-->

Menakjubkan ! Baterai Ponsel Super Cepat Ini Penuh Hanya Dalam Waktu 26 Detik

Dengan segala kelebihan dan keunggulannya, salah satu masalah dan kekurangan terbesar pada telepon pintar atau smartphone adalah pada daya tahan baterainya.
Hal ini disebabkan, pada smartphone biasanya memang dijejali dengan berbagai macam fitur dan aplikasi yang bisa menguras tenaga baterai.
Belum lagi dengan adanya sistem koneksi internet yang tidak terputus pada smartphone.
Sehingga baterai akan menjadi cepat habis.
Hal inilah yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya.

Memang benar, ketika baterai smartphone telah habis, hanya tinggal mengisi ulang atau discharge lagi. Dan dengan teknologi yang telah ada, untuk mengisi ulang – re-charging baterai ponsel bukan merupakan suatu masalah besar.
Karena saat ini isi ulang baterai ponsel dapat dilakukan kapan saja, dimana saja. Termasuk di dalam sebuah mobil yang sedang berjalan.
Masalahnya adalah, untuk mengisi ulang ( re-charging ) baterai smartphone sampai penuh biasanya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Karena itulah para pengembang berusaha memecahkan dan mengatasi masalah ini.

Dan terakhir dikabarkan telah ditemukan suatu baterai ponsel yang mampu melakukan isi ulang ( re-charging ) hanya dalam waktu 26 detik. Dan hal ini tentu saja sangat menakjubkan.

Pada sebuah konferensi teknologi di Tel Aviv, pertengahan tahun lalu dipamerkan sebuah teknologi baterai ponsel yang bisa diisi ulang hanya dalam waktu 26 detik.
Pada saat dilakukan demonstrasi tentang kemampuan baterai ini, ditunjukkan bagaimana sebuah smartphone Samsung S4 yang baterainya telah habis total dan mati, dapat langsung terisi penuh baterainya hanya dalam waktu 26 detik saja.

Menurut penemunya, baterai ponsel yang mampu mengisi penuh hanya dalam waktu 26 detik ini merupakan sebuah Baterai bio-organik yang memanfaatkan teknologi kristal nano.

Teknologi Kristal nano sendiri pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan di Universitas Tel Aviv ketika mereka meneliti penyakit Alzheimer sepuluh tahun lalu.

Penemu dari baterai ponsel yang sangat canggih ini adalah salah satu perusahaan Israel, yang bernama StoreDot.
Pihak berwenang dari Storedot mengatakan bahwa baterai ponsel merupakan salah satu contoh dari pemanfaatan material baru tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Dr Dorn Myersdorf, yang menjadi pendiri StoreDot, mengatakan :"Kami memperkirakan baterai ini bisa diintegrasikan ke ponsel pintar dalam setahun ke depan, sementara tahap produksi secara massal sekitar tiga tahun lagi," .
Hanya saja, menurut Myersdorf lebih lanjut, ongkos untuk memproduksi baterai ponsel super cepat dengan teknologi terbaru ini jatuhnya akan lebih mahal, sekitar 30 hingga 40% lebih tinggi dari produksi baterai ponsel biasa.
Sehingga ketika dipasarkan nantinya, diperkirakan harga baterai ponsel dari storedot ini bisa mencapai dua kali lebih mahal bila dibandingkan dengan baterai ponsel yang tersedia di pasar dewasa ini.

Selain memanfaatkan kristal nano untuk membuat baterai ponsel super cepat seperti yang dipamerkan di atas, tim Myersdorf juga memanfaatkan kristal nano untuk membuat sebuah chip memori yang mampu melakukan proses data tiga kali lebih cepat dari memori flash tradisional.
Lihat juga :

You may like these posts