-->

Fengshui Untuk Memilih Arah Apartemen Yang Terbaik

Perkembangan gaya hidup modern – terutama di kota-kota besar – menjadikan apartemen semakin trend. Orang-orang tidak lagi memilih untuk tinggal di rumah-rumah konvensional, melainkan lebih memilih untuk tinggal di tempat hunian vertikal.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bagi orang yang memilih untuk bertempat tinggal di apartemen, umumnya memiliki keterbatasan dalam memilih arah hadap apartemen.
Sebab sebuah apertemen tentu telah didesign dan dikonstruksi sedemikian rupa menurut “cetak biru” dari pengembang.

Karena itulah, beberapa orang yang berpatokan dan menggunakan Fengshui, terkadang sedikit bingung, bagaimana cara terbaik menentukan arah hadap apartemen sesuai ketentuan Fengshui ( yang baik ).

Sesuai definisi dasarnya, feng shui mempunyai arti: feng (angin) dan shui (air).
Energi qi atau chi dibawa angin dan akan berhenti dalam air. Oleh sebab itu, dalam perhitungan ilmu feng shui, letak pintu bangunan ( baik pada rumah atau apartemen ) selalu menjadi pokok masalah dalam menentukan arah hadap.

Masalahnya adalah, pada sebuah bangunan apartemen biasanya terdapat beberapa pintu, yang bisa dipandang sebagai pintu masuk.
Pada sebuah apartemen umumnya terdapat :
- pintu gedung apartemen, yang membawa angin Chi
- pintu masuk ke unit
- dan pintu balkon.

Apabila mengambil acuan pada definisi dasar Fengshui, maka yang paling penting adalah arah pintu yang membawa angin masuk dari luar.
Pintu itulah yang menjadi pintu arah hadap apartemen. Karena itulah, bisa disimpulkan bahwa pintu masuk ke unit apartemen, tidak bisa dijadikan sebagai patokan pintu masuk.
Apalagi pintu ini biasanya terhalang oleh dinding di depannya, yang jaraknya kurang dari dua meter.

Sebagai misal, diambil perbandingan dengan sebuah bangunan rumah tinggal berlantai tiga atau empat.
Pada bangunan seperti itu, pintu mana yang dipandang sebagai pintu masuk?
Pasti saja, pintu yang berada pada lantai dasar.
Sedangkan, pintu masuk dalam bangunan di setiap lantai sebenarnya merupakan pintu-pintu masuk kamar/ruangan. Pintu ini sama dengan pintu masuk unit apartemen.

Dan sebagaimana pada bangunan rumah bertingkat, arah hadap pintu pada sebuah apartemen adalah (pintu ) yang terletak pada lantai dasar. Sehingga arah pintu masuknya adalah pintu lebar atau pintu utama yang berada pada lantai dasar, dimana terdapat lobi apartemen.
Namun hal ini hanya dapat diterapkan pada unit apartemen yang tidak memiliki balkon.

Pada apartemen yang memiliki balkon, pintu yang akan sering dibuka dan menerima angin masuk dengan ruang di depannya bebas itulah yang dinamakan arah hadap pintu masuk apartemen.
Sebab angin akan lebih terasa masuknya dari pintu balkon daripada dari pintu masuk bangunan apartemen.

Lihat juga :

You may like these posts