Menggunakan TV Sebagai Monitor Komputer

Menggunakan TV Sebagai Monitor Komputer


Anda di rumah pasti mempunyai Televisi, paling tidak satu buah TV. Bahkan beberapa di antaranya, untuk kepuasan dan kenyamanan menonton memilih dan memiliki TV dengan ukuran besar.
Tapi pernahkah terfikirkan, jika TV layar besar yang dipunyai suatu saat juga bisa digunakan sebagai layar monitor komputer ? 

Dengan segala manfaat dan keterbatasannya, artikel ini akan menjelaskan bagaimana langkah dan cara-cara menggunakan Televisi sebagai monitor komputer . 


Pengetahuan Dasar 

Pada dasarnya anda dapat terhubung dan dapat memanfaatkan monitor komputer dari TV dengan menggunakan Windows, Mac atau komputer Linux.
Anda dapat melakukan hal ini baik dengan menggunakan kabel atau menghubungkan secara nirkabel.
Metode yang dipilih untuk menghubungkan keduanya tergantung pada seberapa kompatibel koneksi antara TV dan komputer (input dan output) serta berapa banyak uang yang ada untuk membeli perangkat tambahan.

Persiapan. 

Pastikan untuk menginstal driver terbaru untuk videocard komputer Anda.
Untuk men-download dan menginstalnya anda dapat ke website produsen dari videocard komputer Anda . Jika Anda memiliki kabel atau TV satelit, pastikan bahwa operator Anda menawarkan kotak kabel dengan DVI atau HDMI output.
Pertimbangkan juga bagaimana Anda akan menghubungkan suara / audio speaker computer.
Komputer biasanya memiliki soundcard speaker jack. 

Singkatan dan artinya
Video Graphics Array (VGA / XGA) 
Digital Visual Interface (DVI) 
Liquid Crystal Display (LCD) 
High Definition Multimedia Interface (HDMI) 
S-Video = Super-Video 
DLP = Digital Light Processing 
RGB: merah, hijau, biru (sinyal video) 
Digital Media Receiver (DMR) 

Cara Menghubungkan kabel komputer ke TV 

Jika Anda akan menghubungkan komputer ke TV dengan menggunakan kabel, Anda bisa mulai dengan mengidentifikasi input dan output di TV dan komputer untuk melihat apakah koneksi cocok.
Sebagai contoh, periksa untuk melihat apakah TV Anda memiliki input VGA dan komputer Anda memiliki output VGA. 
Jika iya, Anda hanya akan membutuhkan kabel untuk menghubungkan. 
Jika tidak, Anda mungkin perlu konverter sehingga komputer dan TV dapat berkomunikasi. Selanjutnya, mengidentifikasi jenis TV yang Anda miliki.
Apakah Anda memiliki TV analog atau digital TV? 
TV Analog akan memiliki input S-video. 
Televisi digital akan memiliki S-Video, Component Video, VGA (15-garpu), DVI (29 garpu), atau input HDMI. Sedangkan TV Plasma ( lihat juga Tips Praktis Perawatan TV Plasma ) , DLP, atau televisi LCD dan TV baru lainnya harus memiliki PC yang kompatibel input VGA. 

Cara Memulai

Mengidentifikasi koneksi input TV Anda. 

Kebanyakan TV memiliki tiga jenis dasar masukan. 1) Sebuah input kabel koaksial (input yang sama seperti yang digunakan untuk kotak kabel atau satelit) 2) Sebuah komposit masukan RCA (kuning, merah dan putih input) 3) Sebuah konektor input S-Video 

Mengidentifikasi koneksi output komputer Anda. 

Saat ini, produsen komputer umumnya menambahkan output TV yang kompatibel pada produk mereka, sehingga mudah untuk mengoneksikan computer dengan TV melalui "S-video" output.
Anda dapat dengan mudah membeli kabel S-video. Sebagian besar akan menemukan output VGA biasa. Yang terbaru, komputer multimedia mungkin akan memiliki semua output definisi tinggi yang terhubung langsung ke televisi High Density Anda (HDTV).
Namun, untuk saat ini, kita membahas pada jenis televise biasa. 

Pemilihan Kabel 

Hati-hati untuk tidak membeli kabel VGA murah di. Anda mungkin menemukan kabel VGA yang dijual murah yang terlihat seperti kabel VGA khas. Namun, yang satu ini tidak akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer ke komponen input video TV, kecuali yang RGB .
Format sinyal berbeda sehingga jangan tertipu bahkan jika koneksi fisik pada kabel ini cocok dengan VGA output dan komponen input video. kabel murah jenis ini biasanya digunakan untuk menghubungkan hal-hal seperti DVD player ke proyektor. 

Cari adaptor yang sesuai untuk koneksi 

Anda mungkin perlu memakai adaptor komputer untuk TV kabel, sehingga Anda dapat menghubungkan komputer Anda ke TV. Jika memiliki HDTV, Anda mungkin memerlukan VGA ke kabel komponen.
Kabel ini menghubungkan komputer Anda ke HDTV dan bertindak sebagai konverter. 

• Anda harus dapat menemukan PC / komputer untuk konektor TV yang memiliki adapter VGA di satu ujung dan (biasanya) pilihan konektor di sisi lain (S-video, RCA komposit dan komponen). 

Untuk melihat sambungan mana yang harus Anda gunakan dan koneksi secara rinci, dapat diihat pada daftar kombinasi koneksi terdaftar di situs ini:
http://www.addictivetips.com/hardware/how-to-connect-your-computerpc-or-laptop -to-your-tv /

Share this:

Disqus Comments