10 Tanaman Hias Dalam Ruangan Untuk Air Purifier Alami

10 Tanaman Hias Dalam Ruangan Untuk Air Purifier Alami

Bisa jadi, karena tingkat kesadaran untuk berlingkungan hidup dan menjalankan pola hidup sehat yang terus meningkat, atau hanya karena ikut-ikutan trend yang sedang berkembang, pada saat ini masalah kualitas udara yang baik dan sehat “tiba-tiba” menjadi begitu penting.

Buktinya, program-program penanaman pohon penghijauan atau reboisasi “tiba-tiba” menjadi begitu marak. Sepertinya, hampir setiap orang tidak mau ketinggalan dengan ikut program ini.
Terlebih lagi, ketika baru saja dicanangkan oleh pejabat negara penting, misalnya.
Bukti lainnya yang lebih berkelanjutan adalah, jika mau mencermati, produk-produk Air Conditioner ( AC ) keluaran terbaru saling berlomba mengiming-imingi dan menawarkan produk AC-nya, yang katanya sudah diperlengkapi dengan sistem penyaring dan atau sistem pemurni udara ( air purifier ) yang canggih dan ampuh.
Dan tidak sedikit juga produk-produk yang memang khusus ditujukan untuk pemurni udara yang ditawarkan.

Apapun alasannya, yang jelas, kecenderungan dan trend seperti ini tentu sangat baik, bermanfaat dan menggembirakan.

Pertanyaannya adalah, lalu bagaimana dengan nasib mereka yang kebetulan belum bisa membeli AC yang dilengkapi dengan sistem penyaring/pemurni udara. Atau bahkan peralatan khusus untuk Air Purifier, yang memang relatif lebih murah ?

Jawabannya sederhana. Gunakan saja tanaman hias.

Tanaman hias, selain digunakan untuk menambah keindahan sebuah ruangan, juga bisa digunakan untuk membuat udara di dalam ruangan terasa lebih segar, sebab tanaman pada umumnya akan memproduksi Oksigen ( O2 ).

Yang cukup jarang diketahui adalah ternyata beberapa tanaman hias tertentu bahkan bisa digunakan untuk membersihkan dan memurnikan udara sekitarnya yang kotor atau terpolusi.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa tanaman tertentu memang dapat membersihkan udara ruangan hingga mencapai 89% dari VOC yang berbahaya seperti Formalin dan Xilena.
Dan beberapa tanaman tertentu memiliki daya penetralisir polusi udara, misalnya karena asap rokok.

Nah, jika kebetulan mempunyai keterbatasan dalam menyediakan alat pemurni udara dalam ruangan, namun tetap ingin memiliki dan mendapatkan kualitas udara ruangan yang bersih dan sehat, cobalah gunakan 10 Tanaman Hias dalam ruangan yang bisa digunakan sebagai Air Purifier Alami yang berikut ini :

1. Sirih gading
2. Andong atau Massangeana Cane
3. Walisongo atau Schefflera
4. Anggrek bulan
5. Palem atau Palmae
6. Pakis
7. Anthurium bunga
8. Philodendron
9. Spathiphyllum atau Peace Lily
10. Song of India (Dracaena reflexa)

Jadi silahkan dicoba saja.
Selain tampak lebih indah, udara dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk dan segar.
Disarankan menyimak juga yang di bawah ini :

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments