-->

Cara Menjadi Indah Tapi Hemat Dengan Cat Tembok Trend Sepanjang Masa

Memiliki rumah yang indah dan enak dipandang mata tentu merupakan idaman semua keluarga. Namun terkadang hal ini masih sulit untuk diwujudkan oleh kebanyakan keluarga, utamanya bagi keluarga-keluarga baru yang pada umumnya kondisi perekonomiannya masih belum cukup stabil.
Terlebih pada saat ini makin hari, biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah makin tinggi. Harga-harga bahan bangunan naik, biaya tenaga kerja juga ikut naik,sehingga harus pintar-pintar dalam memilih tenaga kerja untuk membangun rumah.
Sedangkan kenaikan gaji, rata-ratanya tidak berbanding lurus.
Bagi keluarga yang kebetulan sudah memiliki kondisi ekonomi yang mapan, hal ini mungkin bukan masalah besar. Tetapi bagi keluarga yang masih harus berjuang untuk meningkatkan taraf ekonominya, lain lagi ceritanya.

Untuk itu berbagai upaya memang perlu dilakukan untuk “mengakali” ketidak-sebandingan biaya ini,salah satu diantaranya adalah dengan memilih dan menentukan warna cat rumah yang – sebisa mungkin murah – baik, indah, tetapi juga selalu mengikuti trend warna yang berkembang.

Pemilihan warna cat rumah yang “sesuai “sering kali diabaikan.
Terkadang banyak keluarga yang tidak mau terlalu pusing dalam memilih dan menentukan warna cat rumah. Pokoknya, yang penting asal kelihatan bersih saja.
Padahal, jika pemilihan warna cat rumahnya “sesuai” ini akan sangat berpengaruh terhadap keindahan dan penampakan sebuah rumah.

Sebuah rumah yang biasa-biasa saja, tetapi jika dicat dengan warna yang sesuai, bisa disulap menjadi rumah yang indah, enak dipandang mata, dan terkesan mewah.

Dan sebaliknya, rumah yang sejatinya bagus atau mewah akan tetapi jika catnya asal-asalan, maka dapat mengesankan sebagai rumah yang biasa-biasa saja.

Memilih warna cat rumah memang sebuah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Sebab disamping menyangkut masalah selera – yang setiap orang pasti berbeda – juga trend warna rumah yang selalu berubah-ubah.
Repotnya, tren sebuah warna rumah biasanya hanya bertahan dalam waktu satu sampai dua tahun.

Sebagai contoh, pada sekitar tahun 2010-an trend warna rumah umumnya didominasi dengan warna putih, krem, abu-abu dan hitam.
Tetapi pada tahun-tahun setelahnya, trend warna rumah justru berubah didominasi dengan warna-warna yang berani dan mencolok.

Umumnya keluarga juga menginginkan agar rumahnya selalu dapat mengikuti trend warna yang berkembang. Sehingga untuk itu mau tidak mau, mereka “harus” mengganti dan mengecat ulang rumahnya dengan trend warna yang berkembang.

Kembali, bagi keluarga yang ekonominya mapan hal ini bukanlah masalah besar. Tinggal beli dan ganti saja. Bagi keluarga yang ekonomi belum mapan harus pintar-pintar mensiasati hal ini.
Mesti berhemat dan betul-betul memperhitungkan biaya untuk perawatan rumah tidak berarti harus ketinggalan trend warna yang berkembang.

Dan untuk mensiasati hal ini, misalnya dengan membeli cat yang tidak mahal kemudian meningkatkan kualitas cat tembok tersebut dengan memberikan sendiri beberapa bahan aditif tambahan.

Salah satu cara lainnya adalah dengan memilih warna cat yang mampu bertahan sepanjang masa. Sehingga tidak harus mengganti warna cat dari tahun ke tahun tetapi juga tidak ketinggalan trend warna.

Dari hasil pengamatan dan juga beberapa pernyataan beberapa pabrikan, memang ada warna cat rumah yang mampu bertahan “sepanjang masa”.

Sebagai contoh misalnya, cat tembok rumah yang berwarna Edelweis ternyata mampu selalu mengikuti trend warna dan telah mampu bertahan seperempat abad lamanya.

Edelweiss adalah warna putih gading yang lembut.

Hebatnya pula, menurut sebuah pabrikan cat, warna Edelweis ini hampir selalu jadi warna best seller atau warna dengan penjualan terbaik setiap tahunnya.

Kelembutan cat warna Edelweiss ini cocok jika dijadikan latar belakang sebuah ruangan. Selain itu, warna Edelweis cocok dipadukan dengan berbagai warna yang berat seperti merah, cokelat, dan biru, sehingga dapat menyeimbangkan warna-warna tersebut.
Tidak heran warna Edelweis ini selalu diikutkan pada setiap peluncuran tren warna baru.


Pada peluncuran katalog warna cat tembok terbaru, tidak semua pabrikan “harus” selalu mengenalkan warna-warna yang baru.
Bisa jadi warna warna lama yang hanya mendapat sedikit sentuhan warna hitam atau dicampur dengan sentuhan warna lain. Atau hanya warna lama yang diperkenalkan kembali.
Tentu saja bukan merupakan suatu keharusan.

Namun ketika memang memiliki banyak keterbatasan, untuk berhemat tetapi tetap bisa ngetrend warna cat rumahnya, tidak ada salahnya jika mengaplikasikan warna-warna "sepanjang masa" tersebut.

You may like these posts