TB tersebut kapasitas aslinya hanyalah sebesar 4 GB.
Jadi pantesan jika file tersebut tidak bisa diputar, meski anehnya terlihat tersimpan di flashdisk.
Jadi spesifikasi flahsdisk yang dicantumkan sebesar 1 TB tersebut adalah bohong, meski saat dicek propertiesnya terlihat sebesar 1 TB.
Yang benar flashdisk murah kapasitas 1 TB tersebut, aktualnya hanya berkapasitas 4 GB.
Itu artinya pabrikan mengelabui kapasitas flashdisk sebesar 250 kalinya.

Jadi kalau anda kebetulan hendak beli flashdisk 1 TB murah seperti di atas, pikir dulu sebanyak 250 kali agar tidak berakibat kecele seperti pengalaman saya di atas.


Jadi memang benar kata pepatah Jawa.
Jer Basuki Mawa Beo. Ono rupo ono rego.
Artinya : Jika mau barang yang berkualitas memang butuh biaya.

Simak juga :

You may like these posts