-->

Pohon Langka Manchineel, Pohon Yang Paling Beracun Dan Paling Mematikan Di Dunia ?

Ada sebuah pohon yang sangat langka, namanya pohon Manchineel. Disamping merupakan pohon langka, pohon Manchineel juga dikenal sebagai pohon yang paling beracun dan paling mematikan di dunia.

Alam diciptakan dengan sempurna. Segala sesuatunya biasanya dibuat berpasangan dan atau berlawanan. Demikian pula dengan pepohonan atau tumbuhan.
Jika selama ini dikenal dengan adanya berbagai macam pepohonan atau tetumbuhan yang sangat bermanfaat, bagi pengobatan dan kesehatan, maka ada juga pepohonan yang sangat beracun dan mematikan.
Dan di setiap belahan dunia, selalu saja bisa ditemui pohon-pohon yang beracun dan mematikan.

Dan dari sekian banyak pohon yang beracun dan mematikan, ada salah satu pohon yang dianggap paling beracun dan paling mematikan di dunia.
Bahkan saking beracunnya pepohonan ini, hanya dengan duduk-duduk di bawah naungan pohon ini, anda bisa menjadi korban keganasan racunnya.
Uniknya, pohon yang paling beracun dan paling mematikan ini ternyata malah merupakan daftar spesies pohon yang langka dan terancam punah.

Pohon Langka yang paling beracun dan paling mematikan di dunia ini adalah Pohon Manchineel, dalam bahasa Latin-nya, Hippomane mancinella.

Pohon Manchineel ini habitat aslinya adalah belahan bumi bagian barat. Wilayah tempat tumbuhnya mulai dari Florida, Karibia dan Bahama.
Pohon Manchineel dewasa bisa mencapai tinggi 15 meter. Daun berbentuk oval berwarna hijau cerah.
Buah pohon Manchineel berbentuk menyerupai buah apel kecil, sehingga terkadang menggoda. Dan rasanya memang manis.
Namun ketika sampai memakan buah pohon manchineel ini bisa dipastikan akan mengantakan pemakannya ke pemakaman, sekurangnya ke rumah sakit terdekat.

Begitu beracunnya buah pohon Manchineel ini, Christopher Columbus bahkan sampai menyebutnya sebagai “Manzanita de la Muerte” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti : Apel Kecil Kematian.

Meski buah Manchineel ini sudah demikian beracunnya, itupun ternyata “masih belum seberapa”, Sebab getah dari pohon Manchineel, ternyata lebih beracun dan mematikan lagi.
Getah pohon Manchineel yang berwarna putih seperti susu, sangat kaustik dan beracun. Jika sampai terkena getah pohon ini satu tetes saja, ketika berada di bawahnya, sudah dapat menyebabkan rasa panas menyengat, dermatitis, edema atau luka bakar.
Repotnya, getah pohon ini dapat terbawa oleh air hujan saat jatuh dari cabang-cabangnya.
Karena itu pula, orang-orang yang sudah tahu akan memilih menghindar dari pohon ini.
Dan karena itu pula, pihak berwenang memberi tanda peringatan, agar orang-orang tidak mendekati pohon yang beracun ini.
Dan yang paling ngeri adalah kulit pohon Manchineel.
Kulit pohon Manchineel ketika dibakar akan menghasilkan asap beracun yang dapat menyebabkan kebutaan.

Menurut legenda, racun dari pohon Manchineel inilah yang berhasil membunuh penjajah Spanyol Juan Ponce de Leon, saat ia terkena panah yang dicelupkan pada getah pohon Manchineel.

Konon Juan Ponce de Leon mengalami kematian yang lambat dan sangat menyakitkan.

Berkaitan dengan artikel di atas :

You may like these posts