-->

Apa Yang Dimaksud Dengan Aromatherapi ? Dan Apa Manfaat Dari Aromatherapi ?

Beberapa waktu lalu, istilah aromatherapi pernah begitu sangat popular. Sehingga kemudian begitu banyak produk yang dijual di pasaran menggunakan istilah aromatherapi ini. Mulai dari produk pewangi pakaian, obat gosok sampai layanan pijat menggunakan istilah ini.

Tetapi apa sebenarnya Yang Dimaksud Dengan Aromatherapi ?

Jika merujuk pada definisi Wikipedia, Aromaterapi adalah suatu metode pengobatan alternatif yang menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap.
Dalam bahasa kimia, bahan tersebut dikenal sebagai minyak esensial dan atau senyawa lainnya dari tetumbuhan.

Karena itu ada berbagai jenis aromaterapi yang dapat digunakan, dan setiap jenis Aromatherapi memilki kemampuan dan khasiat yang berbeda-beda.
Aromaterapi, selain bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan, juga dapat digunakan untuk “mempengaruhi suasana hati”.
Menjadikan seseorang lebih mudah tidur, meredakan kegelisahan, untuk mengatasi depresi, sampai untuk dan mengurangi perasaan tegang.

Istilah aromaterapi sendiri muncul dan dipopulerkan pertama kali oleh Rene Maurice Gattefosse, ahli kimia dari Perancis pada tahun 1920.
Namun jika ditelusuri lebih jauh, orang yang pertama kali melakukan penyulingan minyak esensial dari tetumbuhan adalah seorang ahli Kimia dari Persia pada jaman keemasan peradaban Islam, yang bernama Ibnu Sina.
Namun penggunaan minyak esensial sendiri sudah dikenal sejak ribuan tahun oleh bangsa-bangsa kuno seperti Cina, Mesir, dan Yunani.
Sedang di Mesir kuno, minyak wangi dipakai sebagai sesaji ritual pemujaan. Sementara bangsa Yunani kuno menggunakan minyak wewangian sebagai kosmetik dan obat-obatan.

Secara prinsip, aromaterapi digunakan berdasar fungsi kerja dari hidung.
Sebagaimana diketahui, organ penciuman manusia yang satu ini, ternyata mampu mengenali 10.000 jenis bau-bauan. Ketika ujung saraf pembau menangkap adanya sebuah aroma, maka “ia” akan mengirimkannya ke syaraf otak untuk aroma tersebut.
Dan hal itulah yang menjadi konsep dasar Aromatherapi : “Ada beberapa aroma yang mempengaruhi kerja otak dan saraf”
Mengingat ada begitu banyak aroma (tetumbuhan ) yang bisa digunakan, maka ada begitu banyak pula jenis aromatherapi ini.

Dan dari sekian banyak jenis, aromatherapi antara lain sering dimanfaatkan untuk :

● Aromatherapi untuk santai dan lelap
● Aromatherapi untuk mengatasi depresi dan mengurangi ketegangan
● Aromatherapi untuk menciptakan suasana Romantis
● Aromatherapi untuk memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah
● Aromatherapi untuk menyeimbangkan hormon,
● Aromatherapi untuk meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi
● Aromatherapi untuk mengurangi atau menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi sakit perut, menyembuhkan sakit kepala.

Dan masih banyak jenis aromatherapi yang lainnya. Untuk bahasan yang ini insya Allah akan dibahas pada posting selanjutnya.
Lihat pada :

You may like these posts