-->

Misteri dan Arti Pintu Rumah Yang Berwarna Merah

Pada umumnya, masyarakat Indonesia lebih menyukai dan menggunakan warna-warna pintu yang alami pada pintu rumahnya. Warna alami yang dimaksud adalah warna kayu. Coklat, coklat muda, coklat tua, atau coklat kehitaman.
Baru pada tahun-tahun belakangan ini saja, ketika trend rumah minimalis muncul dan berkembang, warna-warna pintu rumah yang digunakan lebih bervariasi dan lebih berani.
Namun pada umunya masih sangat jarang atau “belum berani” menggunakan warna merah untuk pintu rumah.

Dan hal ini sangat kontradiksi dan sangat berkebalikan jika diperbandingkan dengan rumah-rumah masyarakat Cina. Pada budaya Cina, warna merah bisa dikatakan sangat dominan, dipergunakan pada berbagai bangunan, termasuk rumah, dan pintunya.

Mengapa menggunakan warna merah ?

Secara visual warna merah memang memiliki variasi dramatis dalam penampilannya. Warna merah memiliki ratusan nuansa, warna, dan variasi.

Sekian banyak nuansa berbeda yang bisa dihasilkan dari warna merah pada dasarnya dihasilkan dengan “ menyesuaikan” jumlah warna putih dan warna hitam, ataupun dengan berbagai macam intensitas warna-warna dasar.
Sebagai contoh warna Burgundi atau merah anggur dalam komposisinya ternyata memiliki warna hitam lebih banyak, dibandingkan dengan warna salem yang lembut, misalnya.

Warna Merah akan bisa memberikan kesan yang sangat berbeda terhadap setiap orang.

Misalnya, warna merah pada pintu rumah di bagian depan bisa saja akan terlihat lebih tua ( merah tua ) bagi orang lainnya. Penggunaan warna merah yang kuat dan dalam akan bisa memberikan pengaruh untuk mengubah suasana hati, menjadikan perasaan yang tenang dan solid.

Sedangkan penggunaan warna merah dengan nuansa yang lebih terang atau warna merah elektrik akan mampu memberikan banyak energi dan dan menciptakan nuansa kegembiraan.
Oleh karena itu, penggunaan warna merah pada pintu rumah pada bagian depan misalnya dapat dimanfaatkan untuk melengkapi atau menciptakan suasana yang kontras dengan bagian rumah lainnya, serta bisa memberikan aksen untuk gaya tertentu.
Sebagai contoh, warna-warna gelap yang dihasilkan oleh batu bata pada bagian eksterior, akan bisa tampil dan tampak lebih ringan, terang dan lebih menarik perhatian bila dipadukan dengan pintu yang berwarna merah. Sebab nuansa terang mendapat manfaat dari warna gelap pada pintu merah tersebut.

Penggunaan warna merah mampu menciptakan batas-batas pada gradasi warna merah pintu depan rumah. Karena itu, warna merah tetap akan menjadi salah satu yang nuansa paling populer dan terbaik untuk pintu depan rumah ( terutama bagi budaya Cina ).

Jadi seandainya anda berkeinginan untuk mendekorasi ulang pintu rumah anda, dan tertarik untuk menggunakan warna merah, maka sebaiknya mulailah mencari tahu, nuansa warna merah seperti apa yang paling cocok dan paling baik untuk rumah Anda.

Pada intinya, apapun model dan gaya arsitektur rumah Anda, penggunaan warna merah dapat digunakan untuk melengkapi desain, dan membentuk kesan tertentu ketika terlihat dari jalan.
Pintu rumah yang bergaya tradisional mungkin akan lebih cocok dengan nuansa warna merah yang tradisional.
Sedangkan rumah yang memiliki desain lebih modern dan bergaya kontemporer mungkin lebih fleksibel untuk desain dan warnanya, ketika ingin memakai pintu merah.

Lihat juga :

You may like these posts