-->

Mengecek Dan Merawat Accu Secara Baik dan Benar

Sebelumnya sebenarnya telah dibahas beberapa artikel tentang cara-cara perawatan accu atau aki.
Namun memang artikel tersebut memuat hal-hal yang sifatnya praktis, karena memang ditujukan untuk pemakai umum kebanyakan.
Simak juga :
> Pengetahuan wajib tentang perawatan Accu

Sehingga bagi yang memang memiliki hobi mengotak-atik kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil, cara-cara yang praktis tersebut terkadang dirasa kurang gereget dan kurang lengkap.

Karena itu, pada posting kali ini, akan dicoba disajikan beberapa tips untuk mengecek dan merawat accu secara baik dan benar, dengan lebih lengkap tahap demi tahap.

Cara mengecek dan merawat accu dalam artikel ini lebih ditujukan kepada jenis Accu konvensional atau accu basah, sebab pada Accu kering ( MF / Maintenance Free ) memang mempunyai spesifikasi teknis yang sedikit berbeda dengan aki basah.

Dapat dlihat kembali beda Accu basah dan accu kering.

Meskipun cara pemeliharaan dan perawatan accu sebenarnya secara garis besar adalah sama, yaitu dengan mengontrol dan menjaga kestabilan larutan elektrolit pada kondisi yang ditentukan, serta menjaga kebersihan dari Accu itu sendiri.

Agar lebih jelasnya, pengecekan dan perawatan accu secara baik dan benar adalah sebagai berikut :


- Lakukan pengecheckan secara teratur dan berkala pada kondisi level atau tinggi cairan accu / larutan elektrolit

- Apabila level cairan accu ( larutan elektrolit ) di bawah level, maka agar segera diisi dengan air accu atau air suling isi ulang


- Pada pengukuran berat jenis air aki dengan menggunakan Hydrometer jika berat jenis larutan elektrolit kurang dari atau dibawah 1.240 maka segera tambah dengan accu zuur sehingga berat jenisnya normal kembali.

# Kondisikan agar accu selalu tetap kering.
Untuk membersihkan permukaan dapat digunakan lap kain basah.

- Jika ketinggian elektrolit dibawah batas normal ( lower level ), namun accu masih tetap terus digunakan maka akan dapat beresiko terjadinya ledakan

- Disamping bisa menyebabkan timbulnya ledakan, pada kondisi ini jika accu digunakan secara terus menerus akan mempercepat kerusakan pada accu dan memperpendek umur pakai
Disarankan menyimak juga :
> Cara praktis memperbaiki accu yang rusak
> Cara praktis memperpanjang umur pakai accu

- Jangan membersihkan dengan lap yang basah , karena arus listrik statis dapat menyebabkan ledakan.

- Sumbat lubang ( tutup tempat elektrolit ) accu jangan dibiarkan terbuka, untuk mencegah masuknya kotoran ke dalam accu. Lubang yang terbuka juga akan menyebabkan larutan elektrolit / air aki lebih cepat berkurang / habis ketika terjadi penguapan.

- Secara rutin bersihkan bagian atas dan samping accu agar memudahkan pembacaan level elektrolit

# Periksa dengan teliti kondisi kabel-kabel accu.
Apakah ada yang luka, sobek atau bahkan putus. Ini penting untuk mencegah terjadinya arus hubung pendek atau korsleting aki.

# Perawatan terminal accu

- Jika kabel dan clamps terminal telah berkarat, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Kabel atau Clamps yang kualitasnya kurang baik karena berkarat akan menyebabkan gangguan pada arus aki.

- Bagian penghubung ( metalik) terminal adalah bagian Accu yang paling mudah terkikis dan rusak sehingga membutuhkan perhatian lebih.

- Namun jika yang berkarat adalah pada bagian terminal accu, bersihkan bagian yang berkarat dengan menggunakan sikat kawat atau ampelas. Setelah itu bisa dicuci dengan air panas, lalu dikeringkan.
Sedangkan korosi yang biasanya terjadi pada kabel terminal dapat secara mudah dibersihkan dengan menggunakan air panas.

# Lakukan pemeliharaan clamps ( pengencang ) accu dengan baik

- Memasang dan atau melepas clamps dengan sembarangan akan menyebabkan kerusakan clamps dan terkadang juga akar terminal.
Pastikan agar Clamps Accu cukup longgar saat memasukkan dan atau mengeluarkan dari tempatnya.

- Setelah dikencangkan dengan benar, berikan sedikit pelumas pada terminal positip. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerak pada terminal aki sehingga bisa menghambat distribusi arus.

# Pada penempatannya di kendaraan, sangat disarankan untuk mengikat accu dengan kencang , tapi juga jangan terlalu kencang sehingga kotak accu penyok atau bahkan sobek.

# Sebagai langkah terakhir, pastikan bahwa tutup lubang accu telah terpasang dengan baik dan benar untuk mencegah terjadinya tumpahan cairan accu.
Wajib diperhatikan bahwa air aki ( Accu Zuur ) merupakan bahan kimia yang bersifat korosif dan iritatif, sehingga selain bisa menyebabkan karat pada body kendaraan, juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Nah, seperti itulah cara mengecek dan merawat aki dengan baik dan benar.

Pada dasarnya, cara perawatan aki yang baik dan benar adalah cukup sederhana, sehingga bisa dilakukan siapa saja.

Hanya saja sepertinya masih cukup banyak pengguna yang melupakan atau abai tentang hal ini.
Akibatnya aki menjadi cepat rusak atau soak, menjadikan umur pakai aki lebih pendek.
Sekurangnya, akan mengalami gangguan di saat digunakan, strum kurang besar atau aki tekor.
Padahal mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati.

Direkomendasikan menyimak juga :
> Cara jump start accu dengan kabel booster.

You may like these posts