-->

Inilah Cara Hindari Kanker Dari Radiasi Ponsel

Ponsel, telepone seluler atau handphone atau HP yang dulunya hanya bisa dipunyai oleh kalangan tertentu, kini sudah bukan menjadi barang mewah lagi.
Perangkat yang dulunya ditujukan untuk mempermudah komunikasi kini sudah menjadi “ barang kebutuhan sehari-hari”. Tidak ada yang tidak memiliki dan menggunakan ponsel, bahkan anak Sekolah Dasar sekalipun. Makanya menurut data dari Nielsen ( pada bulan Mei ) sudah terdapat 125 juta lebih pengguna ponsel di Indonesia.

Karena begitu banyaknya pengguna ponsel, dari berbagai lapisan masyarakat termasuk anak-anak, disebabkan ketidak tahuan, sering kali tidak menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan ponsel ini.

Seperti diketahui, Ponsel bekerja secara nirkabel men-transmit sinyal melalui frekuensi gelombang radio, mirip dengan microwave atau radio AM/FM. Padahal dari hasil penelitian, para ilmuwan telah mengetahui jika radiasi sinyal radio frekuensi tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dimana bila terpapar secara terus menerus dan dalam jumlah besar, bisa mengakibatkan timbulnya kanker.

Badan Kesehatan Dunia, WHO sendiri secara resmi telah menyatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu kanker berbahaya (karsinogenik). Disamping itu juga dapat menimbulkan gejala dan penyakit lainnya, seperti pusing- pusing, gangguan tidur, tumor otak, alzheimer, parkinson, berubahnya fungsi memori juga perubahan kesadaran spasial.

Sayangnya, banyak pengguna ponsel yang tidak menyadari ( atau bahkan belum mengetahui ) bahaya dari radiasi ponsel ini. Mengingat besarnya dampak yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan ponsel ini ( meski tanpa disadari ), tidak ada salahnya jika anda mengetahui cara mengatasinya, sehingga anda tetap bisa berponsel secara sehat dan aman.

Dan inilah Cara Menghindari kanker yang disebabkan oleh radiasi ponsel yang anda gunakan :

• Tidak menggunakan ponsel ketika sinyalnya lemah

Saat sinyal lemah, ponsel akan “bekerja lebih keras” untuk bisa mendapatkan koneksi, sehingga radiasi yang ditimbulkan menjadi lebih besar.

• Tidak menggunakan ponsel di ruangan tertutup ( dan sempit )

Pada ruangan tertutup dan sempit, radiasi yang ditimbulkan ponsel akan terakumulasi lebih besar dibanding dengan ruangan yang terbuka. Sangat disarankan agar tidak menggunakan ponsel di saat berada di ruangan yang tertutup dan sempit, seperti dalam lift misalnya.

• Tidak bertelepon saat berkendara.

Bertelepon saat berkendara mengakibatkan ponsel berusaha membuat koneksi secara terus dan berulang, sehingga melepaskan energi dalam jumlah yang lebih besar. Disamping itu bertelepon saat berkendara akan mengganggu konsentrasi dan membahayakan keselamatan anda.

• Sedapat mungkin batasi penggunaan ponsel.

Selama memungkinkan lebih baik menggunakan SMS atau MMS karena akan meminimasi bahaya radiasi. Dan jika harus menggunakan, sebaiknya bicara seperlunya saja, sehingga tidak besar radiasi yang ditimbulkannya.

• Jangan memasukkan ke dalam tubuh ( kantong ) ketika ponsel menyala

Dengan memasukkan ponsel ke dalam tubuh ketika menyala, maka radiasi yang diserap akan menjadi lebih besar. Juga sangat tidak disarankan meletakkan ponsel disamping tubuh ketika tidur.

• Lebih baik menggunakan speakerphone.

Penggunaan speakerphone merupakan cara yang terbaik untuk meminimasi radiasi, karena mempunyai jarak aman dari kepala.

• Pindahkan letak ponsel secara berkala saat menggunakan bluetooth

Ini dimaksudkan untuk menghindari bahaya radiasi ponsel yang terkonsentrasi di satu sisi.

• Pilih headset ferrite bead.

Meski menggunakan headset tubuh sebenarnya masih menerima radiasi dari kabel yang tersalurkan ke telinga. Untuk itu usahakan memilih Headset Ferrite Bead.
Ferrite bead adalah aksesori ponsel yang berfungsi untuk mengurangi radiasi.

• Gunakan Airplane Mode.

Jika tidak digunakan atau posisi standby, sebaiknya ponsel dimatikan atau pilih airplane mode.
Dengan Airplane mode transmisi nirkabel akan terhenti sehingga akan meminimalkan resiko radiasi. Disamping itu Airplane mode akan menghemat konsumsi energi dan baterai.

• Pilih ponsel yang memiliki radiasi rendah.

Setiap ponsel memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi. Usahakan memilih ponsel dengan radiasi rendah untuk mengurangi resiko paparan dan bahaya radiasi ponsel.
Ber-ponsel-lah secara aman dan bijaksana.

Lihat juga :
> Penggunaan ponsel bisa pengaruhi sperma pria

You may like these posts