-->

Printer Yang Bisa Membuat Permen Coklat Berbagai Bentuk Dan Warna

Bersiap-siaplah para produsen permen coklat untuk mengucapkan “selamat tinggal” kepada proses produksi coklat konvensional. Sebab sebentar lagi, metode produksi coklat tradisional sepertinya akan segera “digilas” dengan teknologi printer 3D yang benar-benar menakjubkan.

Sebagaimana dilansir dari laman BBC, dikabarkan di Las Vegas, Amerika Serikat telah diluncurkan dua printer tiga dimensi ( printer 3D ) yang tidak hanya mencetak, tetapi memproduksi makanan. Mesin printer 3D yang begitu menakjubkan ini dipamerkan dalam ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas.

Mesin-mesin printer terbaru yang teramat canggih ini mampu membuat penganan dengan berbahan dasar gula dan coklat. Dan yang menjadikan lebih menakjubkan printer 3D ini mampu membuat penganan dan permen coklat dengan aneka macam bentuk yang akan teramat sulit jika harus dibuat dengan menggunakan metode pembuatan permen coklat tradisional.


Dari 2 mesin printer 3D yang telah diluncurkan, Mesin printer yang lebih kecil, diberi nama Chefjet, digunakan untuk membuat kreasi produksi makanan dengan satu warna atau monokrom.

Namun mesin printer 3D satunya yang memiliki ukuran lebih besar yang diberi nama Chefjet Pro ini lebih canggih lagi. Printer ini mampu membuat produksi makanan yang berwarna-warni.

Perusahaan yang membuat mesin printer 3D yang canggih ini adalah 3D Systems, yaitu sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka memang mengembangkan printer model yang mampu mencetak makanan manis dengan memakai coklat, atau gula dengan rasa vanili, mint, apel, cherry dan semangka.

Desain yang dibangun adalah dengan menggunakan proses pencetakan lapis demi lapis. Permen dibuat dilakukan dengan cara menyebarkan lapisan gula halus yang dibumbui, dan kemudian dilukis dengan menggunakan kepala cetakan jet untuk mengubahnya menjadi kristal yang mengeras.

Satu-satunya kendala yang masih dihadapi untuk saat ini adalah masalah harga.
Para ahli mengatakan bahwa harga printer 3D yang canggih ini akan membuat penjualan mereka menjadi terbatas.
Sebab Printer 3D versi dasar akan dijual seharga sekitar US$5.000 (Rp60 juta) per unitnya, sedangkan tipe yang lebih canggih harganya dua kali lipat.
Selain itu juga terdapat printer 3D seharga US$10.000 (Rp 120 juta) yang dapat mencetak keramik dan printer seharga US$5.000 yang bisa menciptakan benda-benda plastik multiwarna.

Bagaimana, tertarik untuk memilikinya ?
Lihat juga :

You may like these posts