-->

Cara Mudah Mengetahui Bakso Yang Mengandung Daging Babi

Dunia kuliner, saat ini sepertinya sedang menghadapi cobaan yang bertubi-tubi. Mulanya muncul masalah daging celeng, lalu timbul masalah daging tikus. Belum lagi hilang, muncul lagi masalah kikil yang tidak layak konsumsi dan kikil yang berformalin. Dan kini malah muncul masalah bakso yang ditengarai mengandung daging babi.


Sebenarnya, penggunaan daging babi adalah tidak dilarang. Selama penggunaan tersebut dicantumkan secara terang-terangan. Dan hanya ditujukan untuk dikonsumsi oleh orang yang bukan muslim.
Hanya saja ketika penggunaan daging babi dalam bakso ini dengan sengaja dicampurkan dan disamarkan dengan daging biasa ( umumnya daging ) sapi, dan kemudian dijual agar dikonsumsi secara umum – dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sepihak sebanyak-banyaknya - ini baru menjadi masalah.
Hal ini bisa dikategorikan sebagai langkah penipuan.
Sebab perlu diingat, mayoritas masyarakat Indonesia adalah umat muslim yang memang diharamkan untuk mengkonsumsi daging babi.

Kasus-kasus mencampurkan dan menyamarkan daging sapi dengan daging babi sebenarnya sudah terjadi sejak lama dan sering terulang.
Hal ini dikarenakan, salah satunya adalah antara daging babi dan daging sapi memang cukup sulit dibedakan ketika sudah menjadi bahan makanan olahan. Terlebih jika pembeli tidak hati-hati dan jeli.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk membedakan antara daging sapi dan daging babi. Salah satunya bisa dilihat di bawah ini :


Khusus untuk bakso, cara mudah untuk mengetahui apakah bakso tersebut mengandung daging babi atau tidak dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :



1. Bau bakso

Bakso yang mengandung atau dicampur dengan daging babi baunya lebih amis daripada bakso yang hanya menggunakan daging sapi.

2. Tekstur bakso

Bakso yang mengandung daging babi biasanya bersifat lebih rapuh. Bakso dengan daging babi akan lebih mudah ditusuk bila dibandingkan dengan bakso sapi yang terasa lebih alot ketika ditusuk.

3. Serat bakso

Serat bakso yang mengandung daging babi juga akan terlihat dan terasa lebih kasar.

4. Rasa bakso

Bakso yang mengandung daging babi umumnya terasa lebih gurih bila dibandingkan dengan bakso daging sapi.

5. Dari harga bakso

Untuk porsi yang sama, harga bakso yang mengandung daging babi umumnya akan lebih murah dari bakso sapi.

Kelima cara di atas adalah cara awal untuk pengenalan terhadap bakso yang mengandung daging babi. Namun para produsen dan penjual yang nakal selalu punya cara untuk mengakali konsumennya.
Karena itu sikap waspada dan hati-hati tetap perlu.
Akan lebih aman jika jajan atau membeli bakso di tempat penjual yang sudah dikenal dan dapat dipercaya. Disarankan untuk menyimak juga :

You may like these posts