-->

Tips Membuat Taman Rumah Di Lahan Yang Sempit

Sebuah keluarga pada umumnya akan lebih memilih dan menyukai jika seandainya bisa memiliki taman rumah sendiri. Sebuah taman rumah meskipun kecil dan sederhana akan dapat mempercantik tampilan rumah. Dan juga , dengan adanya sebuah taman rumah dan hijau-hijauan, akan dapat menyejukkan dan menyegarkan pandangan mata. Menghilangkan rasa penat atau bahkan obat stress.
Dan yang lebih penting, dengan adanya taman rumah, maka akan lebih banyak memiliki kesempatan mendapatkan udara segar yang sejuk dan fresh.
Dan secara tidak langsung juga ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Hanya saja terkadang timbul rasa “ketakutan” sendiri. “Takut” karena tidak punya lahan yang cukup luas. “Takut” nanti akan memakan biaya yang cukup besar, dan sebagainya.
Padahal untuk membuat taman rumah tidak harus dibutuhkan biaya yang mahal-mahal amat jika dibuat dan dikerjakan sendiri.
Padahal sebuah taman rumah tidak harus membutuhkan lahan yang luas.

Meski dengan lahan yang luas memang akan lebih leluasa dalam mengatur dan menata taman rumah nantinya. Namun pada dasarnya sebuah taman rumah tetap dapat dibuat dengan ketersediaan lahan yang sesempit apapun.
Misalnya dengan memanfaatkan sedikit lahan yang tersisa di pinggir pagar, lahan sempit di depan atau di samping teras dan sebagainya.
Namun untuk membuat taman rumah pada lahan yang sempit memang berbeda dengan cara membuat taman rumah di lahan yang cukup luas. Yang pada intinya, pembuat taman harus pintar-pintar dalam mensiasati keterbatasan lahan.

Agar sebuah taman rumah di lahan yang sempit tetap dapat dengan enak dilihat mata, memiliki “umur pakai” yang cukup lama serta justru tidak merusak keindahan tampilan rumah ( terlihat semrawut ), ada beberapa tips membuat taman rumah di lahan yang sempit, yang mungkin bisa diikuti :

● Kenali posisi dan bentuk lahan yang akan dibuat taman
Dengan mengenali posisi dan bentuk lahan calon taman, nantinya akan dapat ditentukan dengan tepat, seperti apa, model yang bagaimana sebuah taman akan dibuat.

● Cari dan kumpulkan referensi
Membuat taman memang soal selera. Namun dengan memiliki referensi yang cukup, maka akan dapat dengan mudah menentukan desain dan model taman yang sesuai. Coba cari contoh taman di sekitar lingkungan anda. Namun jika kesulitan, dengan membuka internet akan banyak contoh gambar taman yang tersedia.

● Pilih dan tentukan desain dan model taman yang tepat
Tepat artinya sesuai dengan selera anda, namun juga sesuai dengan ketersediaan lahan anda.

● Selalu gunakan rumput hias
Dengan mempergunakan rumput hias, sebuah lahan yang sempit akan bisa terlihat lebih luas. Selain itu, penggunaan rumput hias akan menjadikan pamandangan lebih hijau dan segar.
● Gunakan tanaman hias yang sesuai
Untuk tanaman pada taman rumah di lahan yang sempit sebaiknya :
- pilih tanaman yang berdaun sempit atau kecil.
Menggunakan tanaman hias yang berdaun lebar, nantinya jutsru akan menghabiskan tempat dan terlihat “penuh”
- sebaiknya pilih tanaman yang pertumbuhannya lambat
Tanaman yang cepat pertumbuhannya, akan menjadikan taman rumah yang sempit terlihat semrawut dan kurang rapi.
- Jangan memilih tanaman yang berbatang keras
Taman rumah di lahan sempit biasanya dibuat di smaping-samping tembok atau dinding. Tanaman yang berbatang keras umumnya memiliki akar yang dapat merusak pondasi tembok. Dengan memilih tanaman yang berbatang lunak, hal ini tidak akan terjadi.
Disamping itu tanaman yang berbatang lunak biasanya lebih mudah dipangkas dan dirapikan.
Seandainya tetap harus memilih tanaman berbatang keras, pilih yang batangnya kecil dan tidak bisa tumbuh terlalu besar.
Hindari juga tanaman yang merambat, karena akan menjadikan taman terlihat terlalu padat dan kurang rapi.

● Jangan memaksa
Taman dengan banyak tanaman memang lebih sejuk dan segar ketika dipandang. Namun jangan paksakan hal ini jika lahan yang tersedia sempit. Menjejali lahan sempit dengan banyak tanaman justru akan menjadikannya seperti sebuah “hutan”.

● Sebaiknya gunakan desain taman minimalis
Dengan desain minimalis, maka taman tetap terlihat hijau namun rapid dan enak dipandang mata. Cukup dengan rumput hias, satu atau dua tanaman utama dan beberapa tanaman hias pelengkap yang kecil-kecil ( tanaman hias untuk blocking ).

Berkaitan dengan artikel di atas :

You may like these posts

  1. Terima kasih atas informasinya, jika ada yang membutuh produk aluminium / upvc silahkan cek disini:
    Pintu Geser Aluminium
    Pintu Lipat Aluminium
    Jendela Casement Aluminium
    Jendela Geser Aluminium
    Pintu Geser UPVC
    Pintu Lipat UPVC
    Pintu Panel Aluminium