-->

Cara Pinter Membersihkan Sticker

Bagi kawula muda, untuk tampil beda saat ini sudah bagaikan sebuah “kebutuhan” ( kalau tidak mau dikata sebaagi “kewajiban” ). Entah karena sekedar ikut-ikutan atau entah karena memang butuh untuk mengaktualisasi dirinya. Dan tampil beda ini tidak hanya sebatas pada tampilan fisik pribadinya saja tapi juga berimbas pada tunggangannya ( baca : mobilnya ).

Makanya untuk anak-anak muda yang kebetulan dibekali dengan mobil sebagai kendaraan pribadi, akan cukup sulit menemukan kondisi mobil mereka yang masih orisinil, masih asli sesuai keluaran pabrikannya.

Sudah hampir dipastikan semuanya sudah terkena dampak kreasi aktualisasi diri mereka. Modifikasi, istilahnya. Mulai dari yang merombak bentuk body, variasi cat sampai yang paling sederhana. Menggunakan sticker mobil. Dan yang terakhir ini sepertinya paling banyak dijadikan pilihan.
Disamping mudah aplikasinya, juga murah harganya.Sehingga yang namanya sticker mobil ini akan mudah dijumpai pada mobil-mobil tunggangan anak muda. Karena kelebihannya, penggunaan sticker mobil ini sebenarnya tidak hanya sebatas pada anak muda. Pada beberapa mobil seperti mobil keluarga, kendaraan komersial, sampai mobil dinas ( untuk kampanye atau sosialisasi misalnya ) juga lazim menggunakannya. Dan sticker seperti ini paling seringnya digunakan dan ditempelkan pada kaca-kaca mobil. Entah di kaca samping , kaca depan ataupun kaca belakang.

Meski penggunaan sticker ini mudah dan murah dalam aplikasinya, namun sering kali membawa permasalahan tersendiri di kemudian harinya. Cukup sulit dan susah untuk menghilangkannya. Terutama pada sticker-sticker yang berkualitas bagus. Ia akan menempel dengan sangat kuat ketika sudah ditempelkan ke media kaca.

Beberapa orang mencoba menghilangkan sticker mobil ini dengan cara membersihkannya dengan air sabun, lalu mengeroknya dengan silette atau benda tajam sejenis lainnya.
Sedangkan beberapa orang lainnya yang lebih hati-hati menggunakan alkohol atau bensin untuk menghilangkan dan membersihkannya.

Cara yang pertama sangat tidak dianjurkan. Karena disamping sticker tidak akan benar-benar hilang, mengerok pada permukaan kaca justru akan merusak kacanya sendiri. Dan tentu saja merupakan sebuah kerugian jika sampai kaca tergores apalagi retak.

Cara kedua lebih baik, namun biasanya, jika stiker yang digunakan adalah stiker yang berkualitas bagus, cara ini belum bisa benar-benar menghilangkannya.

Nah jika anda kebetulan mempunyai permasalahan dengan menghilangkan stiker ini, coba anda ikuti dan lakukan cara pinter membersihkan sticker berikut ini :


- Untuk melepaskan sticker pada kaca mobil anda, tidak perlu didahului dengan melepaskannya secara manual atau merobeknya

- Tapi siapkan saja cairan pelumas

– pembersih karat, sejenis WD

- Semprotkan saja cairan tersebut pada lapisan sticker yang mau dilepas

- Setelah merata biarkan beberapa saat, biarkan cairan meresap masuk ke dalam permukaan dan sela pori-pori sticker

- Setelah itu, baru lepaskan sticker secara perlahan. Jangan teralu cepat sehingga tidak terobek, sehingga akan lebih susah melepaskannya

- Setelah lapisan sticker terlepas, semprotkan campuran cairan air dan alkohol pada sisa perekat yang masih menempel pada kaca

- Bersihkan. Tapi jangan gunakan apa-apa. Gunakan saja dengan jari anda untuk menggosok sisa perekat yang masih ada.

- Baru setelah itu bilas dan cuci dengan sabun lembut

- Lap sampai kering

- Maka kini kaca mobil anda sudah bersih dari sticker. Cuci mobil anda. Kini mobil anda kinclong seperti sedia kala.
Peringatan : jangan melepas dan menggosoknya dengan benda tajam apapun.