-->

5 Hal Unik Dari Rusia Yang Paling Terkenal Di Dunia

Apa yang paling terkenal dari Rusia ?

Secara otomatis orang biasanya langsung menyebut “beruang”. Sebab negara yang dulunya bernama Uni Sovyet ini juga dikenal dengan sebutan “negara beruang merah”.
( Padahal beruang dari Rusia sebenarnya tidak berwarna merah ).
Baru setelah itu baru menyebut “Vodka”, kemudian yang tidak ketinggalan senapan mesin legendaris Kalashnikov atau AK-47.

Selain ketiga hal di atas lalu apa saja hal-hal dari Rusia yang paling terkenal di dunia ?

Ini dia 5 Hal Dari Rusia Yang Paling Dikenal Dunia


1. Beruang ( Rusia )

Beruang-beruang yang hidup di Rusia sebenarnya tidak “seheboh” dengan sebutannya.
Beruang Rusia menjadi begitu terkenal gara-gara sebuah kejadian di abad pertengahan.
Pada awal abad ke-16, seorang diplomat asal Carniola – sebuah daerah di Slovenia – yang bernama Sigmund Herberstein kebetulan mengunjungi Kaisar Agung Moskow Vasiliy III, sebagai duta besar.
Saat itu Rusia sedang diserang wabah kelaparan yang begitu hebat, sehingga para beruang pun bahkan masuk dan mencari makan di dalam kota Moskow.
Herberstein inilah yang kemudian menuliskan kejadian ini dalam sebuah tulisannya yang berjudul “Rerum Moscoviticarum Commentarii” (Catatan Tentang Kerajaan Moskow).
Dan sejak saat itu pula muncul legenda, tentang adanya beruang yang suka berlalu-lalang di kota-kota Rusia.

2. Vodka



Vodka pertama kali muncul pada abad ke-19, tepatnya setelah peristiwa revolusi tahun 1917. Setelah revolusi barulah para emigran Rusia memperkenalkan minuman keras ini ke mancanegara.
Uniknya, minuman keras khas rakyat Rusia ini malah menjadi sangat populer di Amerika Serikat di tahun 1950 ( yang nota bene merupakan musuh besarnya waktu ).
Saat ini, Vodka menjadi minuman yang menarik bagi turis yang makan dan minum ketika berkunjung di restoran-restoran Rusia.

3. Senapan mesin Kalashnikov – AK 47

Senapan mesin legendaris ini dinamakan sesuai dengan nama pembuatnya Sersan Kepala Mikhail Kalshnikov. Sedangkan kode “47” mengacu kepada tahun senapan mesin ini dibuat, yaitu 1947.
Senapan ini menjadi begitu terkenal karena ketika tahun 1964, digunakan tentara Vietnam untuk melawan AS dalam Perang Vietnam, begitu tangguh dan tidak pernah macet.
Saat ini tercatat Kalashnikov AK-47 merupakan salah satu jenis senapan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.
AK-47 semakin melegenda ketika beberapa negara di Afrika bahkan menggunakan gambar senapan mesin ini pada gambar bendera negaranya.
Selain itu, banyaknya musisi rap yang mengelu-elukan senapan ini dalam lagunya menjadikan nama AK-47 semakin melambung di dunia.

4. Musim dingin di Rusia

Rusia sering diidentikkan sebagai negara yang beriklim dingin dan selalu diselimuti oleh salju. Terlebih lagi sejarah beberapa kali mencatat, gara-gara musim dingin di Rusia menyebabkan musuh-musuh mereka gagal melakukan invasi ke negara ini.
Bahkan karena dianggap sebagai “kedinginan yang mencekam” dijuluki “Jenderal beku” atau “Jenderal musim dingin” ketika Napoleon berusaha menginvasi Rusia.
Uniknya filsuf Nikolay Federov secara radikal malah menawarkan pemindahan ibukota ke pesisir Samudera Arktik dan menjadikan konsep dingin sebagai idealisme nasional.
Padahal sebenarnya salju di Rusia tidak turun sepanjang tahun. Hanya saja musim dingin Rusia memang relatif lebih panjang bila dibandingkan musim dingin pada umumnya.

5. Sirkus Rusia

Siapa yang tidak kenal dengan sirkus Rusia. Sebab Rusia memang dikenal sebagai negara yang memiliki atraksi sirkus yang terbaik dunia. Baik pada badutnya, aksi akrobat terbaik, sampai beruang sirkus yang terbaik.
Bahkan konon di Jepang, jika berbicara tentang kata Sirkus, selalu dihubungkan dengan Rusia.
Uniknya, pada abad ke-16, Uskup Swedia Olaf Magnus pernah mencurigai para pawang beruang sirkus yang tampil di Eropa tidak lain adalah mata-mata Rusia.
Sirkus juga pernah menjadi salah satu tempat penanaman investasi dalam jumlah yang besar ketika negara ini masih bernama Uni Sovyet.

Lihat juga :

You may like these posts