Cara Praktis Memperbaiki Accu Yang Rusak

Ditulis oleh: -
Cara Praktis Memperbaiki Accu Yang Rusak
Seperti diketahui bersama, Accu bagi sepeda motor atau mobil merupakan sumber kelistrikan yang paling utama. Tanpa accu, sepeda motor atau mobil akan “matot” alias mati total.( Meski ada beberapa sepeda motor keluaran lama yang bisa dihidupkan tanpa Accu ).Masalahnya, meski cara perawatan Accu ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi kebanyakan dari kita sering mengabaikannya.

Bisa dilihat disini :
Pengetahuan Wajib Tentang Perawatan Accu


Sering karena kelalaian sendiri, accu sepeda motor atau mobil kita tiba-tiba jadi rusak, tekor atau kurang setrum. Dan yang lebih menjengkelkan lagi, kejadian ini dialami ketika kita sangat membutuhkan kendaraan tersebut.

Maka biasanya solusi yang termudah adalah ganti dengan Accu baru. Masalahnya adalah harga Accu baru adalah tidak murah alias mahal banget. Memang ada solusi lain, yaitu dengan tukar tambah Accu. Tapi accu yang biasa ditukar tambahpun dari agen accu biasanya juga accu bekas yang telah direbuilt atau diperbaiki. 

Bagi yang duitnya berlebih sih tidak akan jadi masalah besar untuk beli accu baru. Tapi bagi yang duitnya agak pas-pasan, repot jadinya. Lagian, meskipun duit banyak , tapi accu yang tekor tersebut ternyata masih dapat diperbaiki dan dipakai lagi kan lumayan. Itung-itung bisa hemat dikit. 
Nah, jika suatu saat mendapati kejadian Accu yang tiba-tiba tekor atau habis setrum, jangan buru-buru membuang itu accu. 

Ada beberapa cara praktis untuk memperbaiki accu yang rusak tersebut. Dan cara ini sudah beberapa kali dipraktekkan, dan hasilnya : cespleng. Alias Accu jadi greng kembali. 

Untuk memperbaiki accu yang rusak, coba ikuti langkah-langkah ini : 

- Lepas kabel dari terminal accu dan lepas pula accu dari dudukannya 
- Amati secara visual apakah ada rumah ( kemasan ) accu yang retak atau pecah 
- Jika ada yang retak atau pecah tambal dulu dengan lem plastic 
- Jika tidak teruskan langkah dengan mengamati secara visual jeroan accu ( elektroda ) yang ada di dalamnya. Apakah ada yang patah, penyok atau berlubang. 
- Jika ada, accu sebaiknya memang tidak dipakai lagi. Karena meskipun dapat diperbaiki biasanya hasilnya ( tegangannya ) kurang atau tidak dapat menyimpan lama. 
- Jika ternyata masih Oke, lanjutkan dengan melepas terminal accu 
- Didihkan air kurang lebih 1 baskom 
- Bersihkan kotoran yang menempel pada terminal dengan air hangat yang telah disiapkan
- Buku tutup lubang accu 
- Ukur tegangan masing-masing electrode dengan multi tester. Jika masih terbaca tegangannya ( meski kurang ) berarti Accu masih bisa diperbaiki. Sebagai patokan adalah tegangan Accu yang biasa dipakai adalah 12 Volt. Maka tegangan masing –masing lubang elektroda jika dijumlahkan harusnya 12 Volt atau mendekati. 
- Setelah itu buang semua air accu yang tersisa sampai benar-benar habis, 
- Lalu isi accu dengan air hangat yang telah disiapkan dan kocok-kocok untuk mengeluarkan kotoran di dalamnya.lakukan beberapa kali ( sesuai kebutuhan ) sampai kotoran endapan yang berwarna hitam di dalam accu benar-benar habis.( Bisa dilihat jelas dengan mata telanjang ).makin bersih makin baik. 
- Langkah inilah sebenarnya kuncinya. Accu menjadi tekor atau kurang setrum biasanya dapat diakibatkan karena laju pengisian atau proses distribusi arusnya terhambat adanya kotoran endapan yang memang biasa terdapat dalam accu. 
- Jika sudah benar-benar bersih, balikkan accu untuk membuang air bilasan.Tunggu beberapa saat sampai air didalam accu benar-benar habis. 
- Jika air dalam accu telah benar-benar habis, isi accu dengan cairan elektrolit accu / air zuur ( ingat : hanya dengan air Zuur ) sampai pertengahan batas atas dan batas bawah accu. 
- Pasang terminal Accu, tapi jangan pasang dulu tutupnya, karena setelah ini accu akan di charge ( disetrum ) 
- Pada saat ini jika diukur dengan multi tester biasanya accu sudah menunjukkan tegangan semestinya ( namun Amperenya masih rendah )
- Charge ( sterum ) Accu sesuai laju pengisian yang ditentukan. Accu yang tadinya disangka sudah soak dan rusak ternyata bisa greng kembali. 

Jika dipraktekkan dengan langkah yang benar , Cara praktis memperbaiki accu rusak ini sudah bisa menyulap accu yang tadinya rusak jadi “greng” kembali. 

Tapi untuk meningkatkan masa / umur pakainya ternyata masih ada caranya lagi. Jika ingin tahu caranya, bisa diikuti pada posting selanjutnya ; Cara Praktis Memperpanjang Umur pakai Accu