-->

Tips Menjaga Perangkat Elektronik Di Musim Hujan

Datangnya musim penghujan seringkali kali disertai dengan beberapa masalah. Terutama masalah banjir dan beberapa penyakit khas musim penghujan, flu misalnya. Sehingga karena sudah “terbiasa” dengan datangnya permasalahan ini, kebanyakan orang sudah mempunyai cara untuk mengantisipasinya.
Namun ternyata ada lagi satu permasalahan yang sering menyertai datangnya musim penghujan ini, tetapi kebanyakan orang belum mengantisipasi.

Atau bahkan belum sepenuhnya menyadarinya.
Apa itu ?

Permasalahan pada perangkat elektronik rumah tangga.

Permasalahan pada perangkat elektronik rumah tangga ini dapat terjadi pada saat datangnya musim penghujan biasanya dikarenakan oleh sebab-sebab berikut :

● Datangnya musim penghujan umumnya juga selalu disertai dengan perubahan cuaca.
Perubahan cuaca ini juga meliputi petir dan kilat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.
Banyaknya petir dan kilat ini tentu saja akan membahayakan perangkat elektronik rumah tangga. Terutama peralatan elektronik rumah tangga yang memanfaatkan sinyal atau pancaran gelombang elektromagnetic.
Televisi atau ponsel, misalnya. Banyak kasus terjadi, peralatan elektronik rumah tangga yang jebol atau meledak dikarenakan adanya pancaran atau sambaran petir dan kilat ini. Bahkan tidak sedikit yang memakan korban jiwa.

● Adanya kebocoran pada atap dan genting
Adanya kebocoran air hujan pada genting atau talang air yang bocor juga akan berbahaya bagi perangkat elektronik. Sebab hampir semua komponen perangkat elektronik sangat peka terhadap air.

● Karena sering padamnya listrik
Sering padamnya aliran listrik ini sangat berbahaya bagi perangkat elektronik. Bahaya yang terbesar dari padamnya listrik ini adalah ketika listrik hidup kembali. Karena pada saat ini biasanya terjadi lonjakan arus dan tegangan yang cukup tinggi yang bisa merontokkan komponen peralatan elektronik rumah tangga. Peralatan rumah tangga yang paling peka terhadap adanya perubahan ini adalah lemari es.

Agar peralatan elektronik rumah tangga anda selalu aman dan jiwa anda dan keluarga anda tidak terbahayakan pada saat penggunaan perangkat elektronik di musim penghujan ini, tidak ada salahnya jika anda mengetahui tips menjaga perangkat elektronik di musim hujan yang berikut ini :

● Jaga dan hindari adanya kebocoran pada atap dan genting.
Berapapun jumlah air akan selalu membahayakan keawetan perangkat elektronik. Atau jika memang kedapatan terdapat kebocoran pada atap yang terletak tepat pada penyimpanan perangkat elektronik, pindahkan dulu perangkat tersebut sementara sampai anda memperbaiki atap yang bocor ini.

● Usahakan jangan menghidupkan televisi dan atau melakukan charge handphone ketika diketahui sedang banyak kilat dan petir.
Meskipun lokasi rumah anda terlihat aman, pancaran dari kilat dan petir ini tetap saja bisa merontokkan televisi atau handphone anda. Tidak perlu bukti lagi, karena sudah banyak kasus kecelakaan karena hal seperti ini.

● Cabut semua steker atau colokan kabel listrik dari tempatnya.
Ketika sedang banyak kilat dan petir menyambar, akan lebih aman jika anda mencabut semua steker atau colokan kabel listrik dari tempatnya. Karena sambaran kilat dan petir juga bisa “meloncat” melewati instalasi listrik di rumah anda, dan merusakkan perangkat elektronik anda.

● Ketika listrik mati, segera cabut juga steker dan colokan listrik dari tempatnya.
Ini untuk berjaga-jaga. Sehingga ketika listrik hidup lagi tiba-tiba, perangkat elektronik akan aman dari adanya lonjakan arus dan tegangan listrik yang dapat berakibat vital pada perangkat elektronik anda.

● Jangan buru-buru mencolokkan dan menghidupkan lagi perangkat elektronik ketika listrik hidup lagi.
Pada musim penghujan – terlebih jika hujannya lebat – biasanya akan sering terjadi listrik hidup mati, hidup mati. Adanya aliran listrik yang sering terputus ( hidup mati ) juga rentan terhadap lonjakan arus dan tegangan, sehingga berbahaya bagi perangkat elektronik anda.

You may like these posts