-->

Dimanakah Tempat Dajjal Akan Dibinasakan ?

Sebagaimana telah diwartakan, kelak menjelang akhir jaman nanti, Dajjal akan muncul dan menampakkan diri nya di muka bumi ini.
Rasulullah SAW telah bersabda,
“Ketika sedang tidur, aku bermimpi melakukan tawaf di Ka’bah. Lalu, ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini?
Mereka menjawab, ‘Ibnu Maryam AS’.”
“Kemudian, aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar).
Mereka mengatakan, ‘Ini Dajjal’. Dia adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza’ah.”
(HR Bukhari dan Muslim).

Tentang keberadaan Dajjal sebenarnya tidak terbantahkan lagi. Itulah sebabnya diterangkan, setiap nabi yang diutus di jamannya selalu memperingatkan umatnya untuk mewaspadai dan berlindung dari fitnahnya Dajjal. Yaitu fitnah terbesar yang pernah ada di muka bumi.

Ada yang berpendapat bahwa Dajjal sebenarnya pernah muncul dan menampakkan diri, sebelum ia muncul dengan terang-terangan menjelang hari kiamat nanti.
Ada beberapa yang menduga bahwa , pada jaman Nabi Musa, AS, Dajjal sudah pernah menampakkan diri. Bahkan “sempat” meninggalkan fitnahnya pada kaum Nabi Musa, AS.
Sehingga Nabi Musa, AS murka kepadanya.
Namun karena Nabi Musa, AS tahu bahwa Dajjal bukanlah “jatahnya” maka akhirnya Nabi Musa, AS hanya mengusirnya dan dijauhi.

Dan sejak itu, Dajjal kemudian berkelana di seluruh penjuru dunia.
( Catatan : Selain Iblis, Dajjal konon merupakan salah satu mahluk yang dikaruniai Allah dengan umur yang sangat panjang – sampai menjelang dunia kiamat ).
Lihat juga :

Menurut keterangan, satu-satunya manusia yang sanggup mengalahkan dan membinasakan Dajjal hanyalah Nabi Isa,AS kelak.
Yang akan bahu membahu bersama Imam Mahdi melenyapkan semua kebatilan di Bumi.

Dimana tempat Dajjal dibinasakan oleh Nabi Isa, AS kelak ?

Dalam sebuah hadis disebutkan :
“Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.”
(HR Abu Daud)

Hadist lainnya :

Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (Gerbang Lod).”

(Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Kemudian hadist lainnya :
Dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajal di Bab Lud(Gerbang Lod).”
(HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

Dan hadist satu lagi lainnya :
“Tidak ada satu orang kafir pun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu, Isa berhasil menyusul Dajjal di Pintu Lod dan membunuhnya. Lalu, beberapa kaum Muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kepada mereka tentang kedudukan mereka di surga.”
(HR Muslim, Ahmad, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

Jadi menurut kempat hadist di atas, lokasi atau tempat Dajjal akan dibinasakan oleh Nabi Isa, AS adalah di Gerbang Lod.

Pertanyaannya, dimanakah letak Gerbang Lod ?

Inikah Gerbang Lod Tempat Dajjal akan dibinasakan ?

Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, Lod atau Gerbang Lod adalah satu kota yang terletak di dekat Baitul Maqdis atau Elia di Palestina dekat Ramalah.

“Dahulu, rombongan kafilah dari Syam (Suriah) yang menuju Mesir singgah di kota ini, begitu juga sebaliknya,” ujar Dr Syauqi Abu Khalil.

You may like these posts