-->

Cara Praktis Memperpanjang Umur Pakai Accu Basah

Masih tentang Accu.
Sebagai kelengkapan posting sebelumnya tentang Accu, maka pada posting kali ini akan tetap dibahas tentang cara praktis memperpanjang masa pakai Accu.

Seperti diketahui, meski saat ini sudah banyak bermunculan merk-merk Accu baru, harga Accu makin lama bukannya makin murah, tapi justru makin mahal.
Sedangkan sesuai spesifikasi pabriknya, setiap accu mempunyai masa pakai tertentu, apapun jenis aki tersebut. Ditambah lagi apabila pemakai mengabaikan segi perawatan rutin, maka masa pakai atau umur accu akan semakin jadi lebih pendek.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara praktis memperpanjang umur pakai Accu yang digunakan, sehingga bisa sedikit menghemat pengeluaran.

Itung-itung untuk tambahan uang saku.
( Karena sebagai gambaran mudahnya harga accu baru untuk sepeda motor saja dengan spesifikasi 12 Volt, 6 ampere harganya mencapai kisaran Rp. 120.000 s/d 200.000 tergantung jenis dan merk accu ).

Dan lagian dengan dapat memperpanjang umur pakai accu, setidaknya kita dapat sedikit membantu upaya pelestarian lingkungan. Karena pada dasarnya bagian-bagian Accu terutama pada isi bagian dalamnya biasanya berupa larutan elektrolit yang termasuk kategori asam kuat, dan juga electrode yang umumnya terbuat dari timah hitam ( Plumbum / Pb atau Timbal, termasuk plastic wadah kemasan ).
Dan kedua isi bagian dalam dari Accu ini, konon menurut Undang-Undang lingkungan Hidup termasuk dalam kategori limbah beracun dan berbahaya ( limbah B3 ).

Lanjut lagi, Untuk memperpanjang masa umur aki, yang dalam hal ini Accu basah caranya sebenarnya cukup sederhana.

Yaitu, intinya adalah dengan menjaga kondisi isi bagian dalam Accu ( cell electroda ) tetap bersih sehingga distribusi arus yang terjadi di dalamnya berjalan tanpa hambatan, yang dalam hal ini dengan menggunakan bahan perontok deposit atau kerak yang menempel pada cell Accu.

Lalu bahan apa dan bagaimana cara memperpanjang umur pakai accu basah ini ?

Jawabannya adalah : EDTA

Apa itu EDTA ?

EDTA, adalah satu bahan kimia yang nama lengkapnya adalah Ethyl Diamine Tetra Acetat.
Yaitu merupakan suatu asam kompleks, atau lebih tepatnya senyawa asam karboksilat amino kompleks.
Secara umum dikenal sebagai senyawa kelat. Artinya mempunyai kemampuan ion-ion logam dalam sebuah larutan sehingga tidak membentuk deposit.

Beberapa formulasi detergen - terutama pada detergen bubuk atau detergen powder - mempergunakan EDTA ini untuk mengikat ion logam yang terikut pada kotoran pakaian.
Dan karena kemampuan kelat inilah, yang juga ampuh untuk merontokkan deposit atau kerak pada cell electrode accu.
EDTA akan mengikat deposit belerang, lalu melarutkannya, sehingga dapat terbuang ketika dilakukan perawatan rutin.
Untuk aplikasi pada Accu digunakan EDTA teknis atau TetraSodium EDTA atau Na4-EDTA.

Dengan menggunakan EDTA umur Accu basah biasanya dapat diperpanjang sampai 2 atau 3 kali umur pakai biasanya ( lumayan bukan ?? ) tergantung perawatannya.

Cara menggunakan EDTA untuk perawatan rutin Accu

- Larutkan 2 – 3 sendok teh bubuk EDTA di dalam 1 liter air suling ( aquadest ). Agar proses pelarutan lebih cepat disarankan digunakan air yang panas atau hangat.
- Aduk hingga semua EDTA benar-benar larut, sehingga berbentuk larutan agak putih keruh
- Masukkan larutan EDTA ini ke dalam setiap lubang cell accu
- Banyak sedikitnya EDTA yang dimasukkan tergantung pada kondisi masing-masing accu.
Maksudnya jumlah larutan yang dimasukkan memperhatikan berat jenis larutan elektrolit yang berada di dalam aki. Nilai larutan elektrolit Accu yang baik yaitu 1,280 ± 0,01 pada suhu normal.
Dalam hal ini memang diperlukan alat pengukur berat jenis, yang biasa disebut sebagai Hidrometer.
- Semakin rendah berat jenis larutan elektrolit Accu, jumlah larutan yang harus dimasukkan akan lebih banyak


Cara menggunakan EDTA untuk Accu yang soak atau aki yang rusak :

- Accu yang rusak atau soak harus diperbaiki dulu.
Bisa dilihat :
> Cara Praktis Memperbaiki Accu Yang Rusak

- Untuk Accu rusak yang telah diperbaiki, sebagai langkah awal adalah dengan melarutkan 4 – 6 sendok teh bubuk EDTA dalam 1 liter air suling ( aquadest ), disarankan digunakan air panas atau air hangat.
- Langkah selanjutnya, lakukan seperti yang di atas.

Nah, seperti itulah cara paling praktis untuk memperpanjang umur pakai aki basah.

Mudah bukan ?
Jadi anda bisa langsung mencobanya sendiri di rumah.

Sebagai informasi tambahan :
EDTA bisa anda dapatkan di toko-toko Bahan Kimia. EDTA berbentuk bubuk berwarna putih dan dapat dibeli dalam satuan berat ( gram ).
Saat telah dilarutkan dalam air akan terasa sedikit licin pada kulit.

You may like these posts