-->

Cara Menjaga Kelembaban Tanaman Hias Dalam Ruangan

Salah satu hal penting ketika menanam tanaman hias dalam ruangan adalah bagaimana cara menjaga kelembabab tanaman ketika berada di dalam ruangan.

Saat ini, tanaman hias dalam ruangan makin diminati.
Ini tidak lepas juga dari ketersediaan lahan perumahan yang makin lama makin berkurang. Sedangkan tampilan sebuah rumah yang hijau dan asri juga tetap merupakan sebuah kebutuhan.
Disamping itu, untuk menghias rumah dengan tanaman dalam ruangan memang terlihat relatif lebih “mudah dan sederhana”.

Namun, meski terlihat mudah dan sederhana, sebagai mahluk hidup, tanaman hias dalam ruangan juga tetap membutuhkan perawatan.
Lihat juga :

Dan salah satu hal yang juga akan mempengaruhi perawatan tanaman hias dalam ruangan adalah masalah kelembaban udara.

Sebab sebagaimana diketahui dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah / ruangan, maka pada akhirnya ia akan memiliki lingkungan hidup yang berbeda dengan lingkungan aslinya.
Dimana kelembaban udara yang dibutuhkannya akan “diatur” oleh alam. Sedangkan ketika berada di dalam rumah, kelembaban udaranya cenderung dipengaruhi oleh benda-benda yang terdapat dalam ruangan. Misalnya jika ruangan yang ber AC.

Ruangan yang ber-AC kelembaban udaranya biasanya rendah.

Sebab AC bersifat mengeringkan udara. Hal ini bisa diperhatikan pada ujung daun tanaman.
Ketika tanaman berada dalam ruangan yang memiliki kelembaban udara rendah secara terus menerus akan dapat mempengaruhi pertumbuhannya.
Sebagai contoh yang paling terlihat adalah pada ujung-ujung daunnya terlihat berwarna kecoklatan atau bahkan tampak layu.

Karena kelembaban udara sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup tanaman dalam ruangan, maka agar tanaman mampu hidup dan bertumbuh seperti yang diharapkan, maka harus selalu dijaga kelembaban udara di dalam ruangan dimana tanaman ditempatkan.

Bagi yang memang bergerak dalam budidaya tanaman hias, mereka biasanya sangat memperhatikan masalah menjaga kelembaban udara ini secara detil.

Namun bagi peminat atau pengguna tanaman hias dalam ruangan untuk kebutuhan rumah tangga, untuk menjaga dan mangatur kelembaban udara tanaman, dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa trik sederhana.

Untuk mengatur kelembaban udara dalam ruangan dapat dilakukan :

● Menggunakan nampan air

- Siapkan sebuah nampan
- Isi dengan batu-batu kecil atau kerikil yang dibasahi atau disiram air secukupnya .
Letakkan pot tanaman di dalam nampan yang telah berisi kerikil basah tadi
- Penguapan air dalam nampan akan dapat membantu menjaga kelembapan udara di sekitar tanaman.

● Mengatur jarak penempatan tanaman

- Sebaiknya atur jarak penempatan tanaman pada jarak yang tidak terlalu dekat
- Namun jika harus meletakkan dua jenis tanaman dalam jarak yang agak dekat, taruhlah sebuah cangkir atau wadah lainnya yang berisi air di antara keduanya untuk menjaga kelembapan kedua tanaman.
Sebab jika tidak, hembusan udara dari AC akan menguapkan air dan kedua tanaman akan saling berebut air yang menguap.

● Penyemprotan air pada tanaman

Tanaman hias yang digunakan untuk ruangan biasanya merupakan tanaman hias yang memiliki laju penguapan yang rendah.
Namun tanaman tetap butuh air, meski tidak dalam jumlah yang terlalu banyak. Untuk menjaga kelembabannya maka secara berkala semprotkan air pada daun-daun tanaman.
Dalam hal ini bisa digunakan semprotan burung.

You may like these posts