-->

Mengapa Minum Es Terasa Lebih Segar ? Ini Rahasianya

Tahukah anda, mengapa ketika minum es ( air es ) badan anda akan terasa lebih segar bila dibandingkan ketika anda minum air biasa ? Apa penyebabnya ?

Simak tuntas penjelasan artikel ini, anda akan tahu rahasianya.
Karena berbagai alasan, antara lain alasan kesehatan, sebagian orang menghindari dan tidak berani minum es atau minuman yang bercampur dengan es.
Namun bagi sebagian orang lainnya, minuman es justru merupakan sebuah “minuman wajib” baginya. Ibaratnya, jika belum minum minuman es, belum benar-benar minum.
Karena bagi sebagian orang ini, begitu minuman es, badannya terasa lebih segar. Seolah rasa dahaga terpuaskan saat itu juga.
Terutama ketika musim panas atau setelah berpanas-panasan di jalan raya sepanjang hari. Terlebih lagi jika minum es dilakukan ketika berbuka puasa.
Seperti yang dilakukan banyak orang ketika menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan kemarin. Begitu berbuka, langsung minum es. Seketika badan segar kembali rasanya.

Sehingga kemudian, bahkan banyak yang lupa untuk makan berbuka puasa ( karena perut sudah terasa kenyang, karena banyaknya minuman es yang telah diminum ).

Tapi tahukah anda, mengapa ketika minum es badan terasa lebih segar ?

Apakah karena akibat dari rasa dingin yang ditimbulkan yang kemudian menjalar dalam tenggorokan ? Ataukah karena sebab-sebab lainnya ?

Yang lebih tepatnya adalah, badan seseorang bisa menjadi lebih segar setelah minum es, sebab di dalam air es mengandung kadar Oksigen ( O2 atau zat asam ) yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan air biasa. Sebagai gambaran yang sederhana, pada suhu 30 º C, maka kelarutan Oksigen di dalam air akan berkurang sebanyak separuhnya ( 50 % ) jika dibanding kelarutan Oksigen di dalam air es ( 0º C sampai 4º C ).

Mengapa demikian ?

Sebab dengan naiknya suhu air, maka gerakan molekul air akan menjadi lebih cepat. Sehingga akan menghancurkan struktur hexagonal dan melepas Oksigen yang terperangkap.
Akibatnya, kelarutan Oksigen dalam air menjadi turun. Dan semakin tinggi suhu air maka akan semakin banyak oksigen yang terlepaskan.
Bahkan ketika suhu air mencapai suhu kritisnya, yaitu titik didih air pada suhu 100 º C, kelarutan Oksigen dalam air akan menjadi NOL.
Dimana, kandungan Oksigen terlarut dalam air dapat diketahui dengan melakukan Uji Dissolve Oxygen ( DO ).

Tetapi, mengapa ketika kandungan Oksigen yang terlarut dalam air lebih tinggi bisa berakibat pada rasa badan lebih segar.
Harap diingat, Oksigen merupakan unsur teramat vital yang diperlukan tubuh manusia. Betapa hebatnya, betapa kuatnya kondisi tubuh manusia, tanpa adanya oksigen maka ia akan langsung game over. Anumerta. Almarhum, Inna Lillahi…Tamat riwayatnya.

Ketika Oksigen yang masuk ke dalam tubuh manusia semakin banyak, maka aliran darah lebih lancar, distribusi nutrisi dalam tubuh jadi bebas hambatan, syaraf dan reflek menjadi lebih cepat.
Dan ketika semua hal di atas terjadi, maka tubuh akan terasa lebih segar.

Jadi yang membuat minum es bisa menjadikan tubuh terasa lebih segar, itu bukan karena hawa dingin yang ditimbulkan oleh es, melainkan karena kandungan oksigen ( terlarut ) yang terdapat di dalam air es lebih tinggi.

Yang ini juga sangat menarik :

You may like these posts