-->

Pertama Di Dunia, Baju Renang Ini Bisa Cegah Serangan Hiu

Baru pertama kali ditemukan, ada baju renang yang bisa melindungi pemakainya dari serangan ikan Hiu.

Sebenarnya, selama habitatnya tidak terusik, ikan Hiu akan sangat jarang menyerang manusia. Sebab Hiu merupakan binatang air yang hidup di perairan yang cukup dalam. Tetapi karena beberapa sebab, ikan Hiu memang terkadang menyasar, masuk ke perairan-perairan dangkal atau bahkan pantai untuk mencari, mangsa. Sehingga terkadang, termasuk menyerang manusia. Itupun biasanya bersifat sporadis.

Meski demikian hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.
Sebab makin hari makin banyak pemberitaan tentang adanya kasus serangan hiu terhadap manusia. Termasuk kepada para wisatawan yang sedang berenang atau melakukan wisata air lainnya di pantai. Repotnya, kasus-kasus serangan hiu terhadap manusia biasanya berakibat cukup fatal.
Sebab secara alami, ikan hiu dibekali dengan senjata pamungkas yang sangat “nggegirisi”, yaitu sederetan gigi-gigi yang sangat kuat dan tajam yang mampu mengoyak segalanya, termasuk tulang-belulang mangsanya.
Karena itulah untuk mengantisipasi hal ini dan juga untuk meminimalisasi adanya lebih banyak korban jiwa ( manusia ) di masa mendatang, setelah melakukan suatu riset yang panjang, satu perusahaan riset di Australia telah meluncurkan suatu baju renang yang diklaim sebagai baju renang anti hiu.

Perusahaan Australia tersebut baru saja merilis sebuah baju renang yang disebut sebagai baju renang pertama di dunia yang bisa mencegah serangan ikan hiu.



Baju renang anti hiu ini dirancang terutama untuk melindungi para peselancar dan penyelam dari serangan ikan Hiu.Perusahaan tersebut berhasil membuat rancangan baju renang ini setelah mereka meneliti bagaimana cara hiu dalam melihat mangsanya.

Sebagaimana dikutip dari BBC, produsen Craig Anderson kepada kantor berita AFP mengatakan :
“Baju ini dibuat dengan memperhitungkan penelitian tentang penglihatan hiu.".

Seperti apa rancangan baju renang anti hiu ini sehingga diklaim bisa mencegah serangan hiu ?

Baju renang anti hiu ini dirancang dengan warna dasar hitam dan garis-garis putih, untuk pertanda bagi ikan hiu bahwa ( orang ) yang terbungkus pakaian ini bukanlah makanan yang enak untuk disantap.
Sedangkan pada rancangan kedua digunakan sebuah pola yang lebih halus yang bertujuan untuk untuk “menyembunyikan” pemakainya di perairan terbuka.
Selain itu, agar para peselancar lebih aman, disediakan pula sejenis sticker pengecoh ikan hiu yang dapat ditempelkan di bawah papan selancar.

Perusahaan tersebut berani mengeluarkan klaim bahwa baju renang tersebut bisa mencegah serangan hiu setelah melakukan beberapa uji coba pada hiu macan, yang ganas.
Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa baju renang anti hiu ini aman, natural dan tidak berbahaya bagi binatang.

Akhir-akhir ini kasus-kasus serangan hiu terhadap manusia memang sering terjadi di Australia, terutama menyerang para penyelam dan peselancar.
Menurut para ahli mengatakan, peningkatan serangan hiu terhadap manusia dapat terjadi karena bertumbuhnya populasi dan makin meluasnya penggemar olahraga air.
Karena itulah, perusahaan pembuat baju renang anti hiu itu mengatakan bahwa telah mengatakan terjadi permintaan yang signifikan untuk menghindari serangan hiu akhir-akhir ini :
"Setiap orang mencari solusi, setiap orang merasa takut untuk bermain di laut saat ini,".

Bagaimana, tertarik untuk memiliki baju renang anti hiu ini ?

Saat ini harga baju renang pertama di dunia yang dapat mencegah serangan ikan hiu ini dibanderol dengan harga sekitar US$392 per potongnya.

Simak juga :

You may like these posts