-->

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Untuk Taman Rumah

Artikel singkat ini mungkin bisa membantu anda untuk mengetahui bagaimana cara menanam rumput gajah mini untuk taman di rumah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik dan memperindah tampilan rumah adalah dengan membuat sebuah taman rumah.
Berbeda dengan anggapan umumnya, untuk dapat membuat sebuah taman rumah sebenarnya tidak selalu dan tidak harus dibutuhkan sebuah lahan / pelataran yang luas.
Lahan yang sempit dan terbataspun sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai taman rumah.

Termasuk beberapa lahan di dalam rumah ( indoor ).
Bahkan bagi yang tidak memiliki lahan pekarangan sekalipun bisa menanam tanaman hias pada pot-pot dan diatur menyerupai sebuah taman ( mini ).
Terutama untuk taman rumah diluar ruangan, selain berbagai macam tanaman hias yang bisa menjadi pilihan, salah satu “tanaman wajib” yang paling umum digunakan untuk membuat sebuah taman rumah di luar ruangan adalah rumput.

Ada 2 jenis rumput yang umum digunakan untuk membuat taman ( rumah ) yaitu rumput gajah ( mini ) dan rumput jepang.
Pilihan rumput mana yang akan digunakan, semua kembali kepada soal selera.
Namun yang jelas kedua jenis rumput untuk taman ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ketika membuat sebuah taman, pemilik rumah - terutama ibu rumah tangga – biasanya untuk cari gampangnya menyerahkannya kepada tukang pembuat taman.
Biasanya pula karena alasan tidak mau repot, atau tidak tahu cara bertanam tanaman hias, termasuk rumput. Sehingga kalau nanti “nekat” ditanamn sendiri, jangan-jangan tanaman malah mati. Tidak ada yang salah memang dengan hal ini.
Namun perlu diingat, untuk saat ini biaya yang dibutuhkan untuk membayar seorang tukang taman sudah cukup mahal.

Jika keuangan keluarga berlebih, mungkin bukan merupakan masalah. Namun bagi keluarga dengan dana yang terbatas, biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tukang taman tentu akan memperbesar anggaran pembuatan taman.
Padahal jika “diniati” untuk bertanam tanaman hias, termasuk rumput sebenarnya tidaklah susah-susah amat. Dan lagian, dengan menanam sendiri, maka tanaman lebih dapat diatur sesuai dan sekehendak hati.

Untuk itu bagi anda yang kebetulan akan dan sedang membuat taman rumah ( dengan dana terbatas ), namun memiliki kendala dalam tata cara bertanam rumput ( hias ) yang baik dan benar, berikut Cara Mudah Menanam Rumput Gajah Mini Untuk Taman Rumah :

● Sebelum ditanam dengan rumput gajah, sebaiknya tanaman hias utama dan atau tanaman variasinya ditanam terlebih dulu.

● Persiapkan rumput gajah yang akan ditanam
Rumput gajah mini biasanya dijual meteran dan diwadahi dalam karung. Beda dengan rumput Jepang, jika anda membeli 1 meter rumput gajah mini, ketika ditanam area yang bisa tertutupi benar-benar hampir 1 m. Sedangkan jika rumput Jepang, biasanya hanya bisa menutupi 0,7 m. Jangan lupa, pilih rumput yang hijau, lebat dan segar.

● Tentukan lokasi yang akan ditanami rumput gajah.
Keruk tanah pada lokasi tersebut kira-kira sedalam 30 cm. Pengerukan perlu dilakukan jika dikehendaki pertumbuhan rumput nantinya rata dengan permukaan tanah lainnya.
Namun jika dikehendaki kontur tanah yang menyerupai berbukit, pengerukan tidak perlu dilakukan. Tanah kerukan jangan dibuang semua, sebab sebagian akan digunakan lagi.

● Tutup lahan yang telah dikeruk dengan pasir kali, kira-kira setebal 10 cm.
Penambahan pasir kali dimaksudkan agar permukaan tanah berpori, sehingga nantinya kondisi tanah tidak tergenang air. Sebab rumput gajah kurang tahan dengan genangan air. Rumput relatif lebih tahan pada kondisi kering.

● Diatas pasir tambahkan dengan tanah bekas kerukan tadi, kira-kira setebal 10 cm.
Sebarkan secara merata.

● Setelah itu tutup tanah dengan tanah merah, kirakira juga setebal 10 cm, sebar merata.

● Ketika semua lahan calon tanam sudah tertutup rata dengan tanah merah, sebarkan tipis-tipis pupuk kandang di atasnya.

● Siram dengan cukup air, namun jangan sampai menggenang.
Dapat dirasakan, tanah terasa lunak, sehingga bisa ditanami tanpa menggalinya.

● Rumput gajah mini – biasanya telah berupa potongan-potongan – kemudian ditanam diatasnya.
Caranya : tidak perlu menggali tanah, cukup dengan menekan potongan rumput gajah mini ke dalam permukaan tanah, sehingga akarnya sedikit masuk ke dalam tanah lunak.

● Setelah rumput gajah tertanam semua, injak-injak ( tidak perlu keras ) semua rumput gajah yang telah ditanam.
Maksudnya agar agar posisi akar rumput gajah lebih mencengkeram kedalaman tanah.

● Terakhir, siram kembali dengan air secukupnya.
Penyiraman rutin - sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari – masih diperlukan setidaknya selama seminggu, sehingga rumput gajah tidak kekeringan dan mati.

Lihat juga :

You may like these posts