-->

Cara Mengusir Tikus Yang Ampuh Namun Jarang Dilakukan

Di rumah anda ada tikus ?

Yakin, pasti ada. Sebab binatang pengerat yang satu ini memang “ tidak ade matinye”.
Padahal binatang ini benar-benar sangat menjengkelkan. Menghambat tumbuh giginya dengan mengerat setiap barang yang ditemuinya. Tidak peduli kayu sampai buku. Tidak peduli pakaian atau jemuran. Bahkan sampai kabel-kabel. Belum lagi bau dan kotorannya.
Dan tentu saja yang paling mengkhawatirkan adalah potensi penyakit pes.

Konon, kata orang, binatang pengerat ini mirip nyamuk. Kalau Cuma satu “sih” bukan masalah. Masalahnya adalah temannya yang begitu banyak.

Tapi yakin pula jika masing-masing dari anda tentu sudah punya cara tentang bagaimana untuk mengusir tikus ini dari rumah. Ada yang menggunakan cara mengusir tikus dengan memelihara kucing. Atau cara yang lainnya, misal : memasang jebakan, menggunakan lem tikus, racun tikus, atau bahkan peralatan elektronik pengusir tikus. Tapi hasilnya ?
Tikus tetap kembali lagi bukan ?
Sebab binatang ini benar-benar bandel. Istilahnya – ya itu tadi – “tidak ade matinye “. Sebab pula binatang ini termasuk singkat siklus reproduksinya. Dan sekali melahirkan bisa mencapai puluhan bayi tikus jumlahnya.

Disamping cara-cara mengusir tikus yang umum dikenal seperti di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara untuk mengusir tikus dengan hasil yang cukup ampuh.

Hanya masalahnya – dengan beberapa alasan – cara ampuh untuk mengusir tikus ini justru jarang dilakukan. Namun jika tetap ingin tahu, berikut di bawah ini adalah cara-caranya :

Mengusir tikus dengan bunyi-bunyian

Prinsip dasarnya sederhana. Disamping membenci bunyi jangkrik, kucing atua anjing, tikus juga tidak menyukai bunyi-bunyian yang terdengar asing baginya.
Caranya sesederhana prinsipnya.
Anda tinggal meletakkan barang yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Anda bisa gunakan mainan bekas atau apa saja. Yang penting bisa selalu mengeluarkan bunyi-bunyian.
Dijamin, tikus tidak akan betah lagi.
Ingin cara ini dengan hasil yang lebih ampuh lagi. Lakukan variasi.
Usahakan bisa menangkap seekor tikus. Kemudian ikatkan barang-barang yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian ke tubuh tikus. Lalu lepaskan tikus kembali.
Dijamin , tikus beserta temannya langsung menghilang semua.
Masalahnya adalah, cara ampuh ini seringkali dirasakan cukup berisik.

Mengusir tikus dengan Saus Cabai, Air dan Deterjen

Cara ini sangat gampang untuk dilakukan. Dan mungkin cocok bagi yang hobi berburu.
Caranya : campurkan saus cabai – cari yang paling pedas- dengan deterjen pakaian, larutkan dengan air lalu masukkan dalam botol spray. Langsung semprotkan ketika si tikus muncul. Syukur-syukur bisa terkena muka atau bokongnya.
Ditanggung, tikus akan kapok tak balik lagi.
Masalahnya adalah : cara ini – tentu saja – sangat repot.

Mengusir tikus dengan bubuk baking Soda

Cara ini prinsipnya adalah dengan membuat tikus tidak mampu bersendawa ataupun mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda ke dalam makanan yang sering dicuri tikus. Dan ketika tikus telah melahap makanan ini, ia tidak akan bisa mengeluarkan gas hasil reaksi cairan soda dengan asam di dalam perutnya. Kembung si tikus jadinya, hingga ia jera.
Masalahnya adalah : meski metode ini merupakan hasil penelitian dari para ilmuwan, cara ini memang belum populer.

Mengusir tikus dengan Peppermint (Daun mint)

Mudah caranya, cukup dengan beberapa ikat daun mint yang diambil sarinya dan dilarutkan ke dalam air. Larutan Peppermint (cairan mentol ) disemprotkan ke tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus. Ketika mengetahui tempat favoritnya dipenuhi bau Peppermint, dijamin rumah akan terbebas dari tikus. Sebab tikus memang sangat membenci aroma daun mint ini.
Atau jika ingin lebih ampuh lagi, tanam saja tumbuhan mint ini ( dalam pot ) dan letakkan di tempat-tempat lalu lintas tikus.
Masalahnya adalah : cukup susah mencari daun atau tumbuhan Peppermint.

Mengusir tikus dengan Ammonia

Tikus biasanya menandai “daerah kekuasaannya” dengan air kencingnya. Dengan menyemprotkan cairan Ammonia ke tampat yang dikunjungi tikus akan membuat tikus kehilangan daerah kekuasaannya. Sehingga tikus tidak berani datang kembali. Tikus akan cenderung mencari daerah teritori baru.
Masalahnya adalah : Ammonia mudah menguap dan baunya cukup mengganggu serta beracun bagi manusia.

Mengusir tikus dengan cara sadis.

Sesuai namanya cara ini cukup sadis.
Usahakan bisa menangkap seekor tikus. Lalu tempatkan dalam jebakan tikus, tapi jangan beri makan dalam beberapa hari. Maka tikus akan menjerit-jerit karena kelaparan. Dan ini akan menakutkan teman-temannya. Cara lainnya, namun ini lebih sadis.
Tangkap seekor tikus. Jahit duburnya. Lalu lepaskan kembali. Dijamin semua tikus akan kabur.
Masalahnya adalah : cara ini cukup repot.
Dan tentu saja, tidak berperi- ketikusan !

Siapa mau mau mencoba ?

You may like these posts