-->

Musim Hujan Tiba. Lakukan Cara Praktis Cuci Mobil Dalam 15 Menit

Mulai bulan November ini dan bulan-bulan berikutnya, musim penghujan sepertinya sudah mulai tiba. Meski sebenarnya musim penghujan ataupun musim kemarau adalah “anugerah” dari Yang Maha Kuasa, akan tetapi pada setiap musimnya selalu mendapatkan tanggapan yang berbeda.

Pada sekelompok orang - petani misalnya - musim hujan seperti ini merupakan moment yang dinanti.

Sedangkan pada sekelompok orang lainnya justru kebalikannya. Tetapi moga-moga saja kita semua termasuk orang yang bersyukur terhadap musim apa saja yang sedang mengunjungi kita.
Namun harus diakui, datangnya musim hujan sering kali membuat sedikit repot dan gerah. Utamanya bagi anda yang memiliki dan menaiki mobil sebagai alat transportasi utamanya.
Pasalnya, di musim penghujan seperti ini, bisa dipastikan mobil kesayangan anda akan belepotan jadinya.

Bisa saja “ sih “ anda tetap membiarkan tunggangan kesayangan anda tetap dalam kondisi belepotan. Paling kotor lagi besoknya, mungkin begitu pikir anda.
Tetapi dengan membiarkan mobil anda tetap kotor, setidaknya akan menjukkan seperti apa pribadi ( tingkat kebersihan ) anda. Dan yang lebih penting lagi, bersiap-siaplah untuk “panen karat body“ nantinya.
Atau kalau termasuk orang malas dan mau cepatnya, tinggal datang saja ke tampat cuci atau salon mobil, selesai sudah. Tapi tentu saja anda harus bersiap dana ekstra. Dan satu lagi anda harus sabar menunggu antriannya.

Padahal untuk mencuci dan memperoleh mobil kesayangan menjadi bersih kembali tidak perlu susah-susah dan butuh waktu yang lama. Asal tahu caranya.
Nah untuk tidak membuang-buang waktu anda, bila musim penghujan tiba, lakukan saja cara praktis untuk mencuci mobil dalam 15 menit ini.


● Siapkan alat dan bahannya :

- Kemocing
- Sabun atau shampoo mobil
- Spon atau busa ukuran sedang
- Semprotan air ( sprayer )
- Lap dari bahan chamois atau kanebo
- Lap kain halus
- Cairan pelindung jendela dan pelindung cat

● Langkahnya :

- Waktu yang terbaik untuk mencuci mobil adalah di pagi hari atau sore hari atau ketika matahari tidak terlalu terik

- parkir dan tempatkan mobil di tempat yang teduh, jangan langsung di bawah terik sinar matahari. Karena air akan cepat kering dan menyebabkan belang-belang pada cat mobil.

- Tuangkan air dalam ember, larutkan sabun atau shampoo mobil secukupnya ( lihat buihnya ).

- Bersihkan dulu kotoran yang menempel pada mobil dengan kemocing ( jika mobil dalam kondisi kering )

- Jika sudah ( atau jika mobil dalam kondisi masih basah ), semprotkan air dengan spayer ke seluruh permukaan body mobil. Mulai dari atap sampai ke bawah kolong, kaki-kaki dan di atas ban.
Gunakan spayer ! Jangan selang biasa atau menyiramnya, karena pekerjaan akan menjadi lama.

- Untuk bagian atap dan body gunakan posisi sprayer air yang menyebar. Sedangkan untuk bagian atas ban dan kaki-kaki gunakan posisi sprayer air yang mengecil sehingga kotoran yang menempel mudah rontok sendiri.

- Setelah air merata, celupkan busa dalam ember yang bersabun / bershampoo,

- Usap dan gosokkan busa secara merata ke seluruh body mobil anda mulai dari atap lalu ke bagian bawahnya. Jangan tinggalkan bagian bawah, kolong, pelek dan kaki-kaki. Jangan tinggalkan pula pada lekukan-lekukan pintu.

- Setelah rata segera bilas dengan air dari sprayer, gunakan posisi sprayer menyebar pada body dan posisi menyempit di bagian bawah, kolong dan kaki-kaki.

- Selesai. Segera keringkan air dengan menggunakan lap chamois atau kanebo yang mudah menyerap air.

- Setelah cukup kering, usap dan gosok merata dengan menggunakan kain halus sehingga benar-benar kering

- Baru setelah itu gunakan cairan untuk pelindung jendela. Gunakan pula cairan pelindung cat.

- 15 menit. Nah selesai sudah. mobil anda telah bersih seperti sedia kala.

Mudah dan cepat bukan ? Silahkan mencoba.

You may like these posts