-->

7 Langkah Ampuh Menghemat BBM Di Saat Harga Bensin Naik

Seperti yang banyak diprediksikan – meskipun demo dan unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM marak dan terus berlangsung – harga bensin tetap akan dinaikkan.
Dan itu terbukti, untuk kesekian kalinya harga BBM naik lagi.

Memang jika dilakukan perbandingan dengan beberapa Negara lain serta dilakukan hitung-hitungan di atas kertas, langkah menaikkan harga BBM adalah suatu langkah yang logis dan masuk akal.
Namun sangat beda kenyataannya, antara hitung-hitungan di atas kertas dengan kondisi di lapangan.
Di atas kertas dikatakan masuk akal tapi di lapangan masyarakat kecil sampai kehilangan akal.

Lihat saja, ketika baru diaba-aba saja untuk naik harga, masyarakat sudah pontang-panting. Antrian bensin mengular, pasar-pasar dan jualan sepi, angkutan kosong dan yang paling repot, belum-belum harga sembako merangkak naik duluan. Pusing ?

Itu belum seberapa, karena setelahnya diprediksi akan
- terjadi inflasi 1 – 2%,
- harga sembako naik melonjak 15 – 20 %
- harga property akan naik 3 – 5 %
- ongkos angkutan naik melonjak 30 – 35 %
- harga makanan naik melonjak 1 – 15 %

Namun meski harus pusing tujuh keliling, nyata nya harga BBM tetap dinaikkan. Dan itu fakta yang harus diterima. Maka tidak ada gunanya menyesali dan meratapi. Sebaliknya, masyarakat sebaiknya mulai berpikir ulang untuk mulai berhemat dalam mengkonsumsi BBM.

Ini tidak berarti mendukung keputusan tersebut, namun apapun situasinya adalah lebih baik untuk berpikiran positip dari pada pesimis dan berpikiran negatif.

Jika berkendara memang bagian tak terpisah dari kehidupan anda ( misal : penglajo antar kota ) , mari kita coba berhemat bersama-sama. Ada beberapa tips untuk mulai menghemat BBM kendaraan anda :


1. Sebisa mungkin usahakan berkendara bersama.
Jika biasanya berangkat kerja sendirian, mulai sekarang mungkin bisa dicoba untuk berkendara berboncengan dan bergantian dengan rekan kerja yang satu jurusan. ( untuk yang beroda dua ), sedang untuk pengguna mobil usahakan berangkat secara berombongan.

2. Jika anda pengguna mobil, namun harus berangkat sendirian dan jika memang memungkinkan, lebih baik ganti berangkat kerja dengan angkutan massal.

3. Mulai sekarang check ulang dan service kendaraan.
Minta pada montir untuk mengeset ulang pengatur kebutuhan BBM ( karburator ) pada batas minimal.
Rawat pula Cakram Rem mobil dengan baik sehingga tidak memperberat laju kendaraan karena lengket.
Segera lakukan perbaikan pada kendaraan yang bisa menyebabkan keborosan.

4. Ketika mau berkendara selalu rutin check tekanan angin dan ban kendaraan.
Meski kelihatan sepele ini sangat berpengaruh pada konsumsi BBM kendaraan.

5. Mulailah berusaha berkendara yang baik dan benar.
Sebagai panduan umum, cara berkendara yang paling irit BBM adalah dengan kecepatan yang stabil ± 60 km/jam, jangan banyak melakukan pengereman, jangan banyak memainkan gas, juga jangan banyak melakukan manuver-manuver.

6. Jangan terlalu manja.
Jika mendapati kemacetan dan itu diperkirakan cukup lama, sebaiknya matikan mesin, matikan AC, buka kaca jendela. Disamping hemat BBM, juga mengurangi terjadinya polusi udara. Toh, udara luar lebih segar.

7. Usahakan untuk dapat mulai memasang alat penghemat BBM pada kendaraan.
Anda dapat dengan mudah mendapati dan membeli alat penghemat BBM ini, ada berbagai jenis ada berbagai merk. Memang sedikit mahal pada awalnya. Namun bagus untuk penghematan seterusnya. Tidak harus yang mahal-mahal.


Bahkan jika keuangan memang kurang memungkinkan, masih banyak cara –cara praktis sederhana yang dapat dilakukan sendiri untuk melakukan penghematan bensin. Mulai dengan cara modifikasi busi, modifikasi kekuatan pengapian, alat pengirit bensin sampai memaksimalkan kinerja mesin dan tidak boros bahan bakar.

( Artikel-artikel seperti ini sangat banyak dan dapat dengan mudah anda dapatkan jika anda searching ).

Jangan putus asa, mari berhemat saja.

You may like these posts