-->

Teknik Tata Cahaya Mudah Untuk Memperindah Rumah

Sebuah pasangan keluarga yang memiliki rumah, tentu menginginkan rumah tempat tinggal mereka tampil dan tampak cantik dan indah. Baik itu di siang hari ataupun di malam hari khususnya. Berbagai upaya dan cara dilakukan untuk tujuan ini.
Umumnya adalah melalui design dan tata bangunan, pengaturan komposisi dan memilih warna cat rumah, pertamanan, sampai dengan menambahkan beberapa asesories rumah lainnya. Namun ternyata, kebanyakan pemilik rumah sering lupa dan atau mengabaikan salah satu cara sebagai upaya untuk mendapatkan tampilan rumah yang cantik dan indah ketika membangun rumah mereka.

Padahal cara ini sebenarnya sangat mudah, sederhana dan sangat murah.
Tata cahaya Untuk Rumah.

Masyarakat umumnya belum begitu familiar dengan apa itu tata cahaya pada rumah. Biasanya, masyarakat mempergunakan pencahayaan, difungsikan hanya untuk menerangi sebuah rumah atau ruangan ( ruangan tertutup atau ruangan terbuka ) saja. Artinya, yang penting, nyala dan terang.
Padahal jika mau melihat dan membandingkan, dengan mengatur sebuah pencahayaan ternyata bisa memiliki peranan dan fungsi tersendiri.
Contoh yang paling mudah bisa dilihat pada bangunan-bangunan komersial. Hotel atau restoran-restoran misalnya. Dimana dengan konstruksi dan design yang terkadang sederhana, namun dengan mengatur tata cahaya dan pencahayaan yang tepat, menjadikan tempat-tempat tersebut mampu menyiratkan nuansa dan suasana tertentu.

Untuk itu ada baiknya jika mengetahui teknik tata cahaya tersebut. Karena dengan mengetahui dan melakukan teknik tata cahaya dan pencahayaan, anda dapat “menyulap” tampilan rumah anda menjadi lebih indah, khususnya.

Dan berikut adalah Teknik Tata Cahaya Mudah Untuk Memperindah Rumah yang bisa anda gunakan :

● Teknik Tata Cahaya Umum atau General Lighting

Sesuai namanya, teknik tata cahaya umum atau General Lighting atau sering disebut juga dengan ambient lighting merupakan tata cahaya yang difungsikan untuk menerangi keseluruhan ruangan.
Tata cahaya jenis ini harus bisa membuat para penghuninya melihat segala sesuatu yang berada di dalam ruangan dengan jelas.
Pada aplikasinya, tata cahaya General lighting ini dapat memanfaatkan down light, lampu gantung, lampu pada plafon langit-langit, dan sebagainya.
Faktor yang sangat mempengaruhi tata cahaya General Lighting ini antara lain luasan ruangan, pilihan warna ruang, sampai pada dekorasi yang digunakan. Keseluruhan hal tersebut akan sangat memengaruhi berapa besar intensitas cahaya yang diperlukan.
Untuk panduan yang mudah ada baiknya jika juga memanfaatkan beberapa lampu yang dapat diatur ( dimmer ) , sehingga anda dapat menyesuaikan intensitas cahaya yang diperlukan.

● Tata Cahaya Task Lighting

Tata cahaya Task Lighting fungsi dasarnya untuk memberikan lebih banyak tambahan cahaya pada area tertentu, dibanding cahaya di sekitarnya. Task lighting atau tata cahaya terarah difungsikan untuk tujuan yang tertentu.
Lampu meja misalnya merupakan salah contohnya. Lampu meja yang diletakkan di ruang kerja bisa memberikan itensitas cahaya tambahan yang memang dibutuhkan ketika membaca buku atau surat kabar.

● Tata cahaya Decorative Lighting

Tata cahaya decorative lighting atau tata cahaya dekoratif atau disebut juga focal lighting membutuhkan jenis lampu yang mepunyai bentuk-bentuk yang menarik. Sekaligus juga yang bisa memberikan karakter bagi sebuah ruangan yang akan diteranginya.
Karena fungsi dasar dan tujuan dari tata cahaya ini adalah decoratif. Aplikasi untuk tata cahaya jenis ini bisa memanfaatkan light strip, lampu gantung, chandelier, atau juga lampu dinding.

● Tata cahaya Accent Lighting

Tata cahaya ini difungsikan khusus untuk menyoroti bagian-bagian tertentu di dalam ruangan. Misalnya untuk menyorot sebuah lukisan, ukiran dinding, taman atau tanaman indoor , atau barang-barang seni berharga lainnya. Namun tata cahaya accent lighting ini juga bisa dimanfaatkan untuk menonjolkan tekstur tertentu, seperti konstruksi dinding atau tirai.
Tata cahaya ini adalah teknik pencahayaan dengan aksen ( hampir mirip dengan pencahayaan terarah) namun harus mampu menampilkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik.
Tata cahaya accent lighting ini paling tidak membutuhkan 3 kali lebih banyak cahaya pada titik fokus dibanding pencahayaan di sekitarnya.
Anda bisa memanfaatkan , lampu canister, track light, ataupun lampu dinding untuk membuat pencahayaan beraksen.

Nah cobalah gunakan tata cahaya mudah tersebut di atas untuk memperindah rumah anda.

Silahkan mecoba, semoga bermanfaat.