-->

Cara Mengechek Asli Atau Tidaknya Plat Nomor Kendaraan Lewat SMS

Karena suatu sebab terkadang dibutuhkan untuk melakukan pengechekan terhadap keaslian sebuah plat nomor kendaraan. Terutama di saat melakukan pembelian kendaraan second atau bekas.
Hal ini sangat perlu dilakukan karena saat ini marak adanya kejahatan yang memalsukan plat nomor kendaraan, alias plat nomor kendaraan bodong, atau aspal, asli tapi palsu.
Dan jika sembarangan membeli kendaraan second tanpa melakukan pengechekan keaslian plat nomor kendaraan, salah-salah bisa tertipu. Sialnya lagi malah bisa dianggap sebagai penadah oleh aparat keamanan.

Saat ini untuk mengechek dan mengetahui apakah sebuah plat nomor kendaraan asli atau tidak sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Jika dulu untuk mengechek keaslian plat nomor kendaraan orang harus mendatangi wilayah mana plat nomor tersebut di keluarkan, kini berkat kemajuan teknologi komunikasi, untuk mengechek keaslian plat nomor kendaraan sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan SMS.


Cara mengechek asli atau tidaknya plat Nomor Kendaraan lewat SMS dapat dilakukan sebagai berikut :


● Misal untuk mengecek keaslian plat nomor untuk wilayah DKI Jakarta atau Metro,

ketik SMS dengan format sebagai berikut :
METRO < spasi > PlatNomorKendaraan, lalu kirimkan ke 1717

● Untuk Wilayah Jawa Barat,

ketik SMS dengan format :
poldajbr < spasi > PlatNomorKendaraan, lalu kirimkan ke 3977

● Untuk Wilayah Jawa Tengah,

ketik SMS dengan format :
JATENG < spasi > PlatNomorKendaraan, lalu kirimkan ke 9600

● Sedangkan untuk Wilayah Jawa Timur,

ketik SMS dengan format :
JATIM < spasi > PlatNomorKendaraan, lalu kirimkan ke 7070

Berapa biaya per SMS ?
Jangan khawatir untuk melakukan SMS guna mengecek keaslian plat nomor kendaraan biayanya dijamin tidak bakal menguras isi kantong anda, karena terbilang sangat murah, yaitu Cuma 1000 rupiah per SMS. Dan ini berlaku untuk semua operator, baik GSM maupun CDMA.
Jadi agar tidak tertipu ketika membeli sebuah kendaraan second “diwajibkan” untuk selalu mengecek keaslian plat nomor kendaraannya terlebih dulu.
Dan untuk mudahnya, lakukan cara di atas, lewat SMS.

Lihat juga :

You may like these posts