6 Cara Untuk Mengkilapkan Batu Akik

6 Cara Untuk Mengkilapkan Batu Akik

Bagi para pemilik batu akik tentu ingin batu akik kesayangannya bisa tampil menawan. Jernih, bening mengkilap. Tentu sering terlihat seseorang yang sedikit sedikit menggosokkan tangannya ( yang sedang mengenakan akik ) kepada kain celananya atau kain bajunya.
Maksudnya, agar batu akiknya lebih kelihatan mengkilap.

Sebuah batu akik memang memiliki tingkat kejernihan tersendiri. Karena itulah tingkat kilapnya juga akan berbeda beda. Namun secara umum memang ada cara-cara untuk mengkilapkan sebuah batu akik.

Dari sekian banyak cara, ada 6 Cara Untuk Mengkilapkan Batu Akik yang bisa anda gunakan untuk batu akik kesayangan anda, sehingga bisa terlihat lebih bening mengkilap :

1. Mengkilapkan Batu Akik Dengan menggunakan kertas serbuk intan

Kertas serbuk intan ini biasanya di jual di toko-toko permata. Dan bahan ini memang digunakan untuk mengkilapkan bermacam batu akik. Mulai dari batu akik yang biasa sampai batu akik yang berkelas, semacam batu ruby, sapphire, jamrud, giok, topaz dan lainnya.
Caranya juga mudah anda tinggal menggosokkan kertas serbuk intan ini secara perlahan dengan gosokan searah.

2. Mengkilapkan Batu Akik Dengan alumunium foil atau kertas bungkus rokok

Cara kedua dengan menggunakan aluminium foil atau kalau mau lebih irit gunakan saja kertas aluminium bungkus rokok ( grenjeng ).
Caranya sama, gosok perlahan dalam satu arah.

3. Mengkilapkan Batu Akik Dengan menggunakan bambu hitam

Cari bambu hitam yang permukaannya halus, lalu gosok-gosokan secara perlalahan pada batu akik anda. Secara tradisional para pengrajin batu akik sudah menggunakan bahan ini.

4. Mengkilapkan Batu Akik Dengan menggunakan Bambu buluh

Bambu wuluh atau sering disebut dengan pring wulung merupakan jenis bambu yang berkulit kasar. Caranya sama seperti diatas. Namun jika menggunakan bambu wulung ini sebaiknya hati-hati, sebab untuk jenis batu yang agak rapuh bisa membuat batu termakan dan luntur

5. Mengkilapkan Batu Akik Dengan menggunakan kulit

Anda juga mengkilapkan batu akik anda dengan cara menggosoknya dengan kulit. Namun sebaiknya gunakan kulit yang halus atau yang sudah disamak.
Misalnya bekas dompet atau ikat pinggang. Namunjangan kenakan pada bagian kulit yang berwarna / diwarnai.

6. Mengkilapkan Batu Akik Dengan menggunakan daun pisang kering

Cara terakhir yang juga murah meriah adalh dengan daun pisang yang telah kering. Ambil daun pisang kering ( jawa : klaras ) lalu gunakan untuk menggosok batu akik anda secara telaten.

Cara-cara untuk mengkilapkan batu akik di atas hanya berlaku bagi batu akik yang telah berbentuk, setengah jadi atau telah jadi. Jadi dalam hal ini anda menyempurnakan proses finishingnya saja.

Namun untuk batu akik yang masih bongkahan ( bakalan ) tentu saja butuh perlakukan yang berbeda. Sebaiknya lihat juga :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments