Cara Memperbaiki Talang Air yang Bocor

Cara Memperbaiki Talang Air yang Bocor

Masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk design struktur rumah, secara tradisional mayoritas masih mempergunakan atap genteng dan talang air. Baik berupa talang seng ataupun talang beton cor. Bahkan bangunan rumah baru saat ini yang bergaya minimalis, masih belum bisa meninggalkan design stuktur talang air. Terkecuali mungkin untuk gedung-gedung bertingkat.

Sebagus dan semewah apapun suatu rumah, jika kedapatan ada atap yang bocor maka rumah menjadi tidak nyaman, bahkan cenderung menjengkelkan.

Terlebih lagi jika pas musim penghujan.

Jika kebocoran tersebut terjadi pada genteng yang pecah atau rusak, permasalah dan penyelesaian tidak terlalu sulit.

Tinggal ganti genteng yang pecah atau rusak. Selesai. Atap rumah tidak bocor lagi.

Masalahnya akan menjadi sulit jika kebocoran tersebut terjadi pada talang air di atap rumah. Karena biasanya talang air dikonstruksikan secara kompak. Artinya tidak bisa dibongkar dan diganti per bagian. Solusi paling mudah adalah mendatangkan tukang untuk segera memperbaikinya.

Namun kenyataannya seringkali untuk mendapatkan tukang perbaikan ternyata cukup susah, terkadang perlu indent beberapa hari sebelumnya ( bahkan sampai beberapa minggu ).


Sedangkan yang namanya hujan dan kebocoran tidak mau kompromi dan terus saja terjadi. Sehingga terkadang sampai terpaksa menampung bocoran air hujan pada ember-ember plastik.

Jika suatu saat anda berada dalam kondisi seperti ini, jangan panik, ada beberapa langkah praktis yang sangat mudah untuk memperbaiki talang air anda yang bocor :

1. Jika talang air berupa talang seng

Masyarakat tradisional umumya masih mempergunakan talang seng. Karena murah dan mudah pengerjaannya.Namun kekurangan utama talang seng adalah ketahanannya terhadap pelapukan atau karat. Kebocoran yang terjadi pada talang seng pada umumnya disebabkan karena karat. Adanya karat menyebabkan sebagian permukaan talang seng akan menjadi lapuk dan berlubang. Dan ini yang menjadi sumber kebocoran.

Untuk memperbaikinya :
- Siapkan lem talang.
Lem talang ini nantinya digunakan untuk menambal talang yang bocor. Bentuknya seperti lakban hitam. Terbuat dari aspal / ter yang dilapis alumunium foil di atasnya.
- Permukaan talang harus dalam kondisi kering.
Jika masih basah lap dan keringkan terlebih dulu.
- Bersihkan permukaan talang yang berkarat dengan sikat kawat
- Usahakan sebisa mungkin memotong tepi-tepinya untuk menghilangkan sisa karat.
- Jika permukaan yang bocor tidak terlalu besar, langsung aplikasikan lem talang di atasnya.
- Potong lem talang selebar lubang kecocoran, ambil lapisan pelapis aspal, lalu tempelkan pada permukaan yang berlubang, kemudian pukul-pukul secara perlahan sampai lem benar-benar melekat.
Usahakan agar potongan lebih lebar dari lubang sehingga lem talang dapat menutup sempurna.
- Jika ternyata permukaan talang yang bocor cukup lebar, maka terlebih dulu di bagian bawah seng talang disisipi dulu dengan potongan seng selebar lubang, baru kemudian diaplikasikan lem talang seperti di atas.

2. Jika talang berupa karpet talang

Karpet talang yang bocor biasanya pecah-pecah karena pelapukan. Jika permukaan yang pecah sedikit bisa digunakan lem talang seperti langkah di atas. Namun biasanya karpet talang pecahnya merata ( biasanya karena usia ).

Untuk itu langkah yang terbaik adalah dengan menggunakan fiber dan larutan pelapis anti bocor / produk-produk water proof ( atau yang lebih bagus adalah menggunakan resin).

Caranya :
- Keringkan dan bersihkan permukaan karpet talang
- Kuaskan larutan anti bocor diatasnya tipis-tipis
- Gelar serat fiber atau met di atasnya secara merata
- Kuaskan kembali dengan larutan anti bocor sampai serat fiber larut dan rata
- Biarkan mongering. Dengan langkah praktis sederhana tersebut, dijamin talang air anda tidak bocor lagi.

Namun sebagai catatan, jika talang memang benar-benar telah tua, sebaiknya dipersiapkan langkah penggantiannya.
Usahakan pula ketika memang harus mengganti, carilah design dan bahan yang awet.
Dan untuk saat ini bahan-bahan untuk konstruksi seperti itu sudah mulai banyak di pasaran dan umum digunakan, misal konstruksi baja ringan, dsb.
Anda dapat surfing sendiri atau kalau mau cepat anda bisa langsung survey bahan-bahan konstruksi rumah.

Simak juga :
> Cara mengatasi talang beton cor yang bocor.

Bila Artikel Ini Bermanfaat, Tolong Bagikan :

Related Posts:
Disqus Comments