-->

Trik Praktis Agar Sepeda Motor Matic Tidak Boros Bahan Bakar

Perkembangan teknologi otomotif pada akhirnya melahirkan sistem transmisi motor matic.
Meski beberapa orang masih menyukai menggunakan sistim transmisi konvensional, karena dianggap “lebih bertenaga”, karena gempuran iklan dan promosi yang diluncurkan oleh produsennya, perlahan-lahan para pengguna mulai menoleh dan meminati motor matic ini.
Terlebih lagi dengan perkembangan trend otomatif anak muda saat ini.
Saat ini motor matic lebih menjadi pilihan utama, disamping karena mengikuti perkembangan trend dan mode, motor matic memang dianggap lebih praktis dibanding dengan motor transmisi konvensional.
Ditunjang dengan model aerodinamis dan futuristik yang terus dikembangkan pada setiap rilisan barunya.

Masalahnya adalah, sepeda motor dengan sistem transmisi matic ini ternyata lebih boros penggunaan bahan bakarnya bila dibandingkan dengan motor konvensional atau bebek biasa.

Bagi anak muda atau pengguna dalam kota, masalah ini mungkin tidak terlalu memusingkan kepala. Tetapi lain masalahnya bagi mereka yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi yang utama, pekerja penglajo misalnya.
Masalah kendaraan bermotor yang boros bahan bakar akan menjadi problem besar baginya.
Ini karena harga BBM yang terus menerus membumbung naik, sedangkan upah pekerja naiknya segitu-gitu saja. Tidak ada kesetimbangan antara keduanya.
Sehingga jika keborosan ini dibiarkan begitu saja, akan bisa menjadikan bahan bakar sebagai pos terbesar untuk pengeluarannya.
Lihat juga :
> Langkah Hemat Ketika Bensin Naik

Keborosan bahan bakar pada sepeda motor matic, sebenarnya merupakan suatu hal yang lumrah ( dan itu “seharusnya” terjadi.

Masalahnya adalah pada Motor matic pemborosan bahan bakar terjadi disebabkan karena oleh jumlah gear yang digunakan pada motor matic memang lebih banyak daripada motor bebek konvensional.

Pada sepeda motor bebek konvensional mempunyai sistem persneling yang dapat mengatur laju putaran mesin, RPM (Rotasi Per Menit), sehingga memungkinkannya untuk dapat menghemat bahan bakar. Sedangkan pada sepeda motor matic tidak.
Motor matic yang tidak mempunyai sistem persneling, sehingga akan lebih sulit untuk melakukan penghematan baban bakar melalui pergantian sistem gear.

Nah karena sepeda motor matic memang sudah bawaan dari sononya untuk lebih boros bahan bakar, dibandingkan dengan sepeda motor konvensional, maka penguna haruslah pintar-pintar mengakalinya.


Dan berikut adalah beberapa trik praktis agar motor matic anda lebih hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar :

Pilih pelumas atau oli mesin yang cocok untuk motor matic

Masalah pelumas atau oli bisa merupakan hal yang menentukan terhadap keborosan mesin.
Dengan tidak adanya sistem transmisi persneling, kerja motor matic akan lebih berat dibandingkan dengan sepeda motor bebek konvensional, terlebih pada perubahan kecepatan yang cepat dan mendadak. Terjadinya gesekan mesin yang tinggi akibat pemilihan pelumas atau oli yang tidak cocok akan membuat mesin lebih cepat panas dan gas lebih berat.
Jika hal tersebut dibiarkan terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros penggunaannya. Memilih pelumas atau oli yang baik akan sangat mempengaruhi tujuan ini.

Jangan abaikan service rutin kendaraan

Melakukan service yang rutin dan teratur juga akan sangat berpengaruh terhadap keborosan mesin.
Service dan membersihkan karburator, utamanya. Sebab onderdil yang satu inilah yang paling bertanggung jawab atas kesempurnaan pembakaran dengan mengatur komposisi udara dan bahan bakar yang masuk pada ruang bakar, sehingga akan ikut juga mengatur boros tidaknya motor matic Anda.

Berkendaralah dengan baik dan benar

Artinya janganlah terlalu sering melakukan tarikan-tarikan atau pengereman yang mendadak. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang stabil juga akan membantu penghematan bahan bakar anda. Jika terlalu sering bermain-main dengan gas, main kebut dan banyak rem, jelas bahan bakar akan lebih cepat habis. Karena bahan bakar yang dibutuhkan saat menarik gas dengan kencang untuk akselerasi akan lebih besar. Kecepatan yang ideal adalah 60 km /jam, dalam keadaan stabil.

Nah itulah beberapa cara yang praktis untuk menghemat konsumsi BBM motor matic anda.

Ketika harga BBM makin tinggi dari ke hari, maka melakukan beberapa tindakan sederhana - namun bermanfaat - seperti di atas, sepertinya tidak ada salahnya.
Selamat mencoba.

You may like these posts