-->

Cara Mengatasi Talang Beton Cor Yang Bocor

Bagaimana Cara Mengatasi Talang Beton Cor Yang Bocor ?

Jika bertanya pada sebuah keluarga, apa yang paling memusingkan kepala – dan seringkali membuat jengkel – di musim hujan seperti ini ?
Jika yang ditanya seorang wanita atau ibu rumah tangga umumnyak akan menjawab masalah jemuran pakaian yang susah kering.
Bila yang ditanya seorang pria atau kepala keluarga, biasanya akan menjawab masalah atap yang bocor.

Maklum saja, sebagian besar masyarakat Indonesia bukanlah bertempat tinggal di gedung-gedung bertingkat ( yang relatif aman dari masalah kebocoran atap ), tapi umumnya masih tinggal di “rumah-rumah konvensional”. Yang beratapkan dari genting bata, asbes, seng, fiber atau bahkan ada beberapa warga yang kurang beruntung masih beratapkan sirap ( atap dari daun bambu ).
Beberapa orang yang mampu dan telah modern menggunakan atap baja ringan ataupun dengan beton cor.

Masalah kebocoran yang paling sering terjadi umumnya pada genting bata yang pecah, fiber yang retak atau seng berlubang karatan karena memang sudah tua. Kebocoran yang seperti ini biasanya cukup mudah dalam mengatasinya. Cukup ganti genteng, pakai lakban seng ataupun pelapis anti bocor pada fiber. Untuk cara yang lebih detil bisa dilihat di Cara Memperbaiki Talang Air Yang Bocor.

Yang agak memusingkan jika kebocoran terjadi pada talang. Terlebih lagi jika talang yang digunakan adalah talang dari beton cor.

Umumnya masyarakat menggunakan talang dalam yang terbuat dari seng, atau karpet talang. Sedangkan untuk talang luar ada juga yang menggunakan talang PVC.
Untuk beberapa alasan, misal untuk daya ketahanan dan keawetan saat ini berkembang dan digunakan talang dari beton cor.
Untuk talang yang terbuat seng, karpet talang atau talang PVC cukup mudah diatasi bila sampai terjadi kebocoran, terutama jika kebocoran tidak menyebar dan parah. ( Jika menyebar dan parah – biasanya karena faktor usia – memang harus diganti ).
Tetapi tidak demikian halnya jika menggunakan talang dari beton cor. Cukup sulit untuk mengatasinya jika sampai terjadi kebocoran.

Meski cukup sulit mengatasi masalah kebocoran pada talang beton cor, jangan panik ada beberapa cara untuk mengatasinya. Coba simak saja yang berikut ini :

Mengatasi kebocoran talang beton dengan pelapis anti bocor.

Cara ini adalah yang paling mudah, cepat dan praktis. Anda tinggal melapis talang beton dengan pelapis anti bocor yang saat ini sangat mudah didapatkan.
Agar hasilnya maksimal, yang paling penting bila menggunakan cara ini adalah permukaan talang harus benar-benar kering dan bersih dari kotoran.
Setelah itu kuaslah permukaan talang dengan pelapis anti bocor secara merata. Lebih baik jika 2 atau 3 kali. Bahkan jika anda masih ragu anda dapat menambahkannya dengan menggelar serat fiber ( met ) di atasnya, kemudian dilapis sekali lagi.
Meski mudah dan praktis cara ini biasanya tidak bisa permanen.
Artinya dalam beberapa periode anda harus mengulang prosedur ini. Karena biasanya lapisan ini akan mengelupas dengan sendirinya akibat terpaan hujan dan panas yang berganti-ganti.

Mengatasi kebocoran talang beton dengan larutan gula

Cara ini sama mudah dan praktisnya dengan cara pertama. Yang dibutuhkan hanyalah ketelitian dan kesabaran.
Caranya :
- Larutkan gula dalam air secukupnya, jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer, patokan mudahnya hampir seperti sirup.
- Tanda talang beton yang bocor dan bersihkan sampai benar-benar bersih.
- Jika memungkinkan korek sedikit daerah talang yang bocor ( talang beton yang bocor biasanya karena terjadinya retakan kecil ).
- Setelah itu tuangkan sedikit demi sedikit larutan gula ini ke dalamnya.
Ulangi lagi setelah kering 3 atau 4 kali. Atau larutan sudah benar-benar tidak mau masuk. ( Harus sabar karena memang memakan waktu )
- Yang perlu diperhatikan adalah cara ini tidak akan optimal jika dilakukan ketika kondisi talang beton lembab. Jadi harus dilakukan ketika kondisi cuaca matahari terik atau panas.
- Meski cara ini butuh kesabaran namun hasilnya – jika dilakukan dengan benar – biasanya akan sangat memuaskan.

Mengatasi kebocoran talang beton dengan campuran semen dan alkasit.

Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi masalah kebocoran pada talang beton cor.
Caranya :
- Campurkan ( pada kondisi kering ) 1 bagian semen dengan 1 bagian alkasit ( 1 zak semen dengan 1 bungkus alkasit ) untuk plesteran halus
- Untuk penguasan gunakan campuran 1 bagian alkasit banding 30 bagian semen.
- Larutkan dalam air jangan terlalu pekat jangan terlalu encer. Cukup untuk bisa dikuaskan.
- Sebaiknya dilakukan ketika talang pada kondisi kering.
- Bersihkan kotoran pada talang.
- Kuaskan campuran semen dan alkasit secara merata.
- Tunggu sampai kering, ulangi sekali lagi

You may like these posts