Cara Termudah Membuat Jebakan Lalat Dari Botol Bekas

Cara Termudah Membuat Jebakan Lalat Dari Botol Bekas


Karena alasan kesehatan, lalat merupakan salah satu binatang yang secara alami tidak disukai, selain nyamuk dan tikus. Disamping sangat berpotensi membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, lalat juga bisa membuat seseorang menjadi jijik. 
Simak juga :

Sebab kebiasaan lalat yang suka hinggap di kotoran, lalu dengan sesuka hati terbang dan pindah ke bahan makanan. Itulah sebabnya pula, lalat menjadi salah satu binatang yang paling disingkirkan dan diburu. 

Orang yang paling berkepentingan dengan masalah keberadaan lalat, umumnya adalah bagi mereka yang mempunyai warung makan atau restoran. Sebab adanya lalat, itu berarti bisa mengancam kenyamanan para pelanggannya. 

Di pasaran sebenarnya sudah banyak dijual alat atau sarana untuk mengusir dan atau menjebak lalat. Misal, ada yang memanfaatkan obat nyamuk, lem lalat sampai pada kertas lalat
Disamping menggunakan berbagai bahan di atas untuk mengusir dan menjebak lalat, sebenarnya bisa dengan mudah membuat jebakan lalat sendiri
Selain itu jebakan lalat buatan sendiri ini, dapat dibuat dengan sederhana dan mudah bahkan dengan bahan seadanya. Yaitu dengan menggunakan botol bekas.

cara membuat jebakan lalat dari botol bekasCara termudah Membuat Jebakan Lalat dari botol bekas dapat dilakukan dengan langkah berikut ini : 

- Cari dan persiapkan sebuah botol plastik bekas air minum dalam kemasan. 
Sebaiknya digunakan botol plastik air minum dalam kemasan dengan ukuran 1 liter. 

- Cuci dan bersihkan botol bekas air minum dalam kemasan tersebut 

- Lepas dan buang saja tutup botolnya 

- Potong badan botol air minum kemasan tersebut, kurang lebih 15 cm dari atas / tutup botol. 

- Potong selembar karton atau kardus atau kertas apa saja yang cukup keras. Bentuk kertas sehingga menjadi sebuah kerucut, kira-kira panjangnya sekitar 10 cm. Potong pada bagian pucuk kerucut sehingga berlubang, dengan diameter sekitar 1 cm. 

- Kemudian rekatkan kertas yang berbentuk kerucut berlubang tadi pada mulut botol dengan menggunakan lem Castol. 

- Persiapkan Methyl Eugenol. Kemudian ambil sepotong kapas. 

- Tuangi kapas tersebut dengan Methyl Eugenol, sehingga kapas menjadi lembab 

- Masukkan kapas yang telah dibasahi dengan Methyl Eugenol tersebut ke dalam botol bekas air minum dalam kemasan. Letakkan di dasar botol. 

- Bagian potongan botol yang bawah, yang berisi dengan kapas ber-Methyl Eugenol tersebut kemudian ditutup dengan potongan botol yang telah dipersiapkan diatas ( panjang ± 15 cm ) 

- Cara menutupan adalah posisi potongan botol yang bagian atas di letakkan dengan posisi terbalik. Sehingga mulut botol ( yang biasanya untuk minum ) sekarang posisinya berada di dalam badan botol. 

- Kemudian rekatkan sisi-sisi botol yang telah terpasang agar tidak lepas. Dalam hal ini bisa digunakan lakban atau isolasi. 

- Jebakan lalat dari botol bekas sudah siap digunakan 

Bagaimana cara menggunakan jebakan lalat yang terbuat dari botol bekas ini ?

Tempatkan botol jebakan lalat ini di tempat yang banyak lalatnya. Adanya Methyl Eugenol di dalam badan botol akan menarik lalat masuk ke dalamnya. 
Namun setelah lalat masuk ke dalam botol, maka ia akan sulit keluar. Sebab mulut botol berada di dalam sedangkan mulutnya telah ditempatkan kertas penutup berbentuk kerucut yang berlubang di pusatnya.

Simak juga :

Share this:

Menarik Untuk Dilihat :
Disqus Comments