-->

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Tidak Bisa Berputar Atau Putaran Lemah

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Tidak Bisa Berputar Atau Putaran Lemah berikut mungkin bisa berguna bagi anda yang hidupnya “bergantung” pada kipas angin kesehariannya.

Sebagaimana diketahui, ketika “bumi makin panas’ maka kipas angin seperti sudah menjadi “kebutuhan pokok”.
Karena hari-hari sering terasa panas dan gerah, mau pakai kipas tradisional sudah males, mau beli AC kurang dana, maka menggunakan kipas angin menjadi pilihan utama.
Maklum saja karena dibandingkan dengan Air Conditioner alias AC, harga kipas angin memang jauh bedanya. Harga kipas angin sangat terjangkau oleh kebanyakan kantong masyarakat Indonesia.
Harga satu unit AC bisa mencapai jutaan rupiah, sedangkan hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah sudah dapat kipas angin yang bisa digunakan untuk ngadem kesehariannya.

Masalahnya adalah, karena harus bekerja sangat keras sebab begitu seringnya digunakan – ibaratnya 24 jam kipas angin hidup terus – maka sewaktu-waktu kipas angin menjadi rusak.
Dimana kerusakan yang terjadi pada kipas angin biasanya berupa kipas angin yang lemah putarannya atau malah kipas angin tidak bisa berputar sama sekali alias mati total.

Kebanyakan orang umumnya akan “mengistirahatkan” atau membuang kipas angin yang rusak seperti ini.
Padahal untuk memperbaiki kipas angin yang rusak, entah itu yang berupa putarannya yang lemah atau tidak bisa berputar sama sekali atau mati total sebenarnya tidaklah terlalu rumit.

Dengan mengetahui komponen atau bagian-bagian kipas angin dan cara kerjanya, dengan peralatan sederhana yang ada di rumah, anda sudah bisa memperbaiki kipas angin yang rusak ini hingga dapat digunakan kembali untuk ngadem ketika hawa panas dan gerah.
Karena itu untuk bisa memperbaiki kipas angin yang rusak, yang pertama sebaiknya mengetahui apa saja komponen atau bagian-bagian dari sebuah kipas angin.

Secara gampangan komponen atau bagian dari kipas angin terdiri dari :

1. Body atau badan kerangka kipas angin
Yang dimaksud body atau badan kerangka kipas angin disini adalah dudukan kipas angin, cover atau penutup, pengaman kipas dan kipas itu sendiri.
Body atau badan kipas angin umumnya terbuat dari bahan plastik, terkecuali pengaman kipas yang terbuat dari jeruji logam.

2. Sistem mekanis kipas angin
Kadang disebut sebagai “mesin” nya kipas angin.
Karena dari bagian inilah utamanya yang menjadikan sebuah kipas angin dapat berputar.
Yang disebut sebagai mesin kipas angin sebenarnya merupakan sebuah motor yang terdiri dari :
- rotor yang merupakan bagian yang berputar dan
- stator yang merupakan bagian yang tidak bergerak atau rumah rotor
Sistem mekanis kipas angin juga termasuk juga motor atau gigi penggerak yang menyebabkan kipas angin dapat menoleh ke kiri dan ke kanan.

3. Sistem kelistrikan kipas angin
Berupa sistem perkabelan kipas angin, capasitor dan tombol / saklar pengatur putaran kipas angin.
Ketika sebuah kipas angin rusak, baik berupa putaran yang lemah atau tidak bisa berputar sama sekali maka permasalahan yang sering terjadi adalah pada sistem mekanis atau pada sistem kelistrikannya yang terganggu atau tidak normal.
Maka untuk memperbaiki kipas angin yang rusak baik berupa putaran yang lemah atau tidak bisa berputar sama sekali maka, langkah perbaikan sebaiknya difokuskan pada hal tersebut.

Alat yang digunakan untuk memperbaiki kipas angin yang rusak :

1. Obeng plus atau obeng minus
2. Multitester
3. Lap atau kain bersih
4. Amplas jika perlu
5. Tang jika perlu
6. Isolasi hitam jika perlu

I. Cara memperbaiki kipas angin yang rusak, putarannya lemah :

1. Buka pengikat jeruji logam pelindung kipas angin dengan dengan obeng

2. Cek putaran kipas dengan mengayun kipas dengan tangan

3. Jika bagian kipasnya dapat berputar dengan ringan :
a. Jika bagian kipas dapat berputar dengan ringan – itu artinya tidak ada gesekan atau hambatan pada mesinnya – maka hampir dapat dipastikan bahwa kipas angin yang rusak.putaranya lemah ini disebabkan oleh Capasitornya yang lemah.
b. Maka untuk memperbaiki kipas angin putaran lemah ini bisa dibilang sangat mudah, yaitu dengan mengganti Capasitornya.
Harga sebuah Capasitor kipas angin biasanya tidak lebih dari 20.000 dua puluh ribu rupiah.
Ganti kapasitor lama yang lemah dengan kapasitor baru, kemudian lilit bagian sambungan kabel dengan isolasi agar tidak nyetrum.
Umumnya kipas angin dapat normal kembali.
c. Namun demikian, putaran kipas angin yang lemah terkadang tidak disebabkan oleh Capasitor yang sudah lemah, melainkan dikarenakan lilitan email yang memang sudah lemah.
Lilitan email yang sudah lemah ini dapat terjadi pada kipas angin yang sudah berumur ( lama dan sering digunakan ).
Pada kipas angin yang sudah berumur ( lama dan sering digunakan ) kerap kali isolasi ( vernis) pada emailnya – karena panas – sedikit terkelupas, terjadi induksi antar kawat yang menyebabkan putaran kipas angin lemah.
Kerap kali ditandai dengan bau gosong ketika kipas angin dihidupkan.
Pada kasus kerusakan kipas angin yang seperti ini mau tidak mau maka harus mengganti lilitan email ( stator ) dari kipas angin.

4. Jika bagian kipasnya tidak dapat berputar dengan ringan atau berat alias seret.
a. Jika bagian kipas tidak dapat berputar dengan ringan – itu artinya ada gesekan atau hambatan pada mesinnya – maka hampir dapat dipastikan bahwa kipas angin yang rusak.putaranya lemah ini disebabkan pada bagian “mesin kipas anginnya” alias bagian rotor – statornya.
b. Untuk memperbaiki kipas angin yang putarannya lemah karena hambatan atau gesekan di mesin kipas angin ( stator – rotor ) dapat dilihat pada posting berikutnya.

I. Cara memperbaiki kipas angin yang rusak tidak berputar sama sekali :

1. Buka bagian body atau dudukan kipas angin untuk mengecek system perkabelan kipas angin dengan melepas baut pengikatnya menggunakan obeng.
Kabel-kabel kipas angin biasanya dimasukkan ke dalam body atau dudukan kipas angin.

2. Cek koneksi kabel utama kipas angin ( kabel yang dapat sumber listrik ) putus atau tidak menggunakan multitester.Ini untuk memastikan apakah arus listrik masuk atau tidak.
Jika kabel ternyata putus- ganti dengan kabel baru – kipas angin dapat normal kembali.

3. Jika kabel utama baik, lanjutkan pada saklar pengatur putaran kipas angin.
Karena sering ditombol, saklar terkadang rusak.
Cek hubungan saklar dengan perkabelan pengatur putaran dengan multi tester.
Jika ternyata rusak, ganti dengan saklar baru, kipas angin normal kembali.
Lanjutkan juga untuk mengecek kabel-kabel lainnya, ada yang putus atau tidak.

4. Tetapi jika ternyata saklar baik, lanjutkan dengan cek Capasitor kipas angin.
Tekan tombol ON pada kipas angin.
Kipas angin yang tidak bisa berputar karena rusaknya Capasitor ditandai adanya suara dengungan ketika kipas angin dihidupkan ( tetapi tidak bisa berputar ).
Cara yang lebih akurat adalah dengan mengecek Capasitor menggunakan Multitester.
Dengan menggunakan Multitester dapat dipastikan apakah Capasitor masih baik atau tidak.
Pada kasus seperti ini, ganti dengan Capasitor baru, kipas angin normal kembali.

5. Namun apabila ternyata kapasitornya masih baik, maka kipas angin yang tidak berputar permasalahanya seringkali terletak pada statornya ( jarang terjadi pada rotor )
Pada kipas angin yang tidak bisa berputar sama sekali karena permasalahan pada stator umumnya dikarenakan ada lilitan kawat email yang putus.
Entah karena terbentur sewaktu dibersihkan atau karena memang sudah tua sehingga terbakar.
Pada kasus seperti ini maka untuk memperbaiki kipas angin yang rusak memang harus mengganti bagian stator ini.

Nah seperti itulah Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Rusak Tidak Bisa Berputar Atau Putaran Lemah.

Dengan cara ini anda bisa menghemat pengeluaran rumah tangga anda untuk perbaikan kipas angin atau malah beli kipas angin baru.
Lumayan.
Pada posting selanjuutnya akan dibahas tentang cara memperbaiki kipas angin yang rusak secara lebih detil per bagian.
Lihat juga :

You may like these posts