-->

Rumah Idaman Murah, Bangun Rumah Sendiri

Ini adalah yang pertama kali yang harus anda putuskan.
Bangun rumah anda sendiri !
Ketika kali pertama berniat memiliki rumah, banyak keluarga, terutama pasangan baru yang “ begitu tergoda “ untuk memilikinya dengan cara membelinya dari para pengembang.

Ada berbagai alasan mengapa mengapa cara ini dipilih.
Mulai dari segi kepraktisan, pemilihan lokasi, lingkungan dan sarana, ketersediaan dana, sampai alasan prestise. Masing-masing tentu saja mempunyai segi positif atau negatif.

Alasan yang paling umum dan mayoritas adalah dengan dana yang terbatas, sebuah keluarga dapat memiliki rumah, jika membelinya dengan system kredit dari pengembang. Meski alasan ini dapat diterima, namun tidak seluruhnya benar.

Dengan dana yang terbatas, anda juga dapat memiliki sebuah rumah dengan membangunnya sendiri.

Dan, satu hal yang harus dan selalu diingat adalah : memiliki rumah dengan membeli perumahan dari para pengembang, sebenarnya akan selalu lebih mahal jika dibandingkan dengan membangun rumah anda sendiri !

Hal ini adalah sangat logis. Karena para pengembang perumahan ( developer ), menyediakan rumah untuk dibeli hanya dengan satu alasan.
Yaitu alasan ekonomis ( mendapatkan untung ).
Artinya, tidak ada satu pengembang pun yang mau rugi. Sehingga sangat logis pula jika harga untuk kepemilikan rumah menjadi lebih tinggi.

Dengan membangun rumah sendiri, maka anda dapat mengatur ( bahkan menekan ) dana yang akan anda gunakan. Lagi pula, anda juga akan mendapatkan rumah dengan design dan kualitas seperti yang anda idamkan. Mudahnya fasilitas kredit perumahan yang diberikan oleh beberapa bank pada saat ini juga akan sangat membantu anda dalam masalah pendanaan.

Maka ketika anda menginginkan untuk memiliki sebuah rumah indah idaman yang murah, pertama kali yang harus anda putuskan dan lakukan adalah dengan membangunnya sendiri.


Dan ketika anda telah memutuskan untuk membangun rumah sendiri. Maka langkah lanjut kedepan adalah juga harus mempertimbangkan bagaimana anda akan memilih dan mempergunakan tenaga kerja untuk membangun rumah anda.
Karena meski terkadang kurang diperhitungkan, kebutuhan biaya tenaga kerja ini ternyata cukup menyita anggaran anda nantinya.

You may like these posts