Home Menu
Mengucapkan : Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1435 Hijriyah. Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin
NE-XXX-T

Cara Praktis Memperbaiki Karat Body Mobil

Cara Praktis Memperbaiki Karat Body Mobil
Salah satu penyakit yang sering menghinggapi body mobil adalah karat. Karat body akan menghinggapi pada hampir semua jenis mobil, baik keluaran baru atau lama. Meski kalau diperhatikan dengan seksama, mobil-mobil keluaran lama ( tahun 70-an ) biasanya akan lebih tahan karat jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran baru. Ini disebabkan karena mobil-mobil keluaran lama biasanya mempunyai plat body yang lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran saat ini.

Karat body mobil, bagaimanapun dihindari, mesti tetap akan terjadi. Karena makin tambah umur mobil, akan makin besar proses oksidasi pada plat body. Terlebih jika pemilik malas mencuci dan membersihkan mobil yang bagus untuk mencegah karat body. Atau memang karena factor lokasi yang menyebabkan makin cepat terjadinya karat body ( di daerah dekat laut karat body biasanya lebih cepat terjadi dibandingkan dengan daerah pegunungan ). 

Meski karat body bukan termasuk kerusakan yang fatal, dalam artian tidak terlalu membahayakan keselamatan penumpang ( kecuali karat body benar-benar parah di seluruh body ), karat body akan mengurangi kecantikan tampilan mobil. 

Solusi yang paling sering diambil oleh para pemilik mobil yang kena karat body biasanya membawa dan memperbaikinya di bengkel kenteng body mobil. Karena pada umumnya beranggapan bahwa perbaikan karat body cukup sulit, perlu peralatan dan keahlian khusus. 

Pendapat ini tidak salah sepenuhnya. Karena untuk memperbaiki karat body ( secara konvensional ), memang dibutuhkan pengerjaan pemotongan plat dan pengelasan. Namun memperbaiki karat body mobil sebenarnya bisa dikerjakan oleh siapa saja dan tanpa peralatan khusus pula ( tanpa melakukan pengelasan ). 

Artikel ini akan memberi wacana dan menuntun, bagaimana cara memperbaiki karat body mobil dengan cara yang sangat praktis, mudah dan sederhana. Siapa saja dapat melakukannya. Utamanya untuk yang senang otak-atik mobil. Artikel ini akan menuntun anda bagaimana memperbaiki karat body mobil tidak melakukan pengalasan, melainkan dengan penggunaan serat fiber. 

Keuntungan dari cara ini adalah

- Prosesnya sangat mudah, siapa saja dapat melakukannya 
- Pengerjaan sangat cepat
- Biayanya, jauuuhhh lebih murah 
- Hasilnya, tidak kalah dengan cara konvensional dan akan lebih tahan terhadap karat 
- Bahan mudah didapat 

Kekurangannya

Karena bahan utama dari cara ini adalah dengan mempergunakan serat fiber, maka kelemahan utamanya adalah daya tahan terhadap benturan yang kurang. Karena serat fiber tentu saja lebih mudah retak dan pecah dibandingkan dengan plat besi. 

Alat dan Bahan-bahan

- Resin Br dan pengeringnya 
- Met ( serat fiber ) - Kawat ram / kawat saringan / kawat mesh. Makin rapat lubangnya, makin bagus( usahakan dari Stainless ) 
- Kuas 
- Mesin gerinda tangan 
- Gunting, tang 
- Wadah untuk larutan fiber 

Langkah-langkahnya

1. Tentukan area lokasi body mobil yang terkena karat 
karat pada body mobil

2. Hilangkan dan bersihkan ( sampai benar-benar bersih ) dempul yang masih menempel di sekirat lokasi 
3. Tandai lokasi body yang tekena karat, gunakan bentuk-bentuk tanda yang mudah, misal segi empat, bujur sangkar atau segitiga. Jangan member tanda berbentuk lingkaran karena akan mempersulit pemotongan plat. 
memperbaiki body mobil
4. Usahakan agar tanda yang diberikan telah melingkupi keseluruhan lokasi body yang terkena karat. 
5. Ambil mesin gerinda tangan. Potong plat dengan gerinda tangan pada lokasi karat body yang telah ditandai. Usahakan potongan yang rapi. 
6. Buat lubang kecil di dekat sisi-sisi plat yang telah terpotong. Jika potongan berbentuk segi empat, buat 4 lubang, jika potongan berbentuk segitiga buat, 3 lubang. ( Gunamya untuk mengaitkan kawat ram, nantinya ) 
cara memotong plat body mobil
7. Amplas sampai bersih lokasi di sekitar potongan 
8. Potong kawat ram selebar lokasi yang telah diberi lubang 
9. Masukkan kawat ram dari dalam plat body, ikat kencang melalui lubang yang telah dibuat pada setiap sisinya 
10. Tuangkan resin Br pada wadah tambah pula pengeringnya 
11. Potong Met ( serat fiber ) selebar potongan plat 
12. Kuaskan campuran larutan resin Br pada kawat ram yang telah terikat kuat pada body mobil secara merata 
13. Tempelkan potongan serat fiber ( usahakan yang rapi ) pada kawat ram yang telah dikuas dengan larutan resin, lalu kuas pelan-pelan dengan larutan resin sampai serat resin benar-benar larut dan menempel pada kawat ram. 
14. Lakukan / ulangi langkah 13 dan 14 sampai ketebalan serat fiber sama dengan ketebalan plat 
15. Setelah ketebalan sama, diamkan dan tunggu selama 24 jam untuk pengerasan sempurna dari serat fiber. 
 16. Setelah 24 jam, pengerjaan selesai 
17. Kini tinggal memberi dempul mobil ( dempul plastik ) dan melakukan pengecatan seperti proses yang biasa. 


Masih tentang mobil, lihat juga :
Posted by: W. Pramono Aneka Cara Praktis Updated at: 11:49 PM
Custom Search
NEXT PAGE