-->

Ini 10 Keunikan Candi Prambanan Yang Akan Memikat Wisatawan

Ketika prospek wisata Bali diperdebatkan akibat pernyataan Australia yang akan memboikot dan memberi travel warning pada warga negaranya agar tidak berwisata ke Bali, tiba-tiba terpetik pikiran untuk membuat artikel tentang potensi wisata yang unik dan elok lainnya selain Bali.
Dan hal ini mungkin sejalan dengan apa yang dinyatakan oleh para ahli dan pengamat wisata di Indonesia yang menanggapi pernyataan tersebut dengan pernyataan – yang jika diungkapkan dengan bahasa gaul – “emang gue pikirin ? Toh wisatawan tidak hanya dari Australia saja. Lagian obyek wisata di Indonesia juga tidak hanya Bali saja, masih ada begitu banyak obyek wisata yang elok lainnya”.
Begitu kira-kira.
Karena itu yakin pula, Keunikan dan Keelokan Candi Prambanan Pasti Bisa Memikat Wisatawan Asing selain dari Australia.

Keunikan dan Keelokan Apa saja yang ada dan dapat dinikmati di Candi Prambanan ?

Pertama,

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia, bahkan juga di asia Tenggara. Karena itu candi ini dimasukkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.


sumber : wikipedia
Kedua,
Tidak ada sebuah candi-pun di dunia yang dibangun hanya dalam 1 malam, selain candi Prambanan.
Itupun yang membangun, bukan manusia. Melainkan bangsa jin dan para dedemit yang berasal dari dalam bumi.
Meski hal ini hanya merupakan sebuah cerita rakyat, legenda, forklor atau mitos namun hal ini justru menambah keunikan dan daya tarik dari candi Prambanan ini.

Ketiga,
Meski “hanya dibangun dalam 1 malam” jumlah candi yang ada di komples Candi Prambanan, luar biasa jumlahnya.
Yaitu total aslinya sebanyak 240 candi. Bayangkan 240 candi.
Dengan rincian :
- 3 Candi Trimurti: candi Siwa, Wisnu, dan Brahma
- 3 Candi Wahana: candi Nandi, Garuda, dan Angsa
- 2 Candi Apit: terletak antara barisan candi-candi Trimurti dan candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan - 4 Candi Kelir: terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam atau zona inti
- 4 Candi Patok: terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona inti
- 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44, 52, 60, dan 68
Maka terdapat total 240 candi di kompleks Prambanan.
Belum lagi dengan jumlah arca Rara Jonggrang yang sebanyak 999 buah dan jadi 1000 buah dengan Rara Jonggrang sendiri.

Keempat,
Menurut prasasti Siwagrha nama asli dari candi Prambanan adalah Siwagrha (bahasa sansekerta yang bermakna: 'Rumah Siwa').
Dan memang di garbagriha (ruang utama) terdapat arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Namun meski candi Prambaban didedikasikan pada Dewa Syiwa, uniknya, dewa-dewa utama. Brahma dan Wisnu tetap memiliki candi tersendiri, yaitu candi Trimurti. Dan nama Prambanan merupakan nama dari desa tempat candi itu berada.


Sumber : wikipedia
Kelima,
Candi Prambanan sering dianggap sebagai sebagai tandingan candi Borobudur yang beragama Budha, dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan.
Para sejarawan (lama) menduga pembangunan candi Prambanan dilakukan untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya atas Jawa.
Sebab diduga ada sebuah persaingan, wangsa kembar yang berbeda keyakinan yaitu wangsa Sanjaya penganut Hindu dan wangsa Sailendra penganut Buddha ( Candi Borobudur ).

Keenam,
Dalam proses pembangunannya, Candi Prambanan bahkan sampai memindahkan sebuah aliran sungai, yaitu Sungai Opak. Karena dianggap berpotensi berbahaya dengan alirannya yang terlalu dekat dengan area kompleks candi.

Ketujuh,
Candi Prambanan ternyata pernah begitu terlantar dan ditelantarkan.
Awalnya karena pusat kerajaan dipindahkan oleh Mpu Sindok ke Jawa Timur. Kemudian candi Prambanan ini benar-benar runtuh akibat gempa bumi yang hebat pada abad ke-16.
Belum lagi dengan adanya penjarahan pada masa kolonial Belanda, Arca-arca dan relief candi diambil orang Belanda untuk dijadikan hiasan taman, sedangkan batu candi diambil warga pribumi untuk bahan bangunan dan pondasi rumah.
Candi Prambanan kembali mengalami kerusakan hebat pada tahun 2006 akibat diguncang gempa bumi dengan kekuatan 5,9 pada skala Richter.

Sumber : wikipedia
Kedelapan,

Lambang Negara Indonesia, Garuda Pancasila, konon tercipta karena terinspirasi oleh kompleks candi Prambanan ini.

Dalam kompleks candi Prambanan terdapat salah satu Candi pendamping yang cukup memikat yaitu Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu.
Candi ini melukiskskan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang.
Selain Indonesia Negara lainnya yang menggunakan lambang Garuda adalah Thailand, meski diadaptasi dengan bentuk dan penampakan yang berbeda, dinamakan Krut atau Pha Krut.

Kesembilan,
Selain keberadaan Garuda, pada kompleks candi Prambanan terdapat sebuah relief yang kemudian dipergunakan sebagai simbol dan penghargaan Lingkungan Hidup saat ini, yaitu relief pohon Kalpataru. Pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Pada Candi Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa.
Dengan keberadaan pohonKalpataru ini menjadikan para ahli menganggap bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya telah memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya, sejak dulu.

Kesepuluh, …
Wah ternyata sudah banyak ya.
Padahal Keunikan dan Keelokan Candi Prambanan lainnya yang belum tertulis ternyata masih banyak juga. Jadi, Insya Allah akan disambung di lain waktu pada artikel terusannya.
Untuk sementara yang satu ini juga tidak kalah elok dan menariknya :

You may like these posts