-->

Fengshui Untuk Menata Ventilasi Rumah Dengan Baik

Ketika seseorang membangun sebuah rumah, disamping untuk memberikan perlindungan dan keamanan, diharapkan juga mampu memberikan kenyamanan pada para penghuninya.

Dari sekian banyak faktor yang bisa memberikan kenyamanan pada sebuah rumah, salah satu faktor penyumbang yang paling penting pada kenyamanan rumah adalah adanya sirkulasi atau ventilasi udara.


Adanya ventilasi akan mengakibatkan terjadinya arus pergerakan udara secara alamiah yang tepat di dalam setiap ruangan, sehingga akan menjadikan sebuah rumah menjadi lebih nyaman .
Tepat disini berarti bahwa arus pergerakan udara tersebut tidak terlalu lambat atau bahkan terhenti. Yang menyebabkan udara menjadi panas dan gerah.
Tepat juga berarti tidak terlalu cepat, sehingga membuat kondisi di dalam ruangan rumah malah menjadi terlalu berangin.

Pada beberapa orang yang bersifat praktis ( dan banyak duit ) sering kali mengakali masalah sirkulasi udara dalam rumah ini dangan menggunakan kemajuan teknologi.
Yaitu dengan menginstalasikan Air Conditioner ( AC ).

Namun yang perlu diperhatikan adalah, bahwa aliran udara yang di bawa oleh AC ini pada dasarnya bukanlah aliran udara yang alami, melainkan aliran udara buatan.
Karena itulah, jika ditinjau dari ilmu Fengshui, udara sirkulasi yang dibawa AC sebenarnya mempunyai kualitas Chi yang kurang baik.
Sebab udara sirkulasi AC sebenarnya merupakan aliran udara yang mandek. Bahkan telah dipakai berulang kali, dengan mensirkulasinya secara terus menerus.
Beberapa penelitian medis juga telah membuktikan hal ini. Orang-orang yang sepanjang harinya berada dalam ruangan ber AC, pada jangka waktu yang cukup lama bisa mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Lalu bagaimana cara menata ventilasi rumah yang baik dengan mengacu kepada Fengshui ? Sedangkan bagi awam, Fengshui merupakan sebuah pengetahuan yang sulit.
Memang benar, Fengshui merupakan ilmu atau pengetahuan yang cukup rumit.
Namun untuk menata ventilasi rumah dengan baik ( dan mengacu pada Fengshui ) anda tidak harus menguasai ilmu Fengshui.

Sebagai patokan dasar, penataan ventilasi sebuah rumah dikatakan baik apabila bisa memberikan kenyamanan pada para penghuninya.

Untuk langkah yang lebih konkret, anda dapat pertimbangkan Tips Fengshui Sederhana Untuk Menata Ventilasi Rumah Dengan Baik berikut ini :

- Ventilasi udara yang baik adalah apabila udara dapat mengalir dari pintu feng shui ke dalam bangunan dan bergerak terus pada seluruh bagian ruangan, baru kemudian keluar melalui salah satu bukaan di ujung sudut ruangan setelah udara mengenai dinding-dinding yang membatasi ruangan tersebut.
( Hal ini mungkin agak berbeda dengan konsep arsitektur modern yang lebih cenderung kepada cross ventilation atau ventiasi aliran udara yang menyilang ).

- Karena itulah, adanya satu atau dua buah ruangan dengan pintu yang saling berhadapan kurang baik dari segi Fengshui. Sebab, aliran udara yang masuk dari pintu yang satu akan langsung keluar melalui pintu lainnya, sehingga beberapa sudut ruangan itu tidak sempat mendapatkan aliran udara.

- Energi Chi yang terbaik untuk rumah( yang konon bisa membawa keberuntungan ) adalah energi Chi alam yang dibawa masuk oleh aliran udara dari luar rumah.
Bukan energi Chi yang berasal dari ventilasi buatan atau artifacial ventilation.

- Agar aliran energi Chi lebih efektif, sangat disarankan untuk meletakkan vegetasi ( tanaman ) hidup di sekitar pintu masuk.
Sebab tanaman bisa meningkatkan aliran Chi, dan juga mengeluarkan aura yang bisa menyaring Chi baik ke dalam ruangan. Adanya berbagai tumbuhan atau taman di dekat rumah juga akan meningkatkan masuknya energi Chi yang berkualitas.

- Perhatikan proporsi besarnya pintu dan atau jendela berbanding dengan ukuran dan volume ruangan.
Pintu atau jendela yang besar-besar memang baik untuk aliran udara. Namun tidak selalu baik menurut Fengshui ( misal karena mempertimbangkan faktor keamanannya )

- Perhatikan dan perhitungkan juga tinggi langit-langit ruangan.
Langit-langit ruangan yang tinggi berarti akan memperbesar volume ruangan. Namun juga akan memperbesar kencangnya angin. Dan sebaliknya. Dari hal ini dapat diperkirakan ukuran bukaan ( ventilasi ) yang tepat.

- Memasang perabot yang kebanyakan berbentuk runcing atau tajam kurang baik untuk aliran udara dan energi Chi. Sebab bisa merusak energi Chi menjadi Chi yang buruk ( Sha Chi ).

Sebaiknya simak juga :

You may like these posts