-->

Musim Hujan, Lakukan Cara Alami Jitu Melawan Flu

Musim penghujan mulai tiba, di bulan-bulan ini dan bulan selanjutnya. Tidak hanya bahaya banjir yang selalu menyertai, “bahaya” yang lainnya juga ikut mengintai dan mengiringi. Serangan penyakit Flu atau Influenza.

Untungnya ( - inilah hebatnya orang Indonesia, meski sakit masih tetap saja bilang untung - ) Flu adalah termasuk yang ringan. Jika tidak, tentu orang-orang, bahkan para praktisi kesehatan kalang kabut dibuatnya. Pasalnya ?
Sebab flu merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diobati.
Kalau tidak percaya, coba beli saja obat-obat flu, baik obat yang dijual di pasaran bebas, di apotik atau bahkan ke dokter ( kalau perlu tanyakan sekalian ), lalu lihat khasiatnya.
Adakah yang berani bilang bila obat berkhasiat bisa “mengobati” flu ini.
Paling banter hanyalah sekedar “meringankan” atau “meredakan “gejalanya.
Inilah uniknya penyakit flu. Karena meski disebabkan oleh virus, virus flu ini sangat bandel. Punya sembilan nyawa, sehingga diobati apapun tetap tak mau mati-mati juga. Die Hard – istilah filmnya.

Meski tidak mau dan tidak mempan diobati, untungnya ( …nah kan untung lagi …) virus penyebab penyakit flu ini tetap tunduk pada hukum alami. Ia akan melakukan siklus alami.
Lahir – hidup – lalu mati sendiri.
Makanya, meski tidak diobati, penyakit flu ini sebenarnya akan sembuh sendiri, jika siklus hidup virusnya telah terpenuhi. Dengan catatan tidak terjadi komplikasi dengan penyakit yang lainnya.

Namun meski pada akhirnya ia akan sembuh dan mata sendiri, bagaimanapun penyakit flu sangat mengganggu. Dan tidak akan ada orang yang senang berlama-lama ditemani penyakit flu ini.
Maka pada umumnya, ketika penyakit flu ini tiba, berbagai macam cara dan obat dicoba untuk meredakannya.
Tetapi sebenarnya karena siklus penyakit flu ini alami, maka cara yang terbaik adalah melawannya dengan cara yang alami pula.

Nah agar anda tidak pusing-pusing dan aktivitas terganggu karena flu, anda dapat lakukan cara alami jitu untuk melawan flu yang berikut ini :

Perbanyak minum air putih
Tidak seperti anggapan orang pada umumnya. Pada saat flu mereka justru takut dan mengurangi jatah minum air putihnya. Takut hidung tambah “meler” katanya. Yang benar adalah, perbanyak minum air putih hangat. Dengan banyak minum air putih hangat akan membantu otot-otot menjadi lebih rileks. Hingga berkurang rasa linu-linu.

Jika penyakit flu datang disertai dengan hidung tersumbat, demam dan batuk cobalah minum the herbal yang telah dicampur dengan bunga camomile atau lemon balm. Minumlah ketika masih hangat-hangat.

Minumlah segelas air jeruk hangat yang dicampur dengan madu.
Air jeruk sangat kaya dengan vitamin C dan bioflavanoid yang akan mempermudah penyerapan vitamin oleh tubuh.

Tambahkan minyak cengkeh dan kayu putih ke dalam mangkuk berisi air panas. Hirup langsung dengan pelan-pelan uapnya.

Jika tenggorokan menjadi terasa sakit, cobalah membuat obat kumur dari 2 sendok makan madu, 3 sendok makan air jeruk, seiris jahe, dan 3 sendok makan garam yang dimasukkan ke dalam semangkuk air hangat. Berkumur dengan ramuan alami ini akan mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Rendam kaki anda dalam air hangat yang telah ditetesi dengan sedikit minyak kayu putih dan garam. Diamkan sampai air menjadi dingin dan kaki menjadi rileks. Lalu keringkan.

Cara lain, konsumsi bawang putih.
Bawang putih mengandung senyawa yang dapat menyerang virus, termasuk virus flu. Mengkonsumsi bawang putih akan membantu meringankan gejala flu.

Konsumsi sup hangat.
Sup hangat akan memicu lebih banyak produksi saliva. Semakin banyak saliva, akan semakin garang melawan virus flu. Karena saliva merupakan sistem ketahanan tubuh alami.

Tingkatkan daya tahan tubuh.
Dengan makanan, olah raga dan istirahat yang teratur. Dengan cara-cara alami jitu ini flu akan lenyap karena tubuh akan melakukan mekanisme penyembuhkan diri sendiri.

You may like these posts