-->

Kran Berbahan Plastik Memang Tidak Bisa Diperbaiki

Pada artikel yang terdahulu telah dijabarkan secara lengkap tentang bagaimana memperbaiki kembali ball valve yang bocor atau rusak.
Lihat pada artikel :
Cara Rekondisi Kran Air Rusak Dalam 7 Menit.

Pada saat ini harga sebuah ball valve ( kran air ) memang relatif masih murah, sekitar beberapa puluh rupiah saja, meski sudah banyak dijual dan digunakan ball valve yang bernilai ratusan ribu rupiah.
Namun dengan naiknya harga-harga barang saat ini ( sedang upah naiknya tidak sebanding ) tindakan ini tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya untuk dilakukan.
Hitung-hitung menghemat pengeluaran. Dan bahkan bagi yang sedikit kreatif bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan, dengan membuka bengkel service kran misalnya.

Pada posting terdahulu, sepertinya sudah dijabarkan secara lengkap. Tetapi setelah diteliti kembali ternyata masih ada yang terselip dan ketinggalan.
Maka, katakanlah posting kali ini sebagai up-date nya. Sebagai awalan, bagi kebetulan yang belum begitu paham dengan apa dan bagaimana ball valve ini, paparan berikut ini mungkin bisa sedikit membantu anda.

Dari segi penampilan ball valve ada sedikit perbedaan dengan valve-valve lainnya.
Ada beberapa ciri ball valve yang dapat dikenali :

- Body valve pada bagian tengahnya sedikit lebih besar dan menggembung ( berbentuk bulat ).
Meski ada juga jenis valve lain yang berbentuk seperti ini. Tetapi umumnya valve ( kran ) lain umumnya berbody lebih ramping.

- Handle pembuka kran Handle pembuka pada ball valve berbetuk tuas panjang.
Dan untuk membuka kran dengan cara langsung menggesernya ke kiri atau ke kanan. Ini karena konstruksi “ball” yang bulat di tengahnya. Sehingga dengan cukup mengggeser tuas kran akan terbuka.
Sedang pada valve lainnya handle pembukanya dilengkapi ulir ( drat ) pada as-nya. Dan untuk membuka kran dilakuan dengan cara diputar, bukan digeser.

Di pasaran saat ini umumnya ada 2 jenis material yang digunakan sebagai body ball valve.

1. Ball valve yang bodynya terbuat dari bahan logam
Ball valve yang terbuat dari bahan logam ini umumnya ada 3 :
- Ball valve dari bahan kuningan.
Ini umumnya ball valve keluaran lama. Harganya sedikit lebih mahal, dan tahan karat

- Ball valve dari bahan logam cor atau cor yang dilapisi.
Ball valve ini lebih murah.

- Ball valve dari bahan stainless steel.
Ball valve ini lebih mahal karena kualitasnya jauh lebih baik dan tahan karat. Ball valve dari stainless steel ini biasanya yang digunakan di rumah-rumah mewah. Harganya bisa ratusan ribu sampai jutaan.

2. Ball valve yang bodynya terbuat dari bahan plastik
Ball valve berbahan plastik ini merupakan keluaran terbaru. Harganya jauh lebih murah. Tahan karat namun kurang kuat.

Pada bahasan yang terdahulu Cara Rekondisi Kran Air Rusak Dalam 7 Menit, yang dimaksudkan adalah untuk ball valve yang terbuat dari bahan logam.
Karena cara perakitannya memang menggunakan sambungan drat. Ini bisa direkondisi.
Sedangkan ball valve atau kran yang berbahan plastik memang tidak bisa diperbaiki atau direkondisi jika sudah bocor atau rusak.
Sebab ball valve yang berbahan plastik, konstruksi dan perakitannya secara terpadu ( compact ), sehingga memang tidak bisa dibongkar. Jika ball valve / kran yang berbahan plastik ini sudah bocor atau rusak memang harus dibuang. Karena ball valve / kran berbahan plastik memang tidak bisa diperbaiki.

You may like these posts