-->

Jenis Aromatherapi Dan Bahan Yang Digunakan Untuk Aromatherapi

Saat ini, anda mungkin menjadi akrab dengan istilah “aromatherapi”. Bisa jadi, hal ini dikarenakan dengan banyaknya iklan produk di media yang menggunakan istilah ini.
Yang menurut iklannya, dengan aromatherapi, tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan relaksasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Apa kegunaan dari Aromatherapi ?

Jika merujuk kepada Wikipedia Bahasa Indonesia, istilah “aromaterapi” berarti suatu metode pengobatan alternatif dengan menggunakan bahan cairan tanaman mudah menguap.

Bahan tersebut dikenal sebagai minyak esensial dan atau beberapa senyawa lainnya yang berasal dari tetumbuhan.
Dan karena bahan-bahan ini bisa didapatkan dari berbagai macam tumbuhan yang kemampuan dan khasiat yang berbeda, maka Aromaterapi memang dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
Selain bisa digunakan untuk relaksasi, Aromatherapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai keluhan juga mempengaruhi suasana hati, memudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, dan mengurangi ketegangan penggunanya.
Bahkan untuk pengobatan beberapa penyakit tertentu., tergantung dari jenis aromatherapi yang dipilih.

Prinsip Aromatherapi

Prinsip dasar dari penggunaan metode aromaterapi adalah didasari pada fungsi kerja hidung manusia. Organ penciuman manusia diketahui mampu mengenali 10.000 jenis bebauan.

Ketika ujung saraf pembau indra penciuman menangkap sebuah aroma, maka syaraf mengirimkan sinyal ke otak , untuk mengenali aroma tersebut.
Dan dengan aroma tertentu, maka otak juga akan bereaksi dengan impuls tertentu pula. Inilah yang menjadi konsep dasar aromaterapi.

Beberapa jenis aromatherapi dan bahan yang dapat digunakan untuk aromatherapi.

● Aromatherapi untuk relaksasi dan memudahkan tidur

Jenis aromaterapi yang sering digunakan untuk tujuan ini adalah kayu putih.
Minyak dari tanaman yang memiliki nama latin Melaleuca leucadendra ini, salah satunya memiliki khasiat untuk tujuan itu.
Selain itu minyak kayu putih juga digunakan sebagai antibronkhitis, asma, batuk, pilek, demam, dan flu, melegakan pernapasan serta meringankan keluhan masalah hidung sensitif.
Bisa juga digunakan minyak bunga Lavender.
Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, minyak bunga Lavander juga memiliki khasiat untuk membantu menyenyakkan tidur. Meredakan kegelisahan, mengurangi ketegangan serta mengatasi depresi.
Bahkan bisa juga digunakan minyak dari tanaman Putri malu. Sebab pada tanaman Putri malu terkandung senyawa melatonin, mimosin, asam pipekolinat, tanin, alkaloid, saponin, triterpenoid, sterol, polifenol, dan flavonoid. Senyawa melatonin inilah yang bisa memberikan efek relaksasi pada syaraf otak kecil.

● Aromatherapi untuk Suasana Romantis

Untuk tujuan aromatherapi romantis sering digunakan minyak dari bunga-bungaan.
Yang popular salah satunya adalah dengan bunga mawar. Minyak dari bunga mawar memiliki efek sebagai afrodisiak dan menciptakan suasana romantis.
Karena efek ini pula bunga mawar atau rose sering digunakan sebagai lambang kasih sayang atau lambang cinta.
Selain itu, aroma bunga mawar juga bisa memberikan efek untuk memperbaiki metabolisme, sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, serta meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi
Untuk suasana romantis bisa juga digunakan bunga melati atau jasmine.
Jenis bunga-bungaan lain yang bisa dimanfaatkan adalah ylang-ylang atau bunga kenanga, juga bunga lotus atau teratai.

● Aromatherapi untuk tekanan darah tinggi, sakit perut dan sakit kepala

Selain bisa digunakan untuk suasana romantis, bunga kenanga juga bisa dimanfaatkan untuk aromatherapi guna menurunkan tekanan darah tinggi, memberi suasana menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, dan menyembuhkan sakit kepala.

● Aromatherapi untuk meningkatkan fungsi limpa serta ginjal

Aroma Bunga teratai atau lotus, juga bisa digunakan untuk aromatherapi meningkatkan vitalitas, konsentrasi, mengurangi panas dalam, dan meningkatkan fungsi limpa serta ginjal

● Aromatherapi untuk peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak, dan membersihkan paru-paru


Untuk aromaterapi jenis ini digunakan minyak dari teh hijau dan basil.

● Aromatherapi untuk meningkatkan konsentrasi

Aroma basil, selain bisa dimanfaatkan untuk tujuan di atas, juga bisa digunakan untuk aromatherapi lainnya, yaitu untuk meredakan sakit kepala dan migrain serta meningkatkan konsentrasi.
Berkaitan dengan artikel di atas :

You may like these posts