-->

Mengapa Ayam Jantan Selalu Berkokok Setiap Pagi ? Ini Jawabannya

Ada sebuah hal yang sangat sederhana, dan setiap orang pasti sudah mengetahui atau mendengarnya. Anda tahu bukan jika di setiap pagi hari, ayam jantan selalu berkokok, seolah menyambut terbitnya matahari.

Tetapi tahukah anda, apa sebabnya ayam jantan selalu berkokok setiap pagi hari ?
Bisa jadi, anda belum tahu sebabnya.

Meski sepertinya hanya terlihat sebagai sebuah kebiasaan belaka atau sesuatu yang memang alamiah, ternyata “kebiasaaan” ayam jantan berkokok di setiap pagi hari jawabannya malah sangat ilmiah.

Dan jawaban ilmiah tersebut :berani” disimpulkan setelah dilakukan penelitian.

Dan jawaban ilmiahnya adalah ayam jantan berkokok di pagi hari sebab hal tersebut ada kaitannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan ( ternyata ayam memiliki “alarm” juga, ya ).

Sebagaimana dilansir dari earthsky.org, ayam jantan berkokok karena mempunyai suatu jam internal, yang membantunya mendahului terbitnya matahari dalam menjalani siklus hariannya, sebagaimana laiknya seekor burung yang bernyanyi.

Dari penelitian disimpulkan juga bahwa ternyata hampir semua binatang mempunyai sebuah siklus harian dari aktivitasnya yang dikenal dengan nama ritme sirkadian.
Ritme sirkadian adalah suatu ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam.

Tetapi mengapa ayam jantan berusaha mendahului terbitnya matahari ?

Ayam jantan “merasa perlu” mendahului terbitnya matahari untuk mengawali aktivitas berburu makanan sehari-hari, Dan juga sebagai tanda pertahanan wilayah.
Ayam jantan yang berkokok saat matahari terbit adalah suatu cara untuk "membangun daerah kekuasaannya".
Ketika berkokok, maka berarti ayam jantan sedang dia mengirimkan sinyal peringatan ke ayam jantan lainnya, bahwa jika sampai berani melanggar, itu artinya menantang untuk bertarung.

Itulah sebabnya jika tetangga mempunyai juga ayam jantan, dan memiliki jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, maka hal ini bisa merangsang ayam jantan lainnya untuk berkokok lebih awal juga.

Lihat juga :

You may like these posts