-->

Negara Inggris Menolak Vaksin Meningitis B. Ini Rahasianya

Berdasarkan catatan, di Inggris ada sekitar 1.870 orang yang terinfeksi oleh penyakit Menengitis B di setiap tahunnya. Dan dari jumlah tersebut, satu dari 10 orang yang menderita di antaranya meninggal dunia. Sedangkan satu dari empat orang penderita yang masih bertahan hidup menyandang dampak penderitaan sepanjang hidup, berupa terjadinya kerusakan otak ataupun kehilangan anggota badan.
Yang cukup memprihatinkan, sebagian besar korban yang terkena penyakit ini adalah anak-anak yang masih berada di bawah usia lima tahun. Yang menghadapi resiko terkena infeksi bakteri yang menyebabkan radang otak dan saraf tulang belakang.

Secara medis, Meningitis merupakan terjadinya suatu infeksi meninges atau selaput yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang. Penyebabnya ditengarai oleh adanya aksi Bakteri meningococcal yang bisa ditularkan melalui terjadinya kontak jarak dekat.
Bakteri Meningococcal ini sendiri tergolong biasa dan tidak berbahaya di hidung maupun tenggorokan satu dari 10 orang.
Namun setiap orang bisa terkena resiko terserang Meningitis, terutama pada bayi dan anak kecil di bawah usia lima tahun-lah yang paling beresiko.

Gejalanya dari penyakit Meningitis ini antara lain terjadinya panas tubuh yang tinggi namun pada tangan dan kaki dingin. Rasa sakit kepala, sampai muntah-muntah.

Menurut para ahli sebenarnya ada bebeberapa vaksin yang tersedia yang bisa digunakan untuk penyakit Meningitis ini. Namun vaksin yang dikembangkan oleh Novartis, konon merupakan satu-satunya vaksin yang dapat melindungi Meningitis B.

Inggris Tolak Vaksin Meningitis B> - Novartis
Namun sebagaimana dilansir dari laman BBC, tersiar kabar yang cukup mengejutkan tentang vaksin Novartis ini.
Dikabarkan, satu-satunya vaksin yang – diklaim - bisa mencegah infeksi meningitis yang mematikan malah disarankan untuk tidak digunakan di Inggris, seperti dinyatakan sebuah oleh komite.
Mengapa ?

Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi, JCVI, memberikan saran kepada pemerintah Inggris dengan mengatakan bahwa vaksin meningitis tersebut tidak efektif secara biaya dan sebaiknya tidak digunakan oleh layanan kesehatan nasional Inggris, NHS.

"Berdasarkan bukti yang tersedia, imunisasi rutin atas bayi dan anak-aak dengan menggunakan Bexsero kemungkinan besar tidak efektif secara biaya pada harga vaksin yang didasarkan dengan standar efektifitas biaya di Inggris sehingga tidak disarankan."

Diperkirakan vaksin produk Novartis itu efektif untuk 73% dari berbagai penyakit.
Bagaimanapun belum ada negara yang menggunakannya secara nasional sehingga bukti-bukti tentang efektifitasnya terbatas.
Lihat juga :